Comscore Tracker

5 Pemain Italia yang Menjadi Star of the Match di Piala Eropa 2020

Pemain kunci Gli Azzuri di setiap laga yang dijalani

Italia sukses meraih gelar Piala Eropa 2020 yang menjadi gelar Piala Eropa kedua mereka. Prestasi tersebut tentu diraih dengan cara yang tak mudah. Gli Azzuri mendapat perlawanan sengit, khususnya pada babak gugur. Namun, dengan kerja sama tim yang baik, mereka berhasil memenangi laga demi laga yang dilalui.

Para pemain hebat yang dimiliki merupakan kunci utama kesuksesan Italia. Tak hanya memiliki skill mumpuni, pasukan Gli Azzuri benar-benar menunjukkan semangat juang yang luar biasa. Dari tujuh laga yang dilakoni, ada lima pemain Italia yang tampil menonjol. Mereka pun dinobatkan sebagai Star of the Match. Siapa sajakah kelima pemain yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Leonardo Spinazzola

5 Pemain Italia yang Menjadi Star of the Match di Piala Eropa 2020Leonardo Spinazzola (instagram.com/euro2020)

Leonardo Spinazzola merupakan pemain Italia pertama yang menjadi Star of the Match. Capaian itu didapat ketika Italia berduel kontra Turki di matchday pertama grup A. Dalam laga tersebut, ia tampil penuh selama 90 menit dengan menciptakan 2 intersep dan 1 blok. Di akhir laga, Italia menang dengan skor 3-0.

Tak hanya sekali, pemain berposisi bek kiri tersebut juga menjadi Star of the Match dalam laga kontra Austria di babak 16 besar. Laga tersebut harus ditentukan melalui babak extra time setelah laga berakhir imbang 0-0 di waktu normal. Akhirnya Italia menang dengan skor 2-1. Spinazzola mencatatkan 1 assist, 2 clearence, 1 dribel sukses, dan 1 blok di laga tersebut.

Secara keseluruhan, ia bermain dalam 4 laga di Piala Eropa 2020. Spinazzola mengalami cedera di babak perempat final saat menghadapi Belgia yang membuatnya tak bisa tampil hingga babak final.

2. Manuel Locatelli

5 Pemain Italia yang Menjadi Star of the Match di Piala Eropa 2020Manuel Locatelli (instagram.com/euro2020)

Manuel Locatelli berhasil unjuk gigi di matchday kedua grup A saat melawan Swiss. Ia bermain selama 87 menit dengan mencetak dua gol yang membantu Italia memenangi laga dengan skor 3-0. Ia juga satu kali menang duel udara dan memiliki akurasi umpan mencapai 90%.

Peran Locatelli memang cukup penting bagi Italia di sepanjang gelaran Piala Eropa 2020. Sebagai gelandang bertahan, ia tampil apik dalam mengatur ritme permainan dan membantu pertahanan. Secara keseluruhan, ia diandalkan dalam 5 laga.

Baca Juga: Sejumlah Fakta Menarik Manuel Locatelli, Pahlawan Baru Gli Azurri

3. Federico Chiesa

5 Pemain Italia yang Menjadi Star of the Match di Piala Eropa 2020Federico Chiesa (instagram.com/euro2020)

Tak hanya Spinazzola, Federico Chiesa juga dua kali menjadi Star of the Match. Pertama terjadi ketika Italia menghadapi Wales di matchday ketiga grup A. Meski gagal mencetak gol, ia berhasil melepas 4 tembakan sepanjang laga dan akurasi umpannya mencapai 85,7%. Italia menang dengan skor 1-0 di laga tersebut.

Peran penting Federico Chiesa kembali terlihat saat berlaga melawan Spanyol di babak semifinal. Ia sukses menorehkan satu gol dari dua tembakan dan memiliki akurasi umpan mencapai 76,9%. Meski gol Chiesa sempat dibalas oleh Alvaro Morata, Italia mampu keluar sebagai pemenang melalui adu penalti.

Federico Chiesa selalu bermain dalam tujuh laga yang dijalani Italia di Piala Eropa 2020. Meski tak selalu turun sejak awal laga, keberadaanya tetap begitu vital sebagai winger kanan hingga membawa Gli Azzuri juara.

4. Lorenzo Insigne

5 Pemain Italia yang Menjadi Star of the Match di Piala Eropa 2020Lorenzo Insigne (instagram.com/euro2020)

Lorenzo Insigne dinobatkan sebagai Star of the Match setelah Italia mengalahkan Belgia dengan skor 2-1 di babak perempat final. Bermain selama 79 menit, ia sukses menyumbang satu gol dari tiga tembakan. Ia juga mempunyai akurasi umpan mencapai 88,7%.

Peran Insigne juga tak kalah penting dengan Chiesa di lini depan Italia. Winger kiri berusia 30 tahun tersebut dipercaya tampil dalam enam laga. Selain Belgia, Turki juga kemasukan satu gol oleh Insigne dalam laga matchday pertama grup A.

5. Leonardo Bonucci

5 Pemain Italia yang Menjadi Star of the Match di Piala Eropa 2020Leonardo Bonucci (instagram.com/euro2020)

Leonardo Bonucci menjadi pemain Italia terakhir yang pernah menjadi Star of the Match di Piala Eropa 2020. Momen tersebut terjadi di laga final melawan Inggris. Ia menjadi pahlawan Italia dengan mencetak gol penyama kedudukan di waktu normal. Akhirnya laga harus ditentukan melalui adu penalti. Italia menang dan menjadi juara.

Meski seorang bek tengah, Bonucci sukses mencatatkan dua tembakan di laga tersebut. Ia juga dua kali menang duel udara dan memiliki akurasi umpan mencapai 89,3%. Secara keseluruhan, ia bermain dalam tujuh laga. Bonucci menjadi tandem Giorgio Chiellini dan berhasil menjelma tembok kokoh yang tak mudah diruntuhkan.

 

Itulah 5 pemain Italia yang pernah menjadi Star of the Match di Piala Eropa 2020. Kontribusi mereka memang begitu penting bagi Italia hingga akhirnya bisa merengkuh gelar.

Baca Juga: Duet Bonucci dan Chiellini Bak Wine Tua yang Makin Gurih

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya