6 Pemain dengan Torehan Assist Terbanyak di LaLiga Musim 2020/2021

Dari Iago Aspas hingga Toni Kroos

LaLiga Spanyol musim 2020/2021 telah selesai digelar dengan menghadirkan Atletico Madrid sebagai juara. Los Rojiblancos sukses mengungguli dua tim raksasa, Barcelona dan Real Madrid. Hal itu tentunya menjadi catatan tersendiri di LaLiga musim ini. 

Sementara itu, bagi para pemain, berbagai rekor juga telah berhasil ditorehkan, salah satunya adalah mengenai jajaran pemain yang berperan penting dalam proses terjadinya gol dengan memberi assist. Berikut kami sajikan 5 pemain dengan catatan assist terbanyak di LaLiga musim ini.

1. Iago Aspas (13 assist)

6 Pemain dengan Torehan Assist Terbanyak di LaLiga Musim 2020/2021Iago Aspas (twitter.com/RCCelta)

Iago Aspas merupakan striker asli Spanyol milik Celta Vigo yang sudah berpengalaman di LaLiga. Musim ini merupakan musim ke-8 baginya berkompetisi di kasta tertinggi sepak bola Spanyol. Usianya pun sudah tak lagi muda, yakni 33 tahun.

Meski begitu, Aspas masih begitu bugar di lini depan Celta Vigo. Tak hanya mencetak gol, ia juga menciptakan 13 assist dari 33 laga yang menjadikannya sebagai raja assist di LaLiga musim ini. Aspas memiliki peran penting dalam mengantar timnya finish di posisi delapan. Ia masih memiliki kontrak hingga Juni 2023.

2. Lionel Messi (11 assist) 

6 Pemain dengan Torehan Assist Terbanyak di LaLiga Musim 2020/2021Lionel Messi (skysports.com)

Selanjutnya ada Lionel Messi, penyerang andalan Barcelona. Ia sukses menciptakan 11 assist dari 35 laga di LaLiga. Hal itu menunjukkan bahwa produktivitas Messi belum habis meski sudah berumur 33 tahun. 

Peran Messi begitu vital di Camp Nou seiring belum nyetelnya penyerang Barcelona lainnya. Di sisi lain, performa apiknya tak bisa diikuti Barcelona yang hanya mampu finish di posisi tiga. Kontrak Messi akan berakhir pada Juni 2021 dan belum ada kesepakatan mengenai perpanjangan kontrak.

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Barcelona pada Musim 2020/2021, Messi hingga Alba

3. Marcos Llorente (11 assist) 

6 Pemain dengan Torehan Assist Terbanyak di LaLiga Musim 2020/2021Marcos Llorente (twitter.com/marcosllorente)

Marcos Llorente tampil begitu mengesankan sebagai gelandang tengah Atletico Madrid. Ia berhasil membukukan 11 assist dari 37 laga di LaLiga. Perannya sangat terlihat di lini tengah Atleti dalam mengatur ritme permainan.

Llorente sendiri sudah berada di Wanda Metropolitano Stadium sejak musim 2019/2020 setelah direkrut dari tim sekota, Real Madrid. Gelar LaLiga di musim ini merupakan gelar perdananya bersama Atletico Madrid. Pemain berusia 26 tahun asal Spanyol tersebut terikat kontrak hingga Juni 2024.

4. Yannick Carrasco (10 assist) 

6 Pemain dengan Torehan Assist Terbanyak di LaLiga Musim 2020/2021Yannick Carrasco (instagram.com/yannickferreiracarrasco)

Yannick Carrasco baru saja dipulangkan Atletico Madrid dari Dalian Professional di musim ini. Tak butuh waktu lama, ia langsung tampil nyetel dengan racikan strategi Diego Simeone. Carrasco cukup diandalkan sebagai seorang gelandang sayap kiri. 

Kontribusinya begitu terasa bagi Los Rojiblancos sehingga mampu merengkuh trofi LaLiga. Pemain berusia 27 tahun asal Belgia tersebut sukses menciptakan 10 assist dari 30 laga di LaLiga. Ia masih memiliki durasi kontrak yang cukup lama, yakni hingga Juni 2024.

5. Jorge de Frutos (10 assist) 

6 Pemain dengan Torehan Assist Terbanyak di LaLiga Musim 2020/2021Jorge de Frutos (twitter.com/theMadridZone)

Jorge de Frutos mungkin masih asing bagi sebagian besar pencinta sepak bola. Wajar saja mengingat ia membela Levante yang kurang diperhitungkan. Jorge baru bergabung dengan Levante musim ini usai diboyong dari Real Madrid.

Kurang bisa berkembang di Real Madrid, pemain Spanyol berusia 24 tahun tersebut mampu tampil apik bersama Levante sebagai winger kanan. Jorge mampu mencetak 10 assist dari 37 laga di LaLiga. Namun, peran apiknya tak menular ke Levante yang hanya duduk di posisi 14. Jorge terikat kontrak hingga Juni 2025.

6. Toni Kroos (10 assist) 

6 Pemain dengan Torehan Assist Terbanyak di LaLiga Musim 2020/2021Toni Kroos (eurosport.de)

Melengkapi enam besar ada Toni Kroos, gelandang tengah andalan Real Madrid. Sejak bergabung dengan El Real pada musim 2014/2015, ia mampu menunjukkan penampilan yang bisa dibilang konsisten.

Musim ini gelandang Jerman berusia 31 tahun tersebut mengoleksi 10 assist dari 28 laga di LaLiga. Sayangnya, di pekan terakhir LaLiga, Kroos gagal mempersembahkan gelar bagi El Real. Ia masih memiliki masa bakti hingga Juni 2023.

 

Kontribusi assist dari keenam pemain di atas sudah pasti sangat berarti bagi klub yang dibelanya. Semoga mereka mampu menjaga konsistensi di LaLiga musim depan, ya!

Baca Juga: 5 Pemain Hebat Ini Bisa Jadi Penerus Toni Kroos di Real Madrid

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya