Comscore Tracker

5 Pelatih Non-Spanyol yang Melatih Klub LaLiga di Musim 2020/2021

Ada beberapa nama terbaru

Kompetisi LaLiga Spanyol musim 2020/21 menyuguhkan catatan yang cukup menarik di bangku kepelatihan. Dimana hanya terdapat 5 pelatih non-Spanyol dari 20 pelatih yang menangani klub-klub LaLiga. Tentunya hal itu menjadi suatu hal yang disoroti. Pasalnya, LaLiga sendiri merupakan salah satu liga terbaik di dunia.

Namun, catatan tersebut bukanlah hal baru yang terjadi di persepakbolaan Spanyol. Di musim lalu saja, bahkan hanya terdapat tiga pelatih yang berstatus asing. Meski demikian, catatan kepelatihan di musim ini bisa saja berubah apabila di tengah jalan beberapa di antara mereka ada yang dipecat. Lalu, siapa sajakah lima pelatih non-Spanyol yang melatih klub LaLiga di musim 2020/21?

1. Diego Simeone (Argentina)

5 Pelatih Non-Spanyol yang Melatih Klub LaLiga di Musim 2020/2021bleacherreport.com

Diego Simeone menjadi sosok pelatih yang cukup berpengalaman di LaLiga. Ia menjadi pelatih aktif non-Spanyol terlama yang mengabdi bersama klub LaLiga, Atletico Madrid. Pelatih asal Argentina tersebut tercatat telah menangani Los Rojiblancos, julukan Atletico Madrid, sejak pertengahan musim 2011/12. 

Musim 2020/21 merupakan musim ke-10 bagi Simeone berada di Wanda Metropolitano. Dari segi prestasi, ia terbilang cukup sukses membawa Atletico tampil konsisten di setiap musimnya dan menjadi pesaing sengit Barcelona dan Real Madrid. Pelatih berusia 50 tahun tersebut telah menyumbangkan 1 gelar LaLiga, 1 gelar Copa Del Rey, 1 gelar Piala Super Spanyol, 2 gelar Europa League dan 2 gelar UEFA Super Cup. Kontaknya masih tersisa hingga Juni 2022. 

2. Zinedine Zidane ( Prancis)

5 Pelatih Non-Spanyol yang Melatih Klub LaLiga di Musim 2020/2021skysports.com

Rival Atletico Madrid, siapa lagi kalau bukan Real Madrid, juga memiliki pelatih berdarah non-Spanyol. Zinedine Zidane merupakan pelatih berkebangsaan Prancis. Ia juga sudah cukup lama menangani El Real, yakni sejak pertengahan musim 2015/16. Namun, dalam perjalanannya ia sempat didepak selama hampir satu musim sebelum bergabung kembali pada musim 2018/19. 

Musim 2020/21 merupakan musim ke-6 bagi Zidane berkiprah di LaLiga bersama Los Blancos. Prestasinya terbilang cukup impresif, yakni dengan meraih 3 gelar Liga Champions Eropa, 2 gelar LaLiga, 2 gelar Piala Super Spanyol, 2 gelar Piala Dunia Antarklub dan 2 gelar UEFA Super Cup. Pelatih berusia 48 tahun tersebut masih memiliki masa bakti hingga Juni 2022. 

3. Manuel Pellegrini (Chile)

5 Pelatih Non-Spanyol yang Melatih Klub LaLiga di Musim 2020/2021eurosport.com

Manuel Pellegrini merupakan wajah baru yang menukangi klub LaLiga di musim 2020/21. Pelatih asal Chile tersebut baru saja ditunjuk sebagai pelatih Real Betis pada bursa transfer musim panas 2020/21 lalu. Sebelumnya, ia tak memiliki klub untuk dilatih setelah kontraknya bersama West Ham United berakhir pada Desember 2019. 

Kapasitas dari Pellegrini tentunya sudah tidak diragukan lagi. Ia sudah malang melintang bersama banyak klub di berbagai negara. Puncak kesuksesannya yaitu saat menukangi Manchester City. Real Betis sendiri bukanlah klub LaLiga pertama yang pernah ditanganinya. Sebelumnya, ia juga pernah melatih Villarreal, Malaga dan Real Madrid. Pelatih berusia 67 tahun tersebut diikat kontrak hingga Juni 2023. 

Baca Juga: 6 Pemain Spanyol Paling Setia Membela Klub LaLiga Hingga Kini, Loyal!

4. Ronald Koeman (Belanda)

5 Pelatih Non-Spanyol yang Melatih Klub LaLiga di Musim 2020/2021bleacherreport.com

Ronald Koeman juga menjadi pelatih baru yang berkiprah di LaLiga musim 2020/21. Ia ditunjuk Barcelona sebagai pelatih anyar mereka menggantikan posisi dari Quique Setien. Sebelumnya, Koeman tengah menukangi timnas Belanda. Pelatih berdarah Belanda tersebut juga menjadi salah satu pelatih yang memiliki banyak pengalaman melatih beberapa klub di berbagai negara. 

Pencapaian terbaik Koeman di level klub adalah saat melatih Ajax Amsterdam. Barcelona sendiri merupakan klub Spanyol kedua yang pernah dilatih olehnya. Sebelumnya, ia sempat menangani Valencia selama semusim. Dengan durasi kontrak hingga Juni 2022, pelatih berusia 57 tahun tersebut diharapkan mampu membawa Barca berjaya.

5. Jorge Almiron (Argentina)

5 Pelatih Non-Spanyol yang Melatih Klub LaLiga di Musim 2020/2021noticiasargentinas.com.ar

Nama pelatih non-Spanyol terakhir yang menukangi tim L Liga di musim 2020/21 adalah Jorge Almiron. Ia merupakan pelatih asal Argentina yang juga baru saja ditunjuk Elche di awal musim ini. Almiron mungkin tak sepopuler keempat pelatih sebelumnya. Pasalnya, ia malang melintang bersama klub-klub di benua Amerika dan Asia. 

Sebelum hijrah ke Elche, Almiron tengah menganggur usai kontraknya bersama klub Arab Saudi, Al-Shabab Riyadh, berakhir pada Desember 2019. Beban berat harus dipikulnya lantaran Elche merupakan klub promosi di LaLiga musim 2020/21. Terlebih, ini merupakan pengalaman pertamanya berkiprah di LaLiga. Dengan durasi kontrak hingga Juni 2021, setidaknya Almiron diharapkan mampu membawa Elche tak terdegradasi. 

Meski bukan pelatih berdarah Spanyol, kelimanya punya pengalaman yang banyak di LaLiga maupun menangani klub-klub lainnya. Kira-kira, siapakah yang mampu membawa klubnya meraih kesuksesan?

Baca Juga: 8 Pelatih Asal Inggris yang Menangani Klub Premier League 2020/2021

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya