6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela Tottenham, Ivan Perisic Terbaru

Ivan Perisic resmi berseragam Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur mendapatkan amunisi baru untuk mengarungi musim 2022/2023. Ia adalah Ivan Perisic yang diboyong secara gratis dari Inter Milan. Pemain berusia 33 tahun tersebut resmi diperkenalkan oleh Spurs pada Selasa malam, 31 Mei 2022.

Ivan Perisic merupakan pemain asal Kroasia berposisi gelandang sayap. Selain membuat skuad Spurs semakin solid, ia juga menambah daftar pemain Kroasia yang pernah membela The Lilywhites. Sebelum Perisic, tercatat sudah ada lima pemain Kroasia yang sempat berjubah Tottenham Hotspur. Berikut ulasannya!

1. Luka Modric

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela Tottenham, Ivan Perisic TerbaruLuka Modric saat membela Tottenham Hotspur (skysports.com)

Luka Modric merupakan pemain Kroasia pertama yang memperkuat Tottenham Hotspur. Ia diboyong dari Dinamo Zagreb pada Juli 2008. Tottenham harus mengucurkan dana sebesar Rp351 miliar untuk menebus gelandang berkelas tersebut.

Modric menghabiskan waktu selama empat musim bersama Tottenham. Ia bermain dalam 160 laga di semua kompetisi dengan menciptakan 17 gol dan 26 assist. Pemain yang sekarang berusia 36 tahun ini kemudian hengkang ke Real Madrid pada Agustus 2012.

2. Vedran Corluka

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela Tottenham, Ivan Perisic TerbaruVedran Corluka (skysports.com)

Tak berselang lama dengan Luka Modric, Tottenham Hotspur merekrut Vedran Corluka pada September 2008. Ia merupakan pemain Kroasia yang beroperasi sebagai bek tengah. Tottenham memboyongnya dari Manchester City dengan harga Rp214 miliar.

Vedran aktif membela Tottenham selama tiga setengah musim. Ia tampil dalam 109 laga di semua ajang dengan catatan 1 gol dan 6 assist. Vedran sempat dipinjamkan selama setengah musim ke Bayer Leverkusen sebelum akhirnya dilepas ke Lokomotiv Moscow pada Juli 2012.

3. Nico Kranjcar

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela Tottenham, Ivan Perisic TerbaruNico Kranjcar (skysports.com)

Selanjutnya ada sosok gelandang serang, Nico Kranjcar. Ia menjadi pemain asal Kroasia ketiga yang bermain untuk Tottenham Hotspur. Ia merapat ke skuad Tottenham pada September 2009 setelah dibajak dari Portsmouth dengan banderol Rp43 miliar.

Nico tercatat diandalkan Tottenham selama tiga musim. Ia berlaga sebanyak 71 kali di semua turnamen. Sebagai seorang gelandang, ia sukses mengemas 11 gol dan 8 assist. Nico akhirnya berpisah dengan The Lilywhites pada Juli 2012 setelah direkrut Dynamo Kyiv.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Diboyong Tottenham Hotspur dari Klub Serie A

4. Stipe Pletikosa

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela Tottenham, Ivan Perisic TerbaruStipe Pletikosa (spurs.fandom.com)

Stipe Pletikosa merupakan pemain asal Kroasia berposisi kiper. Ia sempat didatangkan Tottenham Hotspur pada Agustus 2010. Waktu itu, Pletikosa berstatus pemain pinjaman dari Spartak Moscow. Dalam kesepakatan tersebut, Tottenham membayar dana sebesar Rp10 miliar.

Masa peminjaman Pletikosa berdurasi satu musim. Sayangnya, ia jarang dimainkan oleh Tottenham. Ia hanya pernah tampil satu kali di kompetisi Piala Liga Inggris. Setelah masa peminjaman berakhir, Pletikosa kembali membela Spartak Moscow.

5. Tomislav Gomelt

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela Tottenham, Ivan Perisic TerbaruTomislav Gomelt (alchetron.com)

Selain Luka Modric dan Nico Kranjcar, Tomislav Gomelt juga merupakan seorang gelandang asal Kroasia yang pernah masuk di skuad Tottenham Hotspur. Ia promosi ke tim utama pada Juli 2013 setelah sebelumnya membela Tottenham kelompok U-18. 

Namun, Tomislav tak pernah sekalipun mencicipi laga bersama Tottenham. Ia kerap dipinjamkan ke klub lain, seperti Royal Antwerp, SSC Bari, dan CFR Cluj. Pemain yang kini berusia 27 tahun ini akhirnya dilepas Tottenham ke HNK Rijeka pada Juli 2017.

6. Ivan Perisic

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela Tottenham, Ivan Perisic TerbaruIvan Perisic menjadi rekrutan anyar Tottenham Hotspur (tottenhamhotspur.com)

Ivan Perisic menjadi pemain Kroasia terbaru yang berseragam Tottenham Hotspur. Ia diboyong secara gratis setelah kontraknya bersama Inter Milan berakhir pada akhir musim 2021/2022.

Hadirnya Perisic tentu akan membuat permainan Tottenham semakin berwarna. Gelandang sayap berusia 33 tahun ini menandatangani kontrak selama dua musim atau hingga Juni 2024.

 

Dari keenam pemain dalam daftar di atas, Luka Modric bisa dibilang sebagai pemain Kroasia terbaik yang pernah membela Tottenham Hotspur. Kira-kira, siapakah pemain Kroasia lainnya yang akan menyusul Ivan Perisic ke Tottenham Hotspur?

Baca Juga: [BREAKING] Tottenham Resmi Rekrut Ivan Perisic

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya