Comscore Tracker

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Bagaimana kiprah mereka?

Jepang menjadi negara Asia dengan ranking FIFA terbaik saat ini. Hal itu membuktikan betapa hebatnya kekuatan sepak bola negeri sakura. Negara yang berada di wilayah Asia Timur ini memang dikenal memiliki segudang pemain berbakat. Tak hanya berkarier di Asia, tetapi banyak pemain Jepang yang berkiprah di Eropa. 

Beberapa di antaranya bahkan mampu menembus skuad tim Premier League. Saat ini, tentunya semua pencinta sepak bola mengetahui sosok Takumi Minamino, pemain Jepang yang tengah memperkuat Liverpool. Ia menyusul para pemain top Jepang lainnya  seperti Shinji Kagawa dan Shinji Okazaki. Lantas, siapa sajakah pemain Jepang dengan penampilan terbanyak di Premier League?

1. Maya Yoshida - 154 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguesaintsmarching.com

Maya Yoshida menjadi pemain Jepang dengan penampilan terbanyak di Premier League. Pemain berposisi bek tengah tersebut sukses mentas dalam 154 laga bersama Southampton. Ia bergabung dengan The Saints di musim 2012/13 usai hengkang dari klub Belanda, VVV-Venlo.

Yoshida aktif membela Southampton selama tujuh setengah musim. Ia sempat dipinjamkan ke Sampdoria selama setengah musim. Dari 154 laga yang dijalaninya, ia mampu mencetak 6 gol dan 4 assist. Sayangnya, ia tak pernah meraih satupun gelar. Bek berusia 32 tahun tersebut akhirnya berpisah dengan Southampton usai pindah ke Sampdoria pada musim 2020/21 dengan status bebas transfer. 

2. Shinji Okazaki - 114 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguegoal.com

Shinji Okazaki menjadi salah satu pemain Jepang yang cukup tenar di pentas Premier League. Ia sukses mencatatkan 114 penampilan bersama Leicester City. Pemain berposisi striker tersebut bergabung dengan The Foxes di musim 2015/16 usai diboyong dari Mainz 05. Okazaki mengabdi di King Power Stadium selama empat musim.

Ia menjadi bagian di skuad Leicester City saat mampu mengukir sejarah meraih gelar Premier League di musim 2015/16. Dari 114 laga yang dilakoninya, ia berhasil menciptakan 14 gol dan 7 assist. Striker berusia 34 tahun tersebut akhirnya tak lagi berpanji Leicester usai hengkang ke Malaga di musim 2019/20. Saat ini, ia tengah membela Huesca. 

3. Junichi Inamoto - 66 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Junichi Inamoto merupakan pemain Jepang berposisi gelandang bertahan. Ia menjadi pemain Jepang ketiga dengan penampilan terbanyak di Premier League. Tercatat ia tampil dalam 66 laga bersama Fulham dan West Bromwich Albion. Awalnya, Inamoto datang ke Premier League dengan bergabung bersama Arsenal sebagai pemain pinjaman dari Gamba Osaka di musim 2001/02. 

Namun, ia tak pernah sekalipun dimainkan di pentas Premier League. Meski demikian, Inamoto termasuk dalam skuad Arsenal saat menjuarai Premier League di musim 2001/02. Di musim selanjutnya, ia dipinjamkan ke tim Premier League lainnya, Fulham. Bersama Fulham, Inamoto juga bertahan selama satu musim.

Di musim 2004/05, Gamba Osaka akhirnya melepasnya ke West Bromwich Albion. Namun, lagi-lagi kiprahnya berjalan begitu singkat, yakni hanya setengah musim. Dari 66 laga yang dimainkan, Inamoto menorehkan catatan 4 gol. Saat ini, ia berusia 41 tahun dan masih aktif membela SC Sagamihara di liga kasta ke-3 Jepang. 

Baca Juga: 5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Premier League 

4. Shinji Kagawa - 38 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguebleacherreport.com

Di antara pemain Jepang yang pernah berkarier di Premier League, Shinji Kagawa menjadi nama yang paling populer. Ia berhasil mencuri perhatian saat membela Manchester United. Kagawa bergabung dengan The Red Devils di musim 2012/13 usai direkrut dari Borussia Dortmund. Tercatat, ia tampil dalam 38 laga di Premier League. 

Pemain berposisi gelandang serang tersebut aktif mengabdi di Old Trafford selama dua musim. Kagawa berhasil merengkuh 1 gelar Premier League dan 1 gelar English Super Cup. Dari 38 laga yang dilakoni, ia berhasil mencatatkan 6 gol dan 8 assist. Ia berpisah dengan United di musim 2014/15 usai kembali membela Borussia Dortmund. Pemain berusia 31 tahun tersebut saat ini tak memiliki klub usai kontraknya bersama Real Zaragoza berakhir. 

5. Yoshinori Muto - 25 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguegoal.com

Pemain Jepang kelima dengan catatan penampilan terbanyak di Premier League adalah Yoshinori Muto. Pemain berposisi striker tersebut tercatat mentas dalam 25 laga bersama Newcastle United. Ia bergabung di skuad The Magpies pada musim 2018/19 usai diboyong dari Mainz 05. 

Muto telah membela Newcastle selama dua musim. Namun, belum ada gelar yang mampu diraih. Di musim 2020/21, ia dipinjamkan ke klub La Liga, Eibar. Dari 25 laga yang dijalaninya, pemain berusia 28 tahun tersebut baru mengemas satu gol. 

Dengan banyaknya pemain Jepang yang merumput di klub-klub liga Eropa, tentunya menambah skill dan ketenaran mereka. Bahkan, skuat timnas Jepang saat ini berasal dari para pemain yang merumput di luar J League atau Liga Jepang lho! Rata-rata pemain pun masih muda dan menunjukkan potensi besar.

Baca Juga: 8 Pemain Asia yang Pernah Juara di Liga Top Eropa 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya