Comscore Tracker

5 Pemain Berdarah Italia yang Pernah Membela Tottenham Hotspur

Pierluigi Gollini jadi nama terbaru

Italia merupakan negara dengan kekuatan sepak bola mumpuni. Banyak pemain dari negara tersebut yang malang melintang di kompetisi top dunia, tak terkecuali Premier League.

Di bursa transfer musim panas 2021/2022 ini, ada sosok Pierluigi Gollini, kiper asal Italia yang didatangkan Tottenham Hotspur dari Atalanta dengan status pemain pinjaman.

Gollini menyusul empat pemain Italia lainnya yang pernah berkiprah di Premier League bersama The Lilywhites. Berikut 5 pemain berdarah Italia yang pernah berseragam Tottenham Hotspur.

1. Nicola Berti

5 Pemain Berdarah Italia yang Pernah Membela Tottenham HotspurNicola Berti (twitter.com/thespursweb)

Nicola Berti menjadi pemain Italia pertama yang pernah berseragam Tottenham Hotspur. Ia merupakan seorang gelandang tengah yang aktif bermain era '80-an hingga '90-an. Ia didatangkan Spurs dari Inter Milan pada Januari 1998.

Kiprah Berti hanya bertahan selama satu musim. Tercatat, ia diandalkan Spurs dalam 21 laga di semua ajang dengan mencetak 3 gol dan 1 assist. Ia lalu hijrah ke Alaves pada Januari 1999. Sempat juga berseragam Northern Spirit, Berti akhirnya pensiun pada Juli 2000.

2. Paolo Tramezzani

5 Pemain Berdarah Italia yang Pernah Membela Tottenham HotspurPaolo Tramezzani (tottenhamhotspur.com)

Tak berselang lama sejak kedatangan Nicola Berti, Tottenham Hotspur kembali mendatangkan pemain Italia. Spurs merekrut Paolo Tramezzani dari Piacenza pada musim 1998/1999. Spurs sendiri merupakan satu-satunya klub luar Italia yang pernah dibelanya.

Pemain yang berposisi bek kiri tersebut mengabdi selama satu setengah musim. Namun, Tramezzani hanya tampil dalam 6 laga di Premier League tanpa kontribusi gol atau assist. Ia pun kemudian hengkang ke US Pistoiese pada Januari 2000. Tramezzani memutuskan gantung sepatu pada Juli 2008.

Baca Juga: Winger Lentur Italia Jadi Rebutan Chelsea dan Dortmund

3. Carlo Cudicini

5 Pemain Berdarah Italia yang Pernah Membela Tottenham HotspurCarlo Cudicini (skysports.com)

Carlo Cudicini menjadi pemain Italia ketiga yang pernah berseragam Tottenham Hotspur. Awalnya, ia datang ke Premier League dengan membela Chelsea pada musim 1999/2000 hingga pertengahan musim 2008/2009. Sebagai seorang kiper, ia cukup diandalkan Chelsea dengan menciptakan ratusan penampilan.

Tottenham Hotspur lalu menggaet Carlo Cudicini dari Chelsea pada Januari 2009. Namun, Cudicini justru tak mendapat banyak kesempatan tampil bersama Spurs. Dalam waktu empat musim, ia hanya tampil dalam 37 laga di semua ajang dengan catatan 12 clean sheet. Cudicini berpisah dengan Spurs pada Januari 2013 dan merapat ke LA Galaxy. Ia akhirnya pensiun pada Juli 2014.

4. Mirko Ranieri

5 Pemain Berdarah Italia yang Pernah Membela Tottenham HotspurMirko Ranieri (tottenhamhotspur.se)

Mirko Ranieri juga merupakan pemain Italia yang berperan sebagai kiper. Ia bergabung dengan Tottenham Hotspur pada musim 2008/2009 setelah direkrut dari Perugia. Di musim perdananya, ia berada di skuad Tottenham Hotspur U-18. Ranieri baru promosi ke tim utama Spurs pada musim 2010/2011.

Sayangnya, ia tak pernah sekali pun mencatatkan penampilan bersama Spurs karena hanya dijadikan pemain pinjaman ke tim lain seperti Basingstoke Town dan FC Esperia Viareggio. Usianya saat ini memang baru 29 tahun, tetapi Ranieri sudah menepi dari lapangan hijau pada Juli 2012.

5. Pierluigi Gollini

5 Pemain Berdarah Italia yang Pernah Membela Tottenham HotspurPierluigi Gollini (skysports.com)

Pierluigi Gollini menjadi nama terbaru sekaligus kiper ketiga yang pernah berseragam Tottenham Hotspur. Performanya di bawah mistar gawang Atalanta cukup mengesankan. Spurs meminjam kiper berusia 26 tahun ini dari Atalanta hingga Juni 2022.

Gollini sendiri Sepertinya tak perlu waktu lama untuk beradaptasi di Inggris. Meski belum pernah bermain di Premier League, tetapi ia sempat menimba ilmu di tim junior Manchester United dan membela Aston Villa. Patut kita nantikan kiprahnya bersama Tottenham Hotspur.

 

Itulah 5 pemain berdarah Italia yang pernah membela Tottenham Hotspur. Kira-kira siapa pemain Italia selanjutnya yang bakal bergabung dengan The Lilywhites?

Baca Juga: 6 Kiper Italia yang Pernah Merumput di EPL Sebelum Pierluigi Gollini

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya