5 Pelatih Sepak Bola Top Dunia Ini Lahir di Bulan Juni, Siapa Saja?

Selamat ulang tahun sang juru taktik!

Seorang pelatih sepak bola merupakan sosok vital bagi setiap klub. Mendidik para pemain, menyusun strategi, dan bertanggung jawab terhadap tim merupakan kewajiban seorang pelatih. Salah satu nama pelatih yang tak asing di telinga football lovers adalah Zinedine Zidane, sang juru taktik Real Madrid.

Tentunya, para pencinta sepak bola di seluruh dunia terutama Madridista tak akan melupakan pencapaian Zidane saat mengantarkan El Real menjuarai Liga Champions Eropa tiga kali berturut-turut. Perlu diketahui, Zidane merupakan pria kelahiran Bulan Juni, tepatnya 23 Juni 1972.

Ternyata, selain Zinedine Zidane terdapat beberapa nama pelatih top dunia lainnya yang lahir di Bulan Juni. Kalian penasaran, siapa sajakah mereka? Tak usah berlama-lama lagi, berikut 5 pelatih sepak bola top dunia kelahiran Bulan Juni.

1. Miroslav Klose

5 Pelatih Sepak Bola Top Dunia Ini Lahir di Bulan Juni, Siapa Saja?90min.com

Miroslav Klose, mungkin kita lebih familier bahwa ia adalah seorang pemain. Namun, setelah memutuskan pensiun pada tahun 2016, ia terjun ke dunia kepelatihan. Klose merintis karier di dunia kepelatihannya dengan menjadi asisten pelatih timnas Jerman mendampingi Joachim Loew. Kemudian Klose ditunjuk sebagai pelatih Bayern Munchen U-17 pada musim 2018/2019 hingga 2019/2020.

Untuk musim depan ia resmi bergabung dengan Bayern Munchen sebagai asisten pelatih mendampingi Hansi Flick. Miroslav Klose merupakan pria kelahiran Opole, Polandia, 9 Juni 1978. Meski lahir di Polandia, tetapi Klose memilih Jerman sebagai negaranya. Patut kita nantikan prestasi Klose di dunia kepelatihan untuk ke depannya.

2. Carlo Ancelotti

5 Pelatih Sepak Bola Top Dunia Ini Lahir di Bulan Juni, Siapa Saja?en.as.com

Pelatih yang satu ini tentunya sudah sangat populer. Carlo Ancelotti merupakan seorang pelatih kelahiran Reggiolo, Italia, 10 Juni 1959. Ia sudah malang melintang dalam menangani klub di berbagai negara. Tercatat, hingga saat ini Ancelotti telah melatih sebanyak 10 klub termasuk Everton yang saat ini ia latih. Ancelotti mengawali karier di dunia kepelatihan dengan menjabat sebagai asisten pelatih timnas Italia mendampingi Arrigo Sachi di tahun 1992 hingga 1995. Setelah itu, namanya melejit saat menjadi pelatih Reggiana, Parma, Juventus, AC Milan, Chelsea, PSG, Real Madrid, Bayern Munchen, Napoli, dan Everton.

Soal prestasi, Ancelotti sudah pernah mencicipi berbagai gelar. Tercatat, ia pernah meraih 3 gelar Liga Champions Eropa, 1 gelar Premier League, 1 gelar Piala FA, 1 gelar Copa Del Rey, 1 gelar Bundesliga, 1 gelar Serie A, 1 gelar Copa Italia, 1 gelar Piala Super Italia, 1 gelar Liga Prancis, 2 gelar Piala Dunia Antarklub, 3 gelar UEFA Super Cup, 2 gelar Piala Super Jerman, dan 1 gelar English Super Cup. Tak hanya itu, Ancelotti pernah dinobatkan sebagai pelatih terbaik di dunia sebanyak dua kali saat menukangi AC Milan dan Real Madrid.

Baca Juga: Ancelotti Ingin Mendatangkan Gareth Bale dan James Rodriguez

3. Jurgen Klopp

5 Pelatih Sepak Bola Top Dunia Ini Lahir di Bulan Juni, Siapa Saja?skysports.com

Nama pelatih Jurgen Norbert Klopp atau yang akrab disapa Jurgen Klopp, juga tak kalah familier dengan Ancelotti. Ia merupakan pelatih berdarah Jerman yang lahir di Stuttgart, 16 Juni 1967. Klopp mengawali karier di dunia kepelatihan bersama klub Jerman, Mainz 05 pada tahun 2001. Tujuh tahun berselang, ia ditunjuk sebagai pelatih klub Jerman lainnya, yakni Borussia Dortmund. Saat itulah nama Klopp mulai familier di dunia sepak bola. 

Bersama Dortmund, Klopp sukses mengangkat 2 gelar Bundesliga, 1 gelar DFB Pokal, dan 2 gelar Piala Super Jerman. Melihat capaian apik tersebut, Liverpool kepincut untuk menjadikan Klopp sebagai pelatih mereka. Tepat pada tahun 2015, akhirnya The Reds mengikat Klopp sebagai juru taktik mereka hingga sekarang. Bersama Liverpool sendiri, Klopp sukses menorehkan 1 gelar Liga Champions Eropa, 1 gelar UEFA Super Cup, dan 1 gelar Piala Dunia Antarklub. Di musim ini, Klopp berpeluang menambah gelar Premier League.

4. Frank Lampard

5 Pelatih Sepak Bola Top Dunia Ini Lahir di Bulan Juni, Siapa Saja?dailymail.co.uk

Tak hanya menjadi legenda klub, Frank Lampard kembali mengabdi untuk Chelsea dengan menjadi seorang pelatih. Lampard pensiun sebagai seorang pesepak bola pada tahun 2017. Kemudian ia langsung terjun ke dunia kepelatihan. Ia meniti karier kepelatihan dengan menjadi pelatih Chelsea usia junior juga di tahun 2017.

Lalu, Lampard menjabat sebagai juru racik Derby County hingga akhir musim 2018/2019. Barulah Chelsea mengontrak Lampard sebagai pelatih mereka di musim 2019/2020 dan hingga kini telah mencatatkan 42 laga di semua kompetisi. Lampard merupakan pria kelahiran London, Inggris, 20 Juni 1978. Prestasi Lampard di dunia kepelatihan memang belum terlihat, tetapi ia memiliki prospek yang besar sebagai pelatih sukses.

5. Zinedine Zidane

5 Pelatih Sepak Bola Top Dunia Ini Lahir di Bulan Juni, Siapa Saja?90min.com

Terakhir terdapat nama Zinedine Zidane, pria kelahiran Marseille, Prancis, 23 Juni 1972. Seperti yang disebutkan di awal, Zidane merupakan salah satu pelatih tersukses saat ini. Ia mengawali karier di dunia kepelatihan dengan menjabat sebagai asisten pelatih Real Madrid tahun 2013. Kemudian Zidane ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid Castilla tahun 2014 hingga 2016. Lalu, akhirnya Zidane menjabat sebagai pelatih Real Madrid hingga saat ini meski sempat lepas kontrak selama satu musim.

Sama halnya dengan Lampard, Zidane juga merupakan sosok yang loyal dengan El Real setelah menghabiskan kariernya di klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut. Ia baru saja mencetak rekor sebagai pelatih Real Madrid ke-tiga yang mencatatkan 200 lebih pertandingan. Tak hanya itu, Zidane berandil besar dalam mengantar Real Madrid meraih 3 gelar Liga Champions Eropa, 1 gelar Copa Del Rey, 2 gelar Piala Super Spanyol, 2 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 2 gelar UEFA Super Cup. Berkat pencapaian apiknya tersebut, Zidane pernah dinobatkan sebagai pelatih sepak bola terbaik dunia tahun 2017 dan 2018.

Itulah tadi 5 pelatih sepak bola top dunia yang lahir di Bulan Juni. Semoga mereka selalu diberi kesehatan dan semakin sukses dalam berkarier di dunia kepelatihan. Selamat ulang tahun, ya!

Baca Juga: 7 Pemain Real Madrid yang Paling Sering Dimainkan Zinedine Zidane

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya