Comscore Tracker

6 Pemain asal Slovenia yang Pernah Berkarier di LaLiga, Ada Oblak!

Siapa yang tampil paling mengesankan?

Slovenia merupakan sebuah negara dengan sejarah sepak bola yang bisa dikatakan kurang mumpuni. Kiprah negara yang berada di kawasan Eropa Tengah tersebut belum begitu terlihat, baik di pentas Eropa maupun kancah dunia.

Kendati demikian, Slovenia sejatinya memiliki sejumlah pemain berkualitas dari era ke era. Bahkan, ada di antara mereka yang pernah merumput di kompetisi top dunia sekelas LaLiga Spanyol. Berikut kami sajikan 6 pemain asal Slovenia yang pernah berkarier di LaLiga.

1. Zlatko Zahovic

6 Pemain asal Slovenia yang Pernah Berkarier di LaLiga, Ada Oblak!Zlatko Zahovic saat membela Valencia (twitter.com/ciberchenet)

Pemain asal Slovenia pertama yang pernah berkarier di LaLiga adalah Zlatko Zahovic. Ia bergabung dengan Valencia pada musim 2000/2001 setelah direkrut dari Olympiacos. Kiprahnya terbilang cukup singkat karena hanya bertahan selama satu musim.

Sebagai seorang gelandang serang, Zahovic bermain dalam 20 laga di LaLiga dengan menciptakan 3 gol. Ia kemudian hengkang ke Benfica secara bebas transfer. Zahovic akhirnya memutuskan pensiun pada Januari 2005. 

2. Dalibor Stevanovic

6 Pemain asal Slovenia yang Pernah Berkarier di LaLiga, Ada Oblak!Dalibor Stevanovic saat berseragam Real Sociedad (realsociedad.eus)

Selanjutnya ada pemain Slovenia yang berposisi gelandang tengah, Dalibor Stevanovic. Ia tercatat pernah berkiprah di LaLiga bersama Real Sociedad. Ia merapat ke skuad Sociedad pada pertengahan musim 2005/2006 usai dipinang dari NK Domzale.

Stevanovic terikat kontrak dengan Sociedad dalam dua setengah musim dengan setengah musim di antaranya sebagai pemain pinjaman di klub lain. Ia bermain dalam 16 laga di LaLiga dengan mencetak 1 gol.

Stevanovic kemudian hijrah ke Maccabi Petah Tikva pada musim 2008/2009. Sempat merumput bersama beberapa klub lain, ia akhirnya gantung sepatu pada Juli 2020 di usia 36 tahun.

Baca Juga: 6 Pemain Keturunan Slovenia yang Pernah Tampil di Premier League

3. Branko Ilic

6 Pemain asal Slovenia yang Pernah Berkarier di LaLiga, Ada Oblak!Branko Ilic (sevillaactualidad.com)

Branko Ilic merupakan pemain Slovenia yang beroperasi sebagai seorang bek tengah. Ia pernah menjadi bagian di skuad Real Betis. Awalnya, ia bergabung dengan status pemain pinjaman dari NK Domzale pada pertengahan musim 2006/2007. Ilic kemudian resmi diboyong Betis di musim berikutnya.

Ilic tercatat tampil dalam 34 laga di LaLiga dengan menorehkan 2 assist. Pada musim 2009/2010, ia dipinjamkan ke FC Moscow. Setengah musim berselang, Ilic benar-benar dilepas Real Betis ke klub tersebut. Sempat malang-melintang bersama klub lain, ia akhirnya pensiun pada Agustus 2020 di usia 37 tahun.

4. Bojan Jokic

6 Pemain asal Slovenia yang Pernah Berkarier di LaLiga, Ada Oblak!Bojan Jokic, sebelah kiri (eurosport.com)

Berikutnya ada sosok Bojan Jokic, pemain yang berposisi dominan sebagai bek kiri. Ia pernah aktif berkiprah di LaLiga bersama Villareal. Ia didatangkan The Yellow Submarines dari Chievo Verona pada musim 2013/2014. 

Jokic dikontrak Villareal selama tiga setengah musim dan sempat juga dipinjamkan ke klub lain. Tercatat, ia turun dalam 24 laga di LaLiga dengan mengemas satu assist. Bek berusia 35 tahun tersebut lalu pindah ke FK Ufa dan masih bertahan hingga kini.

5. Rene Krhin

6 Pemain asal Slovenia yang Pernah Berkarier di LaLiga, Ada Oblak!Rene Krhin, sebelah kiri (skysports.com)

Rene Krhin juga menjadi salah satu pemain Slovenia yang pernah berkarier di LaLiga. Ada dua klub yang pernah dibelanya, yakni Cordoba dan Granada. Awalnya, ia bergabung dengan Cordoba pada pertengahan musim 2014/2015 sebagai pemain pinjaman dari Inter Milan.

Di musim berikutnya, Krhin dilepas Inter ke Granada. Secara total, ia berkiprah di LaLiga selama dua setengah musim dengan mencatatkan 50 penampilan. Gelandang tengah berusia 31 tahun tersebut sempat dipinjamkan selama semusim ke FC Nantes sebelum dipermanenkan pada musim selanjutnya. Krhin kini tengah berseragam CD Castellón.

6. Jan Oblak

6 Pemain asal Slovenia yang Pernah Berkarier di LaLiga, Ada Oblak!Jan Oblak (instagram.com/oblakjan)

Jan Oblak bisa dikatakan sebagai pemain asal Slovenia yang paling tenar dan sukses di LaLiga. Ia merapat ke skuad Atletico Madrid pada musim 2014/2015 setelah dipinang dari Benfica. Sebagai seorang kiper, performanya dari musim ke musim begitu mengagumkan.

Hingga kini Oblak tercatat telah diandalkan dalam 228 laga di LaLiga dengan menciptakan 123 clean sheet. Ia juga sudah pernah mencicipi 1 gelar Europa League, 1 gelar UEFA Super Cup, dan 1 gelar Piala Super Spanyol. Kiper berusia 28 tahun tersebut masih terikat kontrak dengan Atletico Madrid hingga Juni 2023. 

 

Dari keenam pemain Slovenia di atas, hanya Jan Oblak yang kini masih aktif berkarier di LaLiga. Dengan begitu, ia memiliki peluang untuk mendulang prestasi demi prestasi lainnya.

Baca Juga: 10 Kiper dengan Banderol Termahal di Dunia, Oblak Hingga Unai Simon!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya