Comscore Tracker

5 Pemain Berdarah Tunisia yang Pernah Tampil di Premier League 

Ada yang meraih trofi Premier League, lho!

Tunisia merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Afrika Utara. Kualitas sepak bola di negara tersebut bisa dikatakan sudah cukup maju layaknya negara-negara di bagian Afrika Utara lainnya, seperti Mesir, Maroko, dan Aljazair. Tunisia tercatat telah tampil di Piala Afrika sebanyak 18 kali dan Piala Dunia sebanyak 5 kali.

Dengan begitu, tentu Tunisia tak bisa diremehkan begitu saja. Dalam sejarah, negara berjuluk Elang Kartago tersebut telah melahirkan pemain-pemain berkualitas. Tak hanya berkarier di pentas domestik, namun juga malang-melintang di kompetisi top Eropa, seperti Premier League. Berikut kami sajikan lima pemain Tunisia yang pernah tampil di Premier League.

1. Radhi Jaidi 

5 Pemain Berdarah Tunisia yang Pernah Tampil di Premier League Radhi Jaidi (planetfootball.com)

Pemain Tunisia pertama yang tampil di Premier League adalah Radhi Jaidi. Ia pernah membela dua klub Premier League, yakni Bolton Wanderers dan Birmingham City. Awalnya, ia bergabung dengan Bolton pada musim 2004/2005 setelah direkrut dari Esperance.

Dua musim berselang, barulah Jaidi pindah ke Birmingham dan bertahan selama tiga musim. Secara keseluruhan, ia merumput dalam 62 laga di Premier League. Sebagai seorang bek tengah, ia mampu menciptakan 8 gol. Jaidi lalu hijrah ke Southampton dan pensiun pada Juli 2012. 

2. Mehdi Nafti

5 Pemain Berdarah Tunisia yang Pernah Tampil di Premier League Mehdi Nafti (skysports.com)

Selanjutnya ada pemain Tunisia yang berposisi gelandang bertahan, Mehdi Nafti. Ia tercatat pernah berkiprah di Premier League bersama Birmingham City. Awalnya, ia merapat ke skuat Birmingham pada Januari 2005 sebagai pemain pinjaman dari Racing Santander.

Barulah pada musim 2005/2006, Mehdi benar-benar direkrut Birmingham City. Total ia merumput dalam 37 laga di Premier League dengan mengemas 2 assist. Mehdi kemudian dilepas ke Aris Thessaloniki pada musim 2009/2010. Sempat juga berkiprah di Spanyol, ia akhirnya pensiun pada Juli 2014.

3. Hatem Trabelsi

5 Pemain Berdarah Tunisia yang Pernah Tampil di Premier League Hatem Trabelsi (skysports.com)

Hatem Trabelsi merupakan pemain Tunisia yang beroperasi sebagai seorang bek kanan. Ia pernah merasakan atmosfer Premier League bersama Manchester City. Ia didatangkan The Citizens dari Ajax pada musim 2006/2007.

Kiprahnya terbilang cukup singkat karena hanya satu musim. Trabelsi mencatatkan 20 penampilan di Premier League dengan mencetak 1 gol dan 1 assist. Selepas dari City, Trabelsi meneruskan karier bersama Al-Hilal Riyadh hingga pensiun pada Juli 2008.

Baca Juga: 5 Pemain Premier League yang Perannya Berubah Musim Ini

4. Yohan Benalouane

5 Pemain Berdarah Tunisia yang Pernah Tampil di Premier League Yohan Benalouane (skysports.com)

Yohan Benalouane menjadi pemain Tunisia keempat yang pernah tampil di Premier League. Ia bergabung dengan Leicester City pada musim 2015/2016 setelah direkrut dari Atalanta. Kiprahnya berjalan selama tiga setengah musim dengan setengah musim diantaranya sebagai pemain pinjaman di Fiorentina.

Benalouane tercatat hanya tampil dalam 16 laga di Premier League sebagai seorang bek tengah. Meski minim kontribusi, namun ia tetap menjadi bagian dari Leicester City saat merengkuh trofi Premier League musim 2015/2016. Bek berusia 34 tahun tersebut lalu pindah ke Nottingham Forest dan kini memperkuat Aris Thessaloniki.

5. Wahbi Khazri

5 Pemain Berdarah Tunisia yang Pernah Tampil di Premier League Wahbi Khazri (twitter.com/SunderlandAFC)

Wahbi Khazri melengkapi lima pemain Tunisia yang pernah tampil di Premier League. Pemain yang memiliki posisi sebagai striker tersebut bergabung dengan Sunderland pada pertengahan musim 2015/2016 setelah sebelumnya berkarier bersama Bordeaux. 

Khazri aktif membela Sunderland selama satu setengah musim. Ia bermain dalam 35 laga di Premier League dengan mengemas 3 gol dan 1 assist. Striker berusia 30 tahun tersebut sempat dipinjamkan ke Stade Rennais sebelum akhirnya dilepas ke Saint-Etienne pada musim 2018/2019 dan bertahan hingga kini.

 

Dari kelima pemain asal Tunisia di atas, Yohan Benalouane bisa dibilang yang paling beruntung karena sukses mencicipi trofi Premier League. Kira-kira siapa pemain Tunisia selanjutnya yang berkarier di Premier League?

Baca Juga: 6 Pemain asal Kosta Rika yang Pernah Merumput di Premier League

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya