6 Pemain Keturunan Slovenia yang Pernah Tampil di Premier League

Siapa pemain yang kalian ketahui?

Slovenia bukanlah sebuah negara dengan sejarah sepak bola yang bisa dikatakan mumpuni. Kiprah negara yang berada di kawasan Eropa Tengah tersebut belum begitu mentereng, baik di pentas Eropa maupun kancah dunia.

Meski demikian, Slovenia sejatinya memiliki sejumlah pemain top dari era ke era. Bahkan, ada di antara mereka yang pernah merumput di kompetisi top dunia sekelas Premier League. Berikut kami sajikan 6 pemain asal Slovenia yang pernah tampil di Premier League.

1. Ales Krizan

6 Pemain Keturunan Slovenia yang Pernah Tampil di Premier LeagueAles Krizan (premierleague.com)

Pemain asal Slovenia pertama yang pernah tampil di Premier League adalah Ales Krizan. Ia bergabung dengan Barnsley FC pada musim 1997/1998 setelah direkrut dari Maribor. Kiprahnya bertahan selama tiga musim namun hanya mencicipi Premier League di musim perdananya.

Sebagai seorang bek kiri, Krizan bermain dalam 12 laga di Premier League dengan menciptakan 1 assist. Pada musim 2000/2001, ia hengkang ke klub lamanya, Maribor, dan malang-melintang bersama beberapa klub lainnya. Krizan akhirnya memutuskan pensiun pada Juli 2008.

2. Milenko Acimovic

6 Pemain Keturunan Slovenia yang Pernah Tampil di Premier LeagueMilenko Acimovic (spurs.fandom.com)

Selanjutnya ada pemain Slovenia yang berposisi gelandang sayap kiri, Milenko Acimovic. Ia tercatat pernah berkiprah di Premier League bersama Tottenham Hotspur. Ia merapat ke skuad Spurs pada musim 2002/2003 usai dipinang dari Red Star Belgrade.

Acimovic tampil membela Spurs dalam dua musim dengan setengah musim di antaranya sebagai pemain pinjaman di klub lain. Ia berhasil mencatatkan 17 penampilan di Premier League. Acimovic kemudian hijrah ke LOSC Lille pada musim 2003/2004. Sempat merumput bersama dua klub lain, ia akhirnya gantung sepatu pada September 2010.

3. Aleksandar Rodic

6 Pemain Keturunan Slovenia yang Pernah Tampil di Premier LeagueAleksandar Rodic, mantan pemain Portsmouth (siol.net)

Aleksandar Rodic merupakan pemain Slovenia yang beroperasi sebagai seorang striker. Ia pernah merumput di Premier League dalam kurun waktu yang begitu singkat, yakni hanya setengah musim. Ia didatangkan Portsmouth dari ND Gorica pada pertengahan musim 2004/2005.

Rodic hanya turun dalam 4 laga di Premier League tanpa memberi kontribusi gol atau assist. Ia lalu hengkang ke Kayserispor dan bertualang bersama banyak klub lain. Valnatisone merupakan klub terakhir yang dibela striker berusia 41 tahun tersebut sebelum kini berstatus tanpa klub.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Tottenham Hotspur, Siapa Saja?

4. Robert Koren

6 Pemain Keturunan Slovenia yang Pernah Tampil di Premier LeagueRobert Koren (skysports.com)

Berikutnya ada sosok Robert Koren, pemain yang berposisi dominan sebagai gelandang serang. Ia menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di Premier League ketimbang pemain Slovenia lainnya. Ia tampil dalam 57 laga dengan mencetak 4 gol dan 4 assist.

Koren berkarier di Premier League pada musim 2008/2009 dan 2013/2014. Ada dua klub yang dibela, yakni West Bromwich Albion dan Hull City. Koren telah menepi dari lapangan hijau sejak Januari 2018. 

5. Haris Vuckic 

6 Pemain Keturunan Slovenia yang Pernah Tampil di Premier LeagueHaris Vuckic (skysports.com)

Haris Vuckic juga menjadi salah satu pemain Slovenia yang pernah tampil di Premier League. Ia merapat ke skuad Newcastle United pada pertengahan musim 2008/2009 setelah sebelumnya berseragam NK Domzale. 

Sayangnya, kiprah Vuckic tak berjalan mulus karena kerap dipinjamkan The Magpies. Ia hanya mendapat kesempatan bermain di Premier League pada musim 2011/2012 dan 2014/2015. 

Sebagai seorang striker, Vuckic hanya mencicipi 4 penampilan di Premier League. Ia kemudian dilepas Newcastle ke FC Twente pada musim 2017/2018. Striker berumur 28 tahun tersebut kini tengah membela Real Zaragoza.

6. Jon Gorenc Stankovic 

6 Pemain Keturunan Slovenia yang Pernah Tampil di Premier LeagueJon Gorenc Stankovic (examinerlive.co.uk)

Jon Gorenc Stankovic melengkapi enam pemain Slovenia yang pernah tampil di Premier League. Pemain yang berperan sebagai gelandang bertahan tersebut bergabung dengan Huddersfield Town pada musim 2016/2017 setelah dipinang dari  Borussia Dortmund II.

Meski mengabdi untuk Huddersfield Town selama empat musim, namun ia hanya mencicipi atmosfer Premier League di musim 2018/2019. Jon Gorenc diandalkan dalam 11 laga di Premier League dengan menciptakan 1 gol. Gelandang berusia 25 tahun tersebut saat ini berseragam Sturm Graz.

Meksi minim prestasi, keenam pemain Slovenia di atas juga sudah terbilang sukses. Karena bukan hal mudah untuk bisa bermain di Premier League. Siapa pemain Slovenia selanjutnya yang bakal menghiasi panggung Premier League?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hull City, Ada Maguire

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya