6 Pelatih yang Sudah Menjadi 'Korban' Kerasnya Liga 1 2022/2023

Terbaru ada Eduardo Almeida yang dipecat Arema FC

Liga 1 2022/2023 telah berjalan hingga pekan ke-8. Madura United untuk sementara sukses memimpin klasemen disusul Borneo FC dan Bali United. Sementara itu, RANS Nusantara FC, Barito Putera, dan Persik Kediri berada di zona degradasi. 

Dari pekan ke pekan, semua tim pastinya selalu melakukan evaluasi, khususnya tim-tim yang tampil tidak sesuai harapan. Salah satu hasil evaluasi yang cukup mencolok adalah adanya pelatih yang dipecat. Total sudah ada 6 pelatih yang menjadi 'korban' kerasnya Liga 1 musim ini yang mana baru berjalan hingga pekan ke-8. Berikut daftar keenam pelatih yang dimaksud. 

1. Robert Rene Alberts (Persib Bandung) 

6 Pelatih yang Sudah Menjadi 'Korban' Kerasnya Liga 1 2022/2023Robert Rene Alberts (instagram.com/persib)

Robert Rene Alberts menjadi pelatih pertama yang harus angkat kaki dari Liga 1 musim ini. Pelatih asal Belanda tersebut berpisah dengan Persib Bandung pada 10 Agustus 2022.

Perpisahan Alberts dengan Persib terbilang begitu cepat mengingat kompetisi baru berjalan tiga pekan. Namun, hasil satu kali imbang dan dua kali kalah sudah cukup membuat manajemen Persib memutuskan untuk melakukan pemecatan. 

Alberts sendiri telah melatih Persib sejak tahun 2019. Ia mampu membawa Persib menduduki posisi ke-6 Liga 1 2019 dan menjadi runner-up Liga 1 2021/2022. Sebagai pengganti Alberts, Persib sempat didampingi oleh Budiman Yunus sebelum akhirnya resmi mengumumkan Luis Milla sebagai pelatih anyar mereka.

2. Javier Roca (Persik Kediri) 

6 Pelatih yang Sudah Menjadi 'Korban' Kerasnya Liga 1 2022/2023Javier Roca (instagram.com/persikfcofficial)

Hanya berselang tiga hari setelah Robert Rene Alberts, Persik Kediri juga memecat pelatihnya, Javier Roca. Pelatih asal Chile tersebut mengakhiri kerja samanya dengan Macan Putih setelah mengabdi sejak November 2021.

Pemecatan Javier Roca juga didasari atas hasil buruk yang diraih Persik Kediri. Pada empat laga awal di Liga 1 musim ini, mereka hanya mampu meraih satu poin dan terbenam di dasar klasemen. 

Persik akhirnya menunjuk pelatih baru, Divaldo Alves, dua minggu setelah pemecatan Javier Roca. Divaldo merupakan pelatih asal Portugal yang sebelumnya juga pernah melatih PSMS Medan, Persijap Jepara, dan Persebaya Surabaya.

3. Jacksen F. Tiago (Persis Solo) 

6 Pelatih yang Sudah Menjadi 'Korban' Kerasnya Liga 1 2022/2023Jacksen F. Tiago (instagram.com/persisofficial)

Selanjutnya ada sosok Jacksen F. Tiago yang harus mundur dari jabatannya sebagai pelatih Persis Solo pada 19 Agustus 2022. Pelatih asal Brasil tersebut tak kuasa menahan tekanan dari penggemar Laskar Sambernyawa yang memintanya untuk mundur.

Hal itu tentu sejalan dengan hasil minor yang ditorehkan Jacksen F. Tiago bersama Persis Solo. Pada empat laga awal Liga 1 musim ini, Persis selalu menelan kekalahan. Akhirnya, Jacksen mundur di pekan ke-5 walaupun sebenarnya sukses memberikan kemenangan perdana setelah menang 1-0 atas Bhayangkara FC.

Jacksen sejatinya baru naik menjadi pelatih kepala Persis Solo pada awal musim ini. Meski sudah mundur, mantan pelatih Persipura Jayapura ini dikabarkan masih akan bersama Persis Solo dengan jabatan yang berbeda. Sementara itu, Persis Solo sementara ini didampingi oleh caretaker, Rasiman.

Baca Juga: Patuh pada Istri Jadi Alasan Jacksen F. Tiago Mundur dari Persis

4. Sergio Alexandre (PSIS Semarang) 

6 Pelatih yang Sudah Menjadi 'Korban' Kerasnya Liga 1 2022/2023Sergio Alexandre (instagram.com/coachsergioalexandre)

Klub asal Jawa Tengah lainnya, PSIS Semarang, juga melakukan perpisahan dengan sang pelatih, Sergio Alexandre. Momen tersebut tepatnya terjadi pada 24 Agustus  2022 atau setelah PSIS menyelesaikan pekan ke-6.

Sebenarnya apa yang ditorehkan Sergio bersama Laskar Mahesa Jenar hingga pekan ke-6 tak begitu mengenaskan karena sempat meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang. Namun, manajemen PSIS dikabarkan tidak puas dengan permainan arahan pelatih asal Brasil tersebut. 

Sergio Alexandre sendiri melatih PSIS Semarang sejak turnamen pramusim 2022. Ia sebelumnya juga pernah melatih Persiraja Banda Aceh. Di sisi lain, PSIS kini sementara didampingi oleh Achmad Resal Octavian.

5. Dejan Antonic (Barito Putera) 

6 Pelatih yang Sudah Menjadi 'Korban' Kerasnya Liga 1 2022/2023Dejan Antonic (instagram.com/psbaritoputeraofficial)

Satu hari setelah pemecatan Sergio Alexandre, giliran Dejan Antonic yang diberhentikan oleh Barito Putera. Alasannya tak lain akibat hasil jeblok yang ditorehkan Laskar Antasari di lima laga awal Liga 1 musim ini. Barito Putera memulai musim dengan kekalahan telak dari Madura United dengan skor 8-0. Sempat bangkit di pekan kedua, Barito kembali kalah dalam tiga laga berikutnya. 

Dejan membesut Barito Putera sejak April 2022. Pelatih asal Serbia ini tentu sudah tidak asing di kancah sepak bola Indonesia karena sebelumnya juga pernah melatih sejumlah klub Indonesia lainnya. Barito Putera sendiri sejauh ini belum mengumumkan pengganti Dejan. Laskar Antasari sementara ditangani oleh pelatih fisik mereka, Vitor Goulart da Silveira Tinoco.

6. Eduardo Almeida (Arema FC) 

6 Pelatih yang Sudah Menjadi 'Korban' Kerasnya Liga 1 2022/2023Eduardo Almeida (instagram.com/aremafcofficial)

Seolah menjadi tren, Arema FC juga ikut-ikutan memecat pelatihnya. Tepatnya pada 5 September 2022, mereka mengucapkan salam perpisahan dengan juru taktik asal Portugal, Eduardo Almeida. Hasil 3 menang, 2 imbang, dan 3 kali kalah yang diraih Almeida bersama Arema FC hingga pekan ke-8 dinilai belum bisa memenuhi ekspektasi Aremania dan pihak manajemen. 

Almeida sendiri telah mengabdi untuk Arema FC sejak Mei 2021. Prestasi dari pelatih berusia 44 tahun ini terbilang apik dengan mengantarkan Arema finis di posisi empat Liga 1 2021/2022 dan menjuarai Piala Presiden 2022.

Di sisi lain, hal yang cukup mengejutkan terjadi saat Arema FC mengumumkan sang pelatih baru. Bagaimana tidak, Singo Edan menunjuk Javier Roca sebagai pengganti Almeida. Padahal Roca sebelumnya juga dipecat oleh Persik Kediri.

 

Baru sampai pekan ke-8, tapi sudah ada enam pelatih yang berpisah dengan tim-tim Liga 1 musim ini. Bisa dibilang hampir ada pelatih yang angkat kaki di setiap pekannya. Sungguh keras kompetisi di negeri kita ini. Kira-kira, akankah ada pelatih lain yang menyusul mereka?

Baca Juga: Arema FC Resmi Pecat Pelatih Eduardo Almeida!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya