5 Pemain dengan Catatan Gol Sundulan Terbanyak di Premier League

Deretan penyerang jangkung, nih!

Dalam sepak bola, sebuah gol bisa tercipta melalui berbagai cara. Misalnya dengan menggunakan sundulan kepala atau header. Caranya tidak mudah, karena seorang pemain harus bisa menjemput bola di udara dan mengarahkannya ke gawang menggunakan kepala.

Di kompetisi sekelas Premier League, terdapat beberapa pemain top yang jago mencetak gol melalui sundulan. Selain karena memiliki skill yang mumpuni, para pemain tersebut juga mempunyai kelebihan lain berupa postur tinggi yang memudahkan mereka untuk memenangi duel udara dan mencetak gol dengan kepalanya. Lalu, siapa sajakah pemain yang dimaksud? Berikut daftar lima pemainnya.

1. Peter Crouch - 40 gol

5 Pemain dengan Catatan Gol Sundulan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Pencetak gol terbanyak melalui sundulan di Premier League dipegang oleh Peter Crouch. Ia sukses mencetak 40 gol dengan kepalanya. Secara keseluruhan, Crouch mengoleksi 108 gol dari 468 laga di Premier League. Ia merupakan striker kelahiran Inggris yang malang melintang bersama klub Premier League.

Dalam kariernya, Crouch pernah membela Tottenham Hotspur, Aston Villa, Southampton, Liverpool, Portsmouth, Stoke City, dan Burnley. Tak heran jika ia kerap mencetak gol menggunakan kepalanya. Pasalnya, ia memiliki tinggi badan 201 cm yang memudahkannya dalam berduel di udara. Crouch memutuskan gantung sepatu pada Juli 2019.

2. Oliver Giroud - 31 gol

5 Pemain dengan Catatan Gol Sundulan Terbanyak di Premier Leaguegoal.com

Oliver Giroud, striker Chelsea berdarah Prancis menempati posisi dua sebagai raja header di Premier League. Ia mengoleksi 31 gol sundulan dari 86 keseluruhan golnya di Premier League. Sama halnya dengan Crouch, Giroud juga memiliki sundulan yang mematikan. Terlebih, ia ditopang dengan tinggi badan 192 cm.

Giroud memulai kiprahnya di Premier League pada musim 2012/13 bersama Arsenal. Kemudian, ia harus hijrah ke Chelsea di musim 2017/18 karena Arsenal membeli striker baru, yakni Pierre-Emerick Aubameyang. Kontraknya di Chelsea baru akan berakhir pada Juni 2021. Hingga saat ini, Giroud telah tampil dalam 239 laga di Premier League.

3. Christian Benteke - 26 gol

5 Pemain dengan Catatan Gol Sundulan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Selanjutnya terdapat nama Christian Benteke, striker yang saat ini membela Crystal Palace. Ia berhasil menciptakan 26 gol sundulan dari 72 keseluruhan golnya di Premier League. Memiliki postur setinggi 190 cm, tentunya sangat membantu Benteke untuk bisa mencetak banyak gol melalui sundulan. Benteke juga salah satu pemain yang banyak menghabiskan kariernya di Premier League.

Pemain berdarah Belgia tersebut merintis karier di negeri tiga singa bersama Aston Villa di musim 2012/13. Kemudian, ia sempat menjadi striker andalan Liverpool selama semusim, tepatnya musim 2015/16. Setelah habis kontrak dengan Liverpool, Benteke berseragam Crystal Palace hingga sekarang. Kontraknya bersama The Eagles masih tersisa hingga Juni 2021. Di Premier League, tercatat Benteke telah merumput dalam 226 laga.

Baca Juga: Raja Header! 5 Pemain Ini Menciptakan Gol Sundulan Terbanyak di EPL

4. Andy Carroll - 24 gol

5 Pemain dengan Catatan Gol Sundulan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Andy Carroll berada di urutan empat sebagai raja header di Premier League. Ia berhasil mencatatkan 24 gol sundulan dari 53 keseluruhan golnya di Premier League. Carroll juga memiliki postur tinggi tegap yang menopang keberhasilannya dalam mencetak  banyak gol dari kepalanya. Dengan tinggi 193 cm, tentunya sangat mudah bagi Carroll untuk memenangi duel udara.

Striker berdarah Inggris tersebut menjalani musim pertamanya di Premier League pada 2006/07 bersama Newcastle United. Lalu, ia malang melintang bersama klub Inggris lainnya, seperti Preston NE, Liverpool, dan West Ham United. Akhirnya, Carroll kembali membela Newcastle di awal musim 2019/20. Ia memiliki kontrak hingga Juni 2021. Hingga saat ini, Carroll telah bermain dalam 233 laga di Premier League.

5. Romelu Lukaku - 23 gol

5 Pemain dengan Catatan Gol Sundulan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Pemain terakhir di daftar ini ditempati oleh Romelu Lukaku. Penyerang berdarah Belgia tersebut sukses mencetak 23 gol sundulan dari 113 keseluruhan golnya di pentas Premier League. Lukaku memang dikenal sebagai salah satu striker tertajam yang pernah berkarier di Premier League. Sundulan menjadi salah satu senjata ampuh pemain bertinggi badan 190 cm ini untuk bisa membobol jala lawan.

Selama berkarier di Premier League, Lukaku tercatat pernah membela Chelsea, West Bromwich Albion, Everton, dan Manchester United. Saat ini, kita semua tahu bahwa ia tengah membela Inter Milan. Lukaku bergabung dengan salah satu klub asal Italia tersebut usai hengkang dari Manchester United di awal musim 2019/20. Ia dikontrak hingga Juni 2024. Tercatat, Lukaku telah memainkan 252 laga selama berkiprah di Premier League.

Selain memiliki skill dan insting yang mumpuni, kelima striker di atas mampu memanfaatkan kelebihan berupa postur tubuh yang tinggi untuk bisa mencapai kesuksesan. Dari situ, kita bisa mengambil pelajaran bahwa dengan memahami kelebihan yang kita miliki, kita bisa meraih keberhasilan. Dari lima pemain di atas, ada yang menjadi pemain favoritmu?

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Premier League, Mahar Fantastis!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya