5 Pemain Aktif yang Pernah Membela Dua Klub Kota Madrid, Mental Baja!

Rivalitas bukan menjadi penghalang untuk bisa berkarier

Real Madrid dan Atletico Madrid merupakan dua tim raksasa asal kota Madrid, Spanyol. Kedua tim tersebut memiliki reputasi yang cukup apik dan disegani lawan-lawannya. Persaingan derbi Madrid tak hanya terjadi di pentas domestik.

Tercatat, mereka pernah bertemu di partai final Liga Champions Eropa sebanyak dua kali. Namun, El Real mampu membuktikan bahwa mereka sedikit lebih unggul dari Atletico. Di balik panasnya rivalitas, terdapat berbagai hal menarik yang patut dikulik.

Salah satunya mengenai para pemain yang bermental baja ini, yang bahkan dicap sebagai pengkhianat karena pernah membela kedua tim tersebut. Benar-benar berani ya. Lalu, siapa sajakah pemain aktif yang dimaksud?

1. Alvaro Morata

5 Pemain Aktif yang Pernah Membela Dua Klub Kota Madrid, Mental Baja!skysports.com

Alvaro Morata merupakan seorang striker berkebangsaan Spanyol. Ia mengabdi untuk Real Madrid sejak level U-18. Morata kemudian bisa tampil di tim senior Real Madrid pada musim 2013/14. Semusim berselang, ia berpisah dengan El Real dan bergabung di skuat Juventus. 

Tepat di musim 2016/17, Morata diboyong kembali ke Santiago Bernabeu. Di periode keduanya bersama El Real, ia juga hanya bertahan selama satu musim. Striker berusia 27 tahun tersebut lalu hijrah ke Chelsea di musim 2017/18.

Tercatat, Morata tampil dalam 95 laga dengan mencetak 31 gol dan 11 assist bersama Los Blancos. Barulah di bursa transfer musim dingin 2018/19, Morata bermain untuk Atletico Madrid dengan status pemain pinjaman dari Chelsea. Satu setengah musim berselang, Atletico akhirnya mempermanenkannya.

Sejauh ini, Morata telah mencatatkan 61 penampilan dengan mengemas 22 gol dan 5 assist. Saat ini, ia tengah dipinjamkan Atletico ke klub lamanya, Juventus.

2. Marcos Llorente

5 Pemain Aktif yang Pernah Membela Dua Klub Kota Madrid, Mental Baja!goal.com

Marcos Llorente merupakan pemain berposisi gelandang bertahan. Ia menjadi salah satu lulusan akademi Real Madrid. Llorente tergabung di skuad senior El Real pada musim 2016/17. Ia sempat juga dipinjamkan ke Alaves selama semusim. Ia aktif membela Madrid selama dua musim. Tercatat, Llorente tampil dalam laga 39 laga dengan menciptakan 2 gol.

Di musim 2019/20, Llorente kemudian dibajak oleh Atletico Madrid. Di bawah arahan Diego Simeone, ia bisa tampil lebih baik ketimbang saat masih membela Real Madrid.

Pemain asal Spanyol tersebut, sampai saat ini telah mencatatkan 50 penampilan dengan mengoleksi 9 gol dan 8 assist bersama Los Rojiblancos. Llorente memiliki durasi kontrak hingga Juni 2024. 

Baca Juga: Pemain Kunci Derbi Real Madrid vs Atletico Madrid dari Masa ke Masa

3. Thibaut Courtois

5 Pemain Aktif yang Pernah Membela Dua Klub Kota Madrid, Mental Baja!beinsports.com

Pemain yang satu ini merupakan seorang penjaga gawang. Ia adalah Thibaut Courtois, kiper top asal Belgia. Mengawali karier bersama KRC Genk, namanya mulai mencuat saat diboyong Chelsea di musim 2011/12. Namun, di musim yang sama, ia langsung dipinjamkan ke Atletico Madrid.

Courtois menjadi pemain pinjaman di Atletico selama tiga musim. Selama itu, ia tampil dalam 154 laga dengan catatan 125 kebobolan dan 76 clean sheet.

Courtois kemudian kembali ke Chelsea di musim 2014/15. Empat musim berselang, akhirnya Real Madrid memboyongnya ke Santiago Bernabeu. Ia lalu menjadi kiper andalan El Real.

Hingga saat ini, ia telah turun dalam 93 laga dengan menorehkan 101 kebobolan dan 35 laga clean sheet. Kontrak dari salah satu kiper terbaik di dunia tersebut masih tersisa hingga Juni 2024.

4. Antonio Adan

5 Pemain Aktif yang Pernah Membela Dua Klub Kota Madrid, Mental Baja!instagram.com/antonioadan13

Selain Thibaut Courtois, Antonio Adan juga menjadi kiper aktif yang pernah membela Real Madrid dan Atletico Madrid. Ia merupakan kiper lulusan akademi Real Madrid. Adan promosi ke tim senior El Real di musim 2009/10.

Sayangnya, ia hanya menjadi kiper pelapis dari Iker Casillas. Tercatat, ia mengabdi selama empat musim di Santiago Bernabeu. Adan hanya tampil dalam 18 laga dengan catatan 15 kebobolan dan 8 clean sheet. 

Sempat membela Cagliari dan Real Betis, kiper asal Spanyol tersebut kemudian hijrah ke Atletico Madrid di musim 2018/19. Bersama Los Rojiblancos, Adan dikontrak selama dua musim. Lagi-lagi ia hanya dijadikan sebagai kiper pelapis Jan Oblak.

Total, ia hanya tampil dalam 7 laga dengan torehan 8 kebobolan dan 3 clean sheet. Akhirnya, Adan berpisah dengan Atletico di bursa transfer musim panas 2020/21 dan bergabung dengan Sporting Lisbon.

5. Juanfran

5 Pemain Aktif yang Pernah Membela Dua Klub Kota Madrid, Mental Baja!dailymail.co.uk

Pemain aktif terakhir yang pernah berseragam Real Madrid dan Atletico Madrid adalah Juanfran. Ia memulai karier bersama Real Madrid U-19 sebelum akhirnya tampil di tim senior pada musim 2003/04. Sempat dipinjamkan ke Espanyol, bek kanan asal Spanyol tersebut aktif bermain bersama El Real selama dua musim. Namun, Juanfran merumput hanya dalam 11 laga dengan torehan 2 assist

Sempat hijrah ke Osasuna, bek asal Spanyol tersebut kemudian direkrut oleh Atletico Madrid di bursa transfer musim dingin 2010/11. Juanfran benar-benar menemukan performa terbaiknya bersama Atletico. Ia mengabdi untuk Los Rojiblancos selama delapan setengah musim.

Dalam kurun waktu tersebut, ia bermain dalam 355 laga dengan mengemas 6 gol dan 41 assist. Akhirnya, Juanfran berpisah dengan Atletico di musim 2019/20 usai diboyong Sao Paulo FC. 

 

Itulah lima pemain aktif yang pernah membela Real Madrid dan Atletico Madrid. Rivalitas ternyata bukan menjadi penghalang untuk bisa berkarier, ya. Kira-kira, adakah pemain lain yang akan menyusul mereka?

Baca Juga: Atletico Madrid, Rival yang "Dilahirkan" untuk Mengusik Real Madrid

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya