5 Pemain Amerika Serikat dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang Masa

Sergino Dest menjadi nama terbaru

Amerika Serikat menjadi sebuah negara yang tak terlalu pamor dengan sepak bola. Negeri Paman Sam lebih identik dengan cabang olahraga American Football dan bola basket. Meski demikian, Amerika Serikat juga memiliki beberapa pesepak bola yang mampu berkompetisi di liga top dunia. 

Baru-baru ini terdapat nama Sergino Dest, pemain asal Amerika Serikat yang diboyong Barcelona. Ia dibeli dari Ajax Amsterdam dengan banderol 21 juta euro. Nominal sebesar itu menjadikan Dest sebagai salah satu pemain termahal asal Amerika Serikat. Termasuk Sergino Dest, siapa sajakah pemain Amerika Serikat dengan nilai transfer termahal sepanjang masa?

1. Christian Pulisic ke Chelsea - 64 juta euro

5 Pemain Amerika Serikat dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang Masapremierleague.com

Christian Pulisic menjadi pemain Amerika Serikat dengan catatan nilai transfer termahal. Ia menorehkan nominal transfer 64 juta euro saat dibeli Chelsea dari Borussia Dortmund. Transfer pemain berposisi winger kiri tersebut terjadi di bursa transfer musim dingin 2018/19. 

Bisa dibilang, Pulisic merupakan pemain asal Amerika Serikat yang paling bersinar saat ini. Ia mengawali karier bersama Borussia Dortmund di musim 2015/16. Saat ini, pemain berusia 22 tahun tersebut menjadi andalan Chelsea dan dikontrak hingga Juni 2024. 

2. Sergino Dest ke Barcelona - 21 juta euro

5 Pemain Amerika Serikat dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang Masafcbarcelona.com

Pemain Amerika Serikat yang baru saja dibeli Barcelona di bursa transfer musim panas 2020/21, yakni Sergino Dest, menempati urutan ke-dua. Banderol sebesar 21 juta euro yang digelontorkan Barcelona kepada Ajax ternyata masih kalah mahal dari nilai transfer Pulisic. 

Dest merupakan pemain berusia 19 tahun yang berposisi sebagai bek kanan. Ia menjalani debut profesional bersama Ajax di musim 2019/20. Di musim pertamanya tersebut, ia langsung bisa tampil apik yang membuat Barca memutuskan merekrutnya. Dest dikontrak oleh Barca hingga Juni 2025.

3. John Anthony Brooks ke Wolfburg - 17 juta euro

5 Pemain Amerika Serikat dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang Masabundesliga.com

Selanjutnya terdapat nama John Anthony Brooks, pemain berposisi bek tengah. Ia mencatatkan nominal transfer senilai 17 juta euro saat diboyong Wolfburg dari Hertha Berlin. Transfer pemain berusia 27 tahun tersebut terjadi pada bursa transfer musim panas 2017/18. 

Hertha Berlin merupakan klub pertama yang dibela Brooks dalam karier profesionalnya. Ia berasal dari akademi klub tersebut dan tampil debut di tim senior pada musim 2011/12. Saat ini, ia masih aktif memperkuat Wolfburg dengan durasi kontrak hingga Juni 2022. 

Baca Juga: 8 Pemain Amerika Latin dengan Market Value Tertinggi Saat Ini, Moncer!

4. Timothy Weah ke Lille - 10 juta euro

5 Pemain Amerika Serikat dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang Masasbisoccer.com

Pemain Amerika Serikat dengan nilai transfer termahal ke-empat adalah Timothy Weah. Ia menorehkan nominal transfer sebesar 10 juta euro saat direkrut Lille dari PSG. Transfer dari pemain berposisi striker tersebut terjadi di bursa transfer musim panas 2019/20. 

Timothy Weah merupakan anak dari mantan pemain top, George Weah. Ia memulai kariernya bersama PSG di musim 2018/19. Sayangnya, Weah tak mendapat tempat di skuad PSG dan sempat dipinjamkan ke Celtic. Pemain berusia 20 tahun tersebut memiliki masa bakti dengan Lille hingga Juni 2024. 

5. Jozy Altidore ke Sunderland - 10 juta euro

5 Pemain Amerika Serikat dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang Masaskysports.com

Jozy Altidore menjadi pemain Amerika Serikat ke-lima dengan nilai transfer termahal. Sama halnya dengan Weah, ia juga mencatatkan nominal transfer 10 juta euro saat dibajak Sunderland dari AZ Alkmaar di bursa transfer musim panas 2013/14. 

Jozy Altidore merupakan pemain berposisi striker yang mengawali karier bersama New York Red Bulls di musim 2005/06. Ia juga sempat membela Villarreal, Xerez CD, Hull City, dan Bursaspor. Saat ini, ia aktif memperkuat Toronto FC dan dikontrak hingga Desember 2022. 

Jarang menjadi lokasi para scout untuk mencari pemain muda berbakat. Pemain Amerika Serikat sudah mulai menunjukkan tajinya di kancah Eropa. 5 pemain Amerika Serikat di atas berhasil mencuri perhatian dan membuat klub-klub mengeluarkan mahar tinggi.

Namun, bisakah mereka tampil sesuai ekspektasi? Akankah ada pemain lain yang mampu melampaui catatan transfer Pulisic?

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Serikat Terbaik yang Bermain di Premier League

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya