5 Pemain Terakhir yang Dibajak Chelsea dari Manchester City 

Raheem Sterling menjadi nama terbaru 

Manchester City dan Chelsea merupakan dua klub raksasa Premier League. Kedua tim kerap bersaing sengit dalam perebutan gelar juara setiap musimnya. Meski begitu, hubungan mereka tak cukup sengit dalam urusan transfer pemain.

Kepindahan Raheem Sterling dari Manchester City ke Chelsea menjadi bukti teranyar bahwa tidak ada gengsi untuk saling bertukar pemain di antara kedua tim. Sebelum Sterling, Chelsea juga pernah merekrut pemain lainnya dari Manchester City. 

Termasuk Raheem Sterling, berikut kelima pemain terakhir yang pernah dibajak Chelsea dari Manchester City.

1. Terry Phelan 

5 Pemain Terakhir yang Dibajak Chelsea dari Manchester City Terry Phelan di Manchester City (premierleague.com)

Terry Phelan merupakan seorang bek kiri berkebangsaan Irlandia. Ia pernah membela Manchester City medio 1992–1995. Dalam kurun waktu tersebut, ia bermain dalam 107 laga di semua ajang dengan torehan 2 gol dan 4 assist.

Pada November 1995, ia memutuskan pindah ke Chelsea. Kiprahnya di Chelsea lebih singkat daripada saat bersama Manchester City, yaitu hanya satu setengah musim saja. Terry mendapat sedikit menit bermain dengan hanya tampil sebanyak 19 kali di Manchester City.

2. Shaun Wright-Phillips 

5 Pemain Terakhir yang Dibajak Chelsea dari Manchester City Shaun Wright-Phillips bersama Chelsea (twitter.com/ChelseaFC)

Shaun Wright-Phillips adalah pemain Inggris yang beroperasi sebagai winger. Ia merupakan produk akademi Manchester City yang kemudian merapat ke tim utama pada Juli 1999.

Terpikat dengan kualitas Shaun, Chelsea lalu merekrutnya pada Juli 2005 dengan harga mahal, sebesar Rp476 miliar. Ia membela Chelsea selama tiga musim dengan catatan 125 penampilan, 10 gol, dan 18 assist. Ia juga mencicipi satu gelar Premier League.

Uniknya, Shaun dilepas Chelsea ke klub lamanya, Manchester City, pada Agustus 2008. Secara keseluruhan, ia bermain untuk Manchester City dalam 273 laga dengan mencetak 48 gol dan 21 assist.

Baca Juga: Profil Raheem Sterling, Kutu Loncat yang Doyan Pindah ke Klub Rival

3. Daniel Sturridge 

5 Pemain Terakhir yang Dibajak Chelsea dari Manchester City Daniel Sturridge saat membela Chelsea (twitter.com/Sporf)

Sama halnya dengan Shaun Wright-Phillips, Daniel Sturridge juga merupakan pemain jebolan akademi Manchester City. Ia promosi ke tim utama pada Juli 2008. Namun, kariernya di Etihad Stadium hanya berjalan satu musim. Total ia hanya merumput dalam 32 laga dengan mengemas 6 gol dan 4 assist

Striker berdarah Inggris ini kemudian hijrah ke Chelsea pada Juli 2009. Sturridge harus bekerja keras untuk bisa menembus skuad utama The Blues.

Bahkan, ia sempat dipinjamkan ke Bolton Wanderers. Dikontrak Chelsea hingga Januari 2013, ia melakoni 96 laga dengan catatan 24 gol dan 9 assist. Striker berusia 32 tahun ini juga sukses meraih satu gelar Premier League saat membela Chelsea.

4. Willy Caballero 

5 Pemain Terakhir yang Dibajak Chelsea dari Manchester City Willy Caballero (chelseafc.com)

Willy Caballero merupakan kiper spesialis pelapis asal Argentina. Ia pernah menjajal karier bersama Manchester City selama tiga musim, yakni medio 2014-2017. Ia diberi kesempatan tampil sebanyak 48 kali dengan menciptakan 16 clean sheet.

Caballero kemudian hijrah ke Chelsea pada Juli 2017. Kiprahnya bersama The Blues satu musim lebih lama ketimbang saat berjubah The Citizens. Meski begitu, kiper gaek berusia 40 tahun ini justru bermain lebih sedikit dengan hanya turun sebanyak 37 kali sambil membukukan 14 clean sheet

5. Raheem Sterling 

5 Pemain Terakhir yang Dibajak Chelsea dari Manchester City Raheem Sterling menjadi pemain baru Chelsea (twitter.com/ChelseaFC)

Nama terbaru yang hengkang dari Manchester City ke Chelsea adalah Raheem Sterling. Ia memilih menyeberang ke tim rival setelah terjadi kesepakatan sebesar Rp849 miliar. Sterling menandatangani kontrak dengan Chelsea hingga Juni 2027.

Penyerang yang juga pernah membela Liverpool ini telah berseragam Manchester City sejak Juli 2015. Total, Sterling bermain dalam 337 laga bersama The Cityzens dengan torehan 131 gol dan 94 assists. Pemain asli Inggris berusia 27 tahun ini pastinya akan membuat lini serang Chelsea kian menakutkan.

Chelsea boleh jadi "ketagihan" membajak pemain dari Manchester City. Belakangan, Chelsea juga santer dikaitkan dengan rumor ketertarikan terhadap salah satu bek Manchester City, Nathan Ake. Akankah Ake segera menyusul Sterling merapat ke tim Kota London tersebut?

Baca Juga: Pesan Menyentuh Raheem Sterling Usai Tinggalkan ManCity

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya