Comscore Tracker

5 Pemain Australia dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Ada yang mencatatkan 500 lebih penampilan, lho!

Premier League menjadi liga yang diincar oleh para pesepak bola di dunia, tak terkecuali Australia. Dalam sejarah, telah banyak pemain asal Negeri Kanguru yang berkiprah di sana. Meski tak sebanding dengan jumlah pemain dari negara-negara lainnya, tetapi keberadaan mereka memberikan warna tersendiri. 

Beberapa di antara mereka sukses mencatatkan karier gemilang, tetapi sebagian lainnya tampil kurang maksimal. Harry Kewell dan Mark Viduka bisa dibilang sebagai pemain Australia yang paling familier dalam sejarah Premier League. Lalu, siapa sajakah pemain Auto dengan penampilan terbanyak di Premier League?

1. Mark Schwarzer - 514 penampilan

5 Pemain Australia dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com

Mark Schwarzer menjadi pemain Australia dengan penampilan terbanyak di Premier League. Pemain berposisi kiper tersebut sukses mencatatkan 514 penampilan bersama Bradford, Middlesbrough, Fulham, Chelsea, dan Leicester City. Dari penampilan sebanyak itu, ia menorehkan 653 kebobolan dan 153 clean sheet

Schwarzer memulai petualangannya di Premier League dengan bergabung bersama Middlesbrough di musim 1996/97. Klub berjuluk The Boro tersebut menjadi klub terlama yang dibelanya. Ia sukses merengkuh trofi Premier League ketika membela Leicester City di musim 2015/16. Schwarzer memutuskan pensiun pada Juli 2016. 

2. Lucas Neill - 279 penampilan

5 Pemain Australia dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Lucas Neill merupakan pemain asal Australia berposisi bek tengah. Ia berhasil tampil dalam 279 laga bersama Blackburn Rovers, West Ham United, dan Everton. Ia datang ke Premier League di musim 2001/02 dengan merapat ke skuad Blackburn Rovers. 

Ia lalu memperkuat West Ham United dan Everton dalam kurun waktu hingga musim 2009/10. Sayangnya, ia tak pernah merengkuh trofi Premier League. Dari 279 laga yang dilakoni, Neill berhasil mencatatkan 6 gol dan 10 assist. Ia memutuskan gantung sepatu pada Juli 2014. 

3. Harry Kewell - 274 penampilan

5 Pemain Australia dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguethesun.co.uk

Harry Kewell menempati posisi tiga dengan catatan tampil sebanyak 274 laga. Pemain Australia berposisi winger kiri tersebut tercatat pernah membela Leeds United dan Liverpool selama berkiprah di Premier League. Ia mulai merumput di Premier League pada musim 1995/96 dengan bergabung bersama Leeds.

Barulah di musim 2003/04, Kewell hengkang ke Liverpool. Meski tak pernah meraih trofi Premier League, tetapi ia pernah merasakan manisnya meraih gelar Liga Champions Eropa bersama Liverpool. Dari 274 laga yang dijalani di Premier League, ia berhasil mencetak 57 gol dan 10 assist. Kewell menepi dari lapangan hijau pada Juli 2014. 

Baca Juga: 5 Pemain Australia Tersukses di Premier League, Masih Ingat Mereka? 

4. Brett Emerton - 247 penampilan

5 Pemain Australia dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepremierleagueheroes.com

Brett Emerton menjadi pemain Australia keempat dengan penampilan terbanyak di Premier League. Ia tercatat merumput dalam 247 laga bersama Blackburn Rovers. Emerton mulai mengabdi bersama The Riversiders, julukan Blackburn Rovers, pada musim 2003/04. 

Pemain berposisi gelandang sayap kanan tersebut tercatat aktif membela Blackburn selama delapan musim. Meski mengabdi dalam waktu yang cukup lama, tetapi ia tak berhasil meraih satu gelar pun. Dari 247 laga yang pernah dijalani, ia mampu menciptakan 13 gol dan 13 assist. Emerton memutuskan gantung sepatu pada Januari 2014.

5. Mark Viduka - 240 penampilan

5 Pemain Australia dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguethisisfutbol.com

Mark Viduka melengkapi lima besar sebagai pemain Australia dengan penampilan terbanyak di Premier League. Ia merupakan salah satu striker  top dalam sejarah Premier League yang sukses mencatatkan 240 penampilan bersama Leeds United, Middlesbrough, dan Newcastle United. Ia memulai petualangannya di Premier League dengan bergabung bersama Leeds United pada musim 2000/01. 

Empat musim berselang, Viduka kemudian hijrah ke Middlesbrough. Tepat di musim 2007/08, ia lalu memperkuat Newcastle United. Sayangnya, ia memiliki nasib yang kurang beruntung karena tak pernah mencicipi gelar apapun. Dari 240 laga yang dimainkan, ia menorehkan 91 gol dan 9 assist. Viduka akhirnya tak lagi menjadi pesepak bola sejak Juli 2009. 

Kelima pemain Australia ini berhasil mencatatkan penampilan terbanyak dan mengesankan selama masa bakti untuk klub Premier League. Kira-kira akan adakah pemain Australia lainnya yang mampu melampaui catatan Mark Schwarzer?

Baca Juga: [KLASIK] 5 Pemain Asal Australia yang Pernah Membela PSM Makassar

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya