5 Pemain Terakhir yang Hijrah dari Fenerbahce ke Istanbul Basaksehir 

Mesut Ozil jadi nama terbaru

Mesut Ozil resmi berpindah klub pada bursa transfer musim panas 2022. Ia hengkang dari Fenerbahce ke sesama klub top Liga Turki, Istanbul Basaksehir. Mantan bintang Real Madrid ini dilepas dengan status bebas transfer.

Kepindahan Mesut Ozil menambah daftar panjang pemain yang pernah menyeberang dari Fenerbahce ke Istanbul Basaksehir. Termasuk Mesut Ozil, berikut kelima nama pemain terakhir yang hijrah dari Fenerbahce ke Istanbul Basaksehir.

1. Mehmet Topal 

5 Pemain Terakhir yang Hijrah dari Fenerbahce ke Istanbul Basaksehir Mehmet Topal (twitter.com/yenisafakspor)

Mehmet Topal merupakan pemain Turki berposisi gelandang bertahan. Ia membela Fenerbahce pada 2012–2019. Dalam kurun waktu yang cukup lama tersebut, ia bermain dalam 298 laga di semua ajang dengan torehan 24 gol dan 25 assist.

Pada Agustus 2019, ia memutuskan pindah ke Istanbul Basaksehir secara gratis. Kiprahnya lebih singkat ketimbang saat bersama Fenerbahce, yaitu hanya dua musim. Topal diandalkan dalam 64 laga di semua ajang dengan catatan 3 gol dan 3 assist.

Gelandang yang kini berusia 36 tahun ini tercatat pernah meraih Super Lig Turki masing-masing satu kali bersama Fenerbahce dan Istanbul Basaksehir. Saat ini, Topal berstatus tanpa klub usai habis kontrak bersama klub terakhirnya, Besiktas.

2. Hasan Ali Kaldirim

5 Pemain Terakhir yang Hijrah dari Fenerbahce ke Istanbul Basaksehir Hasan Ali Kaldirim (twitter.com/HAK3)

Hasan Ali Kaldirim merupakan pemain yang beroperasi sebagai bek kiri. Ia merintis karier di Jerman hingga kemudian merapat ke Fenerbahce pada Juli 2012. Ia aktif berseragam Fenerbahce selama delapan musim dengan catatan 246 laga, 8 gol, dan 31 assist. Ia juga sukses meraih satu gelar Super Lig Turki.

Istanbul Basaksehir kemudian membajak Ali Kaldirim pada Agustus 2020 setelah habis kontrak bersama Fenerbahce. Saat ini, ia masih aktif bersama Istanbul Basaksehir dengan durasi kontrak hingga Juni 2023. Bek asal Turki berusia 32 tahun ini telah bermain sebanyak 48 kali dengan mengemas 3 assist.

Baca Juga: 5 Pemain yang Direkrut Arsenal bareng Mesut Ozil, Bagaimana Kiprahnya?

3. Tolga Cigerci 

5 Pemain Terakhir yang Hijrah dari Fenerbahce ke Istanbul Basaksehir Tolga Cigerci (twitter.com/ibfk2014)

Fenerbahce sempat memiliki pemain Turki berposisi gelandang bertahan, Tolga Cigerci. Ia membela klub tersebut selama dua setengah musim, yakni 2018-2021. Sayangnya, ia kerap dilanda cedera yang membuatnya hanya bermain sebanyak 37 kali dengan catatan 2 gol dan 4 assist

Cigerci lalu memulai tantangan baru dengan bergabung ke Istanbul Basaksehir pada Februari 2021 secara gratis. Kiprah pemain Turki berusia 30 tahun ini bersama Istanbul Basaksehir berjalan selama satu setengah musim. Ia diandalkan dalam 47 laga dengan mencetak 2 gol dan 1 assist. Saat ini, Cigerci tak memiliki klub usai habis kontrak bersama Istanbul Basaksehir.

4. Deniz Turuc 

5 Pemain Terakhir yang Hijrah dari Fenerbahce ke Istanbul Basaksehir Deniz Turuc saat bergabung ke Istanbul Basaksehir (denizturucofficial.com)

Gelandang sayap asal Turki, Deniz Turuc, pernah menjajal karier bersama Fenerbahce dalam waktu yang singkat, yakni selama satu musim pada 2019/2020. Meski begitu, ia cukup banyak mendapat menit bermain dengan turun dalam 38 laga dilengkapi catatan 6 gol dan 4 assist

Deniz kemudian hijrah ke Istanbul Basaksehir pada Juli 2021. Sebelumnya, ia sempat menjadi pemain pinjaman dari Fenerbahce selama satu musim di klub tersebut. Sejauh ini, ia telah bermain dalam 73 laga dengan menyumbang 10 gol dan 5 assist. Pemain berusia 29 tahun ini masih memiliki masa bakti bersama Istanbul Basaksehir hingga Juni 2024.

5. Mesut Ozil 

5 Pemain Terakhir yang Hijrah dari Fenerbahce ke Istanbul Basaksehir Mesut Ozil menjadi pemain baru Istanbul Basaksehir (twitter.com/ibfk2014)

Nama terbaru yang hijrah dari Fenerbahce ke Istanbul Basaksehir tentu saja adalah Mesut Ozil. Ia memutuskan menyeberang ke tim rival setelah diputus kontrak oleh Fenerbahce. Dengan begitu, ia pindah secara cuma-cuma. Ozil mendapat kontrak hingga Juni 2023.

Mantan gelandang serang Arsenal dan Real Madird ini telah membela Fenerbahce sejak Januari 2021. Ozil tercatat bermain dalam 36 laga dengan torehan 8 gol dan 3 assist. Meski usianya telah menginjak 33 tahun, Ozil masih memiliki potensi untuk memberikan sentuhan magisnya di Istanbul Basaksehir.

Meski sama-sama berstatus tim elit di Liga Turki, nyatanya Fenerbahce dan Istanbul Basaksehir memiliki hubungan baik dalam hal transfer pemain. Kira-kira, siapa pemain berikutnya yang akan menyusul Mesut Ozil hijrah dari Fenerbahce ke Istanbul Basaksehir?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Gelsenkirchen, Kota Kelahiran Mesut Ozil

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya