5 Pemain asal Finlandia dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Sami Hyypiä salah satunya

Finlandia merupakan salah satu negara yang berada di wilayah Eropa Utara. Kualitas sepak bola di negara tersebut bisa dibilang baru mengalami kemajuan dalam beberapa tahun terakhir sehingga akhirnya bisa tampil untuk pertama kalinya di Piala Eropa.

Meski demikian, Finlandia sudah pernah melahirkan sederet pemain hebat yang malang melintang di kompetisi top dunia, tak terkecuali Premier League. Dalam sejarah, terdapat 19 pemain berdarah Finlandia yang pernah mencicipi ketatnya persaingan Premier League.

Tahukah kamu siapa saja di antara mereka yang mencatatkan penampilan terbanyak di Premier League? Berikut ulasan lengkapnya! 

1. Jussi Jääskeläinen (436 penampilan)

5 Pemain asal Finlandia dengan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueJussi Jääskeläinen (skysports.com)

Jussi Jääskeläinen adalah pemain asal Finlandia yang paling sering main di Premier League. Ia memulai kiprahnya di kompetisi kasta tertinggi Inggris bersama Bolton Wanderers pada musim 1997/1998. Lima belas musim berselang, Jussi hengkang ke West Ham United dan bertahan selama tiga musim.

Sebagai seorang kiper, ia bermain dalam 436 laga di Premier League. Dari jumlah laga tersebut, Jussi mampu mengemas 110 clean sheet. Meski cukup lama berkiprah di Premier League, ia gagal meraih prestasi. Ia sempat berkarier di India sebelum memutuskan pensiun pada Januari 2018.

2. Sami Hyypiä (318 penampilan)

5 Pemain asal Finlandia dengan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueSami Hyypiä di Liverpool (twitter.com/LFC)

Sami Hyypiä bisa dibilang sebagai pemain Finlandia terbaik yang pernah mentas di Premier League. Mengawali karier bersama Kuusankosken Kumu dan sempat juga berkiprah di Belanda, ia bergabung dengan Liverpool pada musim 1999/2000.

Selama sepuluh musim bersama The Reds, Hyypiä benar-benar tampil mengesankan. Ia merumput dalam 318 laga di Premier League dengan mencetak 22 gol dan 7 assist. Pemain berposisi bek tengah tersebut sukses meraih 1 gelar Liga Champions, 1 gelar Europa League, 2 gelar UEFA Super Cup, dan sejumlah gelar lainnya.

Hyypiä berpisah dengan Liverpool pada musim 2009/2010 dengan bergabung ke Bayer Leverkusen. Ia akhirnya memutuskan gantung sepatu pada Juli 2011.

Baca Juga: Federico Chiesa Kini Jadi Rebutan Bayern Muenchen dan Liverpool

3. Jonatan Johansson (147 penampilan)

5 Pemain asal Finlandia dengan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueMantan pemain Charlton Athletic, Jonatan Johansson (cafc.co.uk)

Selanjutnya ada pemain Finlandia yang berposisi striker, Jonatan Johansson. Ia memulai petualangannya di Premier League bersama Charlton Athletic pada musim 2000/2001 usai direkrut dari Rangers. Kiprahnya di The Valley Stadium bertahan selama enam musim.

Dalam kurun waktu tersebut, Jonatan mencatatkan 147 penampilan di Premier League dengan menciptakan 27 gol dan 3 assist. Ia tak lagi berkiprah di Premier League sejak musim 2006/2007 setelah hengkang ke Malmo FF. Jonatan telah menepi dari lapangan hijau pada Maret 2011.

4. Antti Niemi (143 penampilan

5 Pemain asal Finlandia dengan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueAntti Niemi (planetfootball.com)

Antti Niemi merupakan seorang penjaga gawang. Ada tiga klub Premier League yang pernah dibelanya, yakni Southampton, Fulham, dan Portsmouth. Ia mengabdi bersama ketiga klub tersebut sejak musim 2002/2003 hingga musim 2009/2010.

Secara total, ia tampil dalam 143 laga di Premier League dengan menorehkan 36 clean sheet. Portsmouth sendiri menjadi tim terakhir yang diperkuat Niemi dalam kariernya. Ia memutuskan gantung sepatu pada Maret 2010.

5. Mikael Forssell (126 penampilan)

5 Pemain asal Finlandia dengan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueMikael Forssell (chelseafc.com)

Mikael Forssell melengkapi lima besar pemain Finlandia dengan penampilan terbanyak di Premier League. Memulai karier bersama HJK Helsinki, ia merapat ke Chelsea pada musim 1998/1999. Dalam perjalanannya, ia sempat dipinjamkan Chelsea ke beberapa tim, salah satunya ke tim Premier League lainnya, Birmingham City.

Tak hanya berstatus pemain pinjaman, Forssell juga benar-benar hengkang ke Birmingham pada musim 2005/2006. Ia bermain dalam 126 laga di Premier League sebagai seorang striker dengan menorehkan 34 gol dan 3 assist. Forssell juga sempat mencicipi 1 gelar Premier League bersama Chelsea. Ia sudah tak lagi aktif berkarier sejak Januari 2018.

 

Saat ini sendiri tak ada satupun pemain asal Finlandia yang tengah berkarier di Premier League. Namun, mengingat pesatnya perkembangan bukan tidak mungkin bakal ada pemain Finlandia yang menghiasi panggung Premier League dalam waktu dekat.

Baca Juga: Rasanya Aneh, Hindari 5 Makanan Ini Saat Traveling ke Finlandia

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya