5 Pemain Korea Selatan dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga

Siapa nih pemain Korea Selatan dengan penampilan terbanyak?

Korea Selatan merupakan salah satu negara Asia yang memiliki kekuatan sepak bola mumpuni. Negeri ginseng memiliki banyak pemain berkualitas yang malang melintang di berbagai kompetisi top dunia. Bundesliga Jerman merupakan salah satu liga yang menjadi daya tarik pemain jempolan asal Korea Selatan untuk berkarier.

Sepanjang sejarah, tercatat telah ada sembilan pemain asal Korea Selatan yang berhasil mencatatkan penampilan bersama klub Bundesliga. Son Heung-min menjadi salah satu nama terkemuka di antara sembilan pemain tersebut. Lalu, siapa sajakah pemain Korea Selatan dengan penampilan terbanyak di Bundesliga?

1. Cha Bum-kun - 308 penampilan

5 Pemain Korea Selatan dengan Penampilan Terbanyak di Bundesligabundesliga.com

Cha Bum-kun menjadi pemain Korea Selatan dengan penampilan terbanyak di Bundesliga. Pemain berposisi striker tersebut sukses mentas dalam 308 laga bersama Darmstadt, Eintracht Frankfurt, dan Bayer Leverkusen. Ia memulai kiprahnya di Bundesliga dengan bergabung bersama Darmstadt di musim 1978/79. Namun kariernya bersama klub tersebut hanya berjalan selama satu bulan.

Sempat membela klub dari negara asalnya, ia kemudian berseragam Eintracht Frankfurt di musim 1979/80. Empat musim berselang, barulah Bum-kun hijrah ke Bayer Leverkusen dan bertahan hingga musim 1988/89. Dari 308 laga yang dijalaninya, ia mampu mencetak 98 gol dan 5 assist. Ia juga pernah merasakan meraih 1 gelar DFB Pokal dan 2 gelar Europa League. Kariernya berakhir pada Juli 1989.

2. Koo Ja-cheol - 211 penampilan

5 Pemain Korea Selatan dengan Penampilan Terbanyak di Bundesligabundesliga.com

Koo Ja-cheol merupakan pemain asal Korea Selatan berposisi gelandang tengah. Ia tercatat mentas dalam 211 laga di Bundesliga bersama Wolfburg, Augsburg, dan Mainz. Awalnya, ia membela Wolfburg usai hengkang dari Jeju United di pertengahan musim 2010/11.

Semusim berselang, ia dipinjamkan ke Augsburg selama satu setengah musim. Di pertengahan musim 2013/14 Ja-cheol pindah ke Mainz. Kemudian ia kembali berseragam Augsburg di musim 2015/16 hingga 2018/19. Sayangnya, tak ada gelar yang mampu diraihnya. Dari 211 laga yang dimainkan, ia berhasil mencetak 28 gol dan 17 assist. Saat ini, pemain berusia 31 tahun tersebut aktif memperkuat klub Qatar, Al-Gharafa SC.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga

3. Son Heung-min - 135 penampilan

5 Pemain Korea Selatan dengan Penampilan Terbanyak di Bundesligabundesliga.com

Son Heung-min menjadi pemain Korea Selatan yang cukup tenar dalam sejarah Bundesliga. Ia sukses mencatatkan 135 penampilan bersama Hamburg SV dan Bayer Leverkusen. Pemain berposisi winger kiri tersebut telah membela Hamburg SV sejak usia junior dan dipromosikan ke tim senior pada musim 2010/11.

Lalu, ia memutuskan hijrah ke Bayer Leverkusen di musim 2013/14 dan bertahan selama dua musim. Dari 135 laga yang dilakoninya, ia berhasil menciptakan 41 gol dan 10 assist. Namun, Son tak pernah merengkuh gelar juara. Pemain berusia 28 tahun tersebut saat ini menjadi andalan di lini depan Tottenham Hotspur.

4. Cha Du-ri - 125 penampilan

5 Pemain Korea Selatan dengan Penampilan Terbanyak di Bundesligaalchetron.com

Pemain Korea Selatan keempat dengan penampilan terbanyak di Bundesliga adalah Cha Du-ri. Ia sukses menorehkan 125 penampilan bersama Arminia Bielefeld, Eintracht Frankfurt, Mainz, SC Freiburg, dan Fortuna Düsseldorf. Pemain berposisi bek kanan tersebut mulai berkiprah di Bundesliga dengan bergabung bersama Bayer Leverkusen pada musim 2002/03. Sayangnya, bersama klub tersebut ia tak pernah dimainkan dan hanya dipinjamkan ke klub lain.

Di musim yang sama, Du-ri dipinjamkan ke Arminia Bielefeld selama satu musim. Di musim berikutnya, ia kembali dipinjamkan ke Eintracht Frankfurt. Namun, Frankfurt kemudian mempermanenkannya di musim 2005/06. Setelah itu, Du-ri membela SC Freiburg dan Fortuna Dusseldorf hingga musim 2012/13. Dari 125 laga yang dilakoninya, ia berhasil membukukan 6 gol dan 6 assist. Cha Du-ri akhirnya gantung sepatu pada Oktober 2015.

5. Ji Dong-won - 120 penampilan

5 Pemain Korea Selatan dengan Penampilan Terbanyak di Bundesligasportbuzzer.de

Pemain Korea Selatan kelima dengan penampilan terbanyak di Bundesliga adalah Ji Dong-won. Pemain berposisi striker tersebut berhasil mencatatkan 120 penampilan bersama Augsburg dan Mainz. Ia mulai berkiprah di Bundesliga pada pertengahan musim 2013/14 dengan bergabung bersama Augsburg.

Di musim 2014/15, Dong-won sebenarnya sempat hijrah ke Borussia Dortmund. Namun, ia tak pernah dimainkan di Bundesliga dan kemudian kembali membela Augsburg di musim 2014/15. Barulah di musim 2019/20, ia hijrah ke Mainz dan diikat kontrak hingga Juni 2022. Dari 120 penampilannya, striker berusia 29 tahun tersebut menorehkan 13 gol dan 5 assist.

Dari kelima pemain di atas, Ji Dong-won menjadi satu-satunya pemain Korea Selatan yang masih aktif berkarier di Bundesliga. Mampukah ia melampaui catatan penampilan dari Cha Bum-kun?

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Masih Aktif Bermain di LaLiga Musim Ini

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya