5 Pemain Inggris yang Mencetak Gol di Piala Eropa 2020, Kane Teratas!

Ada dua pemain yang baru pernah menyumbang gol untuk Inggris

Inggris gagal menjuarai Piala Eropa 2020 setelah takluk dari Italia melalui babak adu penalti di partai puncak. Kegagalan tersebut memperpanjang derita mereka yang tak kunjung meraih gelar sejak Piala Dunia 1966. Kendati demikian, kiprah Inggris hingga bisa mencapai final tetap patut diapresiasi karena itu merupakan final pertama The Three Lions di Piala Eropa.

Sebagai tim finalis, Inggris menjadi salah satu tim produktif. Mereka total mengoleksi 11 gol dari 7 laga yang dijalani. Dari kesebelas gol tersebut, satu di antaranya terlahir akibat kesalahan pemain lawan alias gol bunuh diri. Sepuluh gol lainnya diciptakan oleh lima pemain berbeda. Berikut kami sajikan 5 pemain Inggris yang sukses mencetak gol di Piala Eropa 2020.

1. Harry Kane (4 gol)

5 Pemain Inggris yang Mencetak Gol di Piala Eropa 2020, Kane Teratas!Harry Kane gagal membawa Inggris juara Piala Eropa 2020 (twitter.com/EURO2020)

Harry Kane merupakan penyerang utama Inggris di Piala Eropa 2020. Ia sukses membukukan 4 gol dari 7 laga yang dijalani. Kane sempat mandul di fase grup dan baru mencetak gol di babak gugur.

Gol pertama Kane tercipta di babak 16 besar melawan Jerman. Ia lalu memborong dua gol ke gawang Ukraina di babak perempat final. Striker berusia 27 tahun tersebut melesakkan satu gol terakhirnya ke gawang Denmark di babak semifinal.

2. Raheem Sterling (3 gol)

5 Pemain Inggris yang Mencetak Gol di Piala Eropa 2020, Kane Teratas!Raheem Sterling sukses mencetak gol ke gawang Jerman (twitter.com/EURO2020)

Raheem Sterling merupakan rekan Harry Kane di lini depan Inggris. Penampilannya tak kalah garang dengan menyarangkan 3 gol dan 1 assist dari 7 laga. Ketajaman Sterling sudah teruji sejak awal turnamen.

Ia mencetak satu gol saat berjumpa dengan Kroasia di matchday pertama grup D. Gol kedua Sterling tercipta saat duel kontra Republik Ceko di matchday ketiga grup D. Di fase gugur, winger berusia 26 tahun ini juga mengemas satu gol ke gawang Jerman di babak 16 besar.

Baca Juga: 5 Klub Langganan Raheem Sterling untuk Mencetak Gol, Klub Mana Saja?

3. Jordan Henderson (1 gol)

5 Pemain Inggris yang Mencetak Gol di Piala Eropa 2020, Kane Teratas!Jordan Henderson dalam laga melawan Ukraina (twitter.com/EURO2020)

Jordan Henderson merupakan gelandang berpengalaman yang dimiliki Inggris. Di usianya yang sudah menginjak 31 tahun, ia tak lagi menjadi pilihan utama di lini tengah The Three Lions. Ia bermain dalam 5 laga di Piala Eropa 2020 dan semuanya sebagai pemain pengganti.

Meski begitu, Henderson tetap bisa berkontribusi dengan menciptakan satu gol ke gawang Ukraina. Momen tersebut tercipta di babak perempat final. Tak hanya menggenapi kemenangan Inggris, itu juga merupakan gol perdana Henderson bersama The Three Lions dari 63 laga di semua ajang.

4. Harry Maguire (1 gol)

5 Pemain Inggris yang Mencetak Gol di Piala Eropa 2020, Kane Teratas!Harry Maguire (skysports.com)

Harry Maguire menjadi bek tangguh Inggris sepanjang gelaran Piala Eropa 2020. Sempat absen di dua laga awal fase grup karena cedera ankle, perannya tak tergantikan di lima laga berikutnya. Tak hanya memastikan pertahanan aman, ia juga mencetak satu gol.

Maguire mencatatkan namanya di papan skor kala Inggris bertemu Ukraina di babak perempat final. Bek berusia 28 tersebut menjadi pencetak gol kedua dari empat gol yang dilesakkan Inggris ke gawang Ukraina.

5. Luke Shaw (1 gol)

5 Pemain Inggris yang Mencetak Gol di Piala Eropa 2020, Kane Teratas!Luke Shaw (metro.co.uk)

Di sisi kiri pertahanan, Inggris sangat mengandalkan Luke Shaw. Perannya yang sering membantu serangan membuatnya banyak terlibat dalam gol yang diciptakan Inggris. Hal itu terbukti dengan torehan 1 gol dan 3 assist dari 6 laga yang dilakoni. 

Gol yang diciptakan Luke Shaw sendiri terjadi di partai final menghadapi Italia. Ia sempat membawa Inggris unggul cepat sebelum akhirnya berhasil disamakan dan timnya kalah melalui adu penalti. Perlu diketahui, itu merupakan gol perdana bek berusia 26 tahun bersama Timnas Inggris dari 16 laga.

 

Itulah 5 pemain Inggris yang berkontribusi besar dengan mencetak gol di Piala Eropa 2020. Gol-gol yang mereka torehkan tentu sangat berperan penting bagi kesuksesan Inggris mencapai babak final.

Baca Juga: 10 Fakta Luke Shaw, Pencetak Gol Tercepat di Final Piala Eropa

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya