5 Pemain Aktif dengan Pengabdian Terlama di Klub Bundesliga, Setia!

Ada sang "Raumdeuter", Thomas Muller, nih!

Bundesliga Jerman menjadi salah satu liga terbaik di Eropa dan dunia. Meski persaingan antarklub terlihat tak kompetitif karena adanya dominasi Bayern Munchen hampir dalam sedekade terakhir, tetapi persaingan untuk memperebutkan tempat di skuad masing-masing tim peserta begitu sengit.

Para pemain benar-benar harus bekerja lebih keras jika tidak ingin terlempar dari skuad tim peserta Bundesliga. Lantas, adakah pemain yang mampu bertahan di balik sengitnya persaingan dan begitu setia dengan klub Bundesliga? Berikut kami sajikan 5 pemain aktif dengan pengabdian terlama di klub Bundesliga. 

1. Marcel Schmelzer (Borussia Dortmund)

5 Pemain Aktif dengan Pengabdian Terlama di Klub Bundesliga, Setia!90min.com

Marcel Schmelzer menjadi pemain aktif dengan pengabdian terlama di Bundesliga. Ia merupakan pemain berposisi bek kiri milik Borussia Dortmund. Pemain berusia 32 tahun tersebut telah mengabdi untuk Die Borussen selama 12 tahun, tiga bulan dan tiga hari. 

Schmelzer awalnya datang ke Signal Iduna Park dengan bergabung bersama Borussia Dortmund U-19 di musim 2005/06. Ia lalu tampil di tim senior pada musim 2008/09. Dalam kurun waktu 12 musim, ia mampu membawa Dortmund meraih dua gelar Bundesliga, dua gelar DFB Pokal, dan tiga gelar German Super Cup. Schmelzer masih memiliki kontrak hingga Juni 2021. 

2. Tony Jantschke (Borussia Monchengladbach)

5 Pemain Aktif dengan Pengabdian Terlama di Klub Bundesliga, Setia!bundesliga.com

Selanjutnya terdapat nama Tony Jantschke, pemain berposisi bek tengah. Ia telah mengabdi untuk Borussia Monchengladbach selama 11 tahun tiga bulan tiga hari. Pemain berusia 30 tahun tersebut sudah menjadi bagian di skuad Die Fohlen sejak usia belia.

Sempat memperkuat Borussia Monchengladbach U-17 dan U-19, Jantschke lalu promosi ke tim senior di musim 2009/10. Sayangnya, dalam waktu 11 musim, ia tak mampu membawa Monchengladbach meraih satu gelar pun. Bek asal Jerman tersebut masih memiliki sisa kontrak hingga Juni 2021. 

3. Thomas Muller (Bayern Munchen)

5 Pemain Aktif dengan Pengabdian Terlama di Klub Bundesliga, Setia!bundesliga.com

Thomas Muller tentunya menjadi nama yang lebih tenar ketimbang dua pemain sebelumnya. Ia menjadi pemain aktif ke-tiga dengan pengabdian terlama di klub Bundesliga. Pemain berposisi second striker tersebut telah membela Bayern Munchen dalam kurun waktu sama dengan Tony Jantschke, yakni 11 tahun tiga bulan tiga hari. Muller merupakan salah satu lulusan dari akademi Bayern Munchen.

Ia terlebih dahulu berseragam Bayern Munchen U-17, U-19, dan Bayern Munchen II, sebelum akhirnya memperkuat tim senior di musim 2009/10. Kiprah Muller begitu mentereng dengan sukses membawa Munchen meraih dua gelar Liga Champions, sembilan gelar Bundesliga, enam gelar DFB Pokal, satu gelar Piala Dunia Antarklub, dua gelar UEFA Super Cup dan enam gelar German Super Cup. Pemain berusia 31 tahun tersebut memiliki sisa kontrak hingga Juni 2023.

Baca Juga: 10 Potret Thomas Muller, Pemain Bayern Munchen yang Murah Senyum

4. Lars Bender (Bayer Leverkusen)

5 Pemain Aktif dengan Pengabdian Terlama di Klub Bundesliga, Setia!bundesliga.com

Pemain aktif ke-empat dengan pengabdian terlama di klub Bundesliga adalah Lars Bender. Ia merupakan seorang bek kanan yang telah berseragam Bayer Leverkusen selama 11 tahun satu bulan 16 hari. Bender bergabung dengan Leverkusen di musim 2009/10 usai diboyong dari TSV 1860 Munich.

Sejak awal kedatangannya, pemain asal Jerman tersebut langsung bisa beradaptasi dan menjadi bek andalan Leverkusen hingga saat ini. Namun, ia tak mampu berbuat banyak untuk bisa mengantar Leverkusen meraih gelar. Bender masih terikat kontrak hingga Juni 2021. 

5. Patrick Herrmann (Borussia Monchengladbach)

5 Pemain Aktif dengan Pengabdian Terlama di Klub Bundesliga, Setia!sportbuzzer.de

Selain Tony Jantschke, Borussia Monchengladbach juga memiliki pemain lainnya yang begitu setia. Ia adalah Patrick Herrmann, pemain berposisi winger kanan. Ia telah membela klub berjuluk Die Fohlen selama 10 tahun sembilan bulan dan dua hari. Herrmann awalnya merapat di skuad Monchengladbach U-19 pada musim 2008/09.

Barulah pada pertengahan musim 2009/10, ia bergabung di skuad senior Borussia Monchengladbach. Sama halnya dengan Tony Jantschke, Herrmann juga tak bisa memberi gelar untuk Monchengladbach. Pemain berusia 29 tahun asli Jerman tersebut masih memiliki masa bakti hingga Juni 2022. 

Setia pada satu klub bukanlah hal mudah. Terlebih dunia sepak bola saat ini tidak menghasilkan uang yang sedikit. Transfer mahal dan gaji selangit jadi daya tarik lainnya.

Siapa pemain yang kamu paling suka? Dengan masa bakti yang begitu lama, para pemain ini telah memberikan yang terbaik bagi klub. 

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Didatangkan Liverpool dari Klub Bundesliga

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya