Comscore Tracker

5 Pemain yang Pernah Direkrut Manchester United dari Ajax Amsterdam

Nama Lisandro Martinez jadi rekrutan paling gres

Manchester United makin serius membenahi sektor pertahanan di jendela transfer musim panas 2022. Setelah sukses merekrut bek kiri, Tyrell Malacia, dari Feyenoord, kini giliran bek tengah Ajax Amsterdam yang mereka gaet. Ia adalah Lisandro Martinez, bek tangguh asal Argentina.

Selain menambah solid lini pertahanan Manchester United, kehadiran Lisandro juga menambah daftar pemain Ajax yang hijrah ke Old Trafford. Siapa saja mereka?

1. Jesper Olsen 

5 Pemain yang Pernah Direkrut Manchester United dari Ajax AmsterdamJesper Olsen (twitter.com/WhitesideOne)

Pemain Ajax pertama yang pernah digaet Manchester United adalah Jesper Olsen. Transfer gelandang sayap asal Denmark tersebut terjadi pada Juli 1984 setelah sang pemain mengabdi selama tiga musim bersama Ajax.

Olsen dikontrak Manchester United hingga Januari 1989. Namun, dalam perjalanannya, ia sempat dipinjamkan ke klub Denmark, Naestved Boldklub. Ia tercatat bermain sebanyak 73 kali bersama Manchester United dengan torehan 16 gol dan 3 assist

2. Timothy Fosu-Mensah 

5 Pemain yang Pernah Direkrut Manchester United dari Ajax AmsterdamTimothy Fosu-Mensah (instagram.com/tfosumensah)

Sejak transfer Jesper Olsen, Manchester United baru merekrut pemain Ajax lagi pada September 2014. Pemain tersebut adalah Timothy Fosu-Mensah, bek tengah Belanda jebolan akademi Ajax yang belum sempat debut di tim utama.

Pada awal kedatangannya di Old Trafford, Timothy harus lebih dahulu ditempatkan di Manchester United U-18. Ia baru promosi ke tim utama pada Januari 2016. Namun, tak mudah baginya untuk bisa bermain reguler. Apalagi dirinya kerap dibekap cedera.

Timothy lalu dipinjamkan ke Crystal Palace dan Fulham. Puncaknya, bek berusia 24 tahun ini dilepas Manchester United ke Bayer Leverkusen pada Januari 2021. Secara total, Timothy hanya tampil sebanyak 30 kali bersama Manchester United.

Baca Juga: 5 Alasan Lisandro Martinez Cocok untuk Manchester United

3. Daley Blind 

5 Pemain yang Pernah Direkrut Manchester United dari Ajax AmsterdamDaley Blind (premierleague.com)

Daley Blind adalah pemain Belanda yang beroperasi sebagai bek kiri. Ia juga merupakan produk akademi Ajax Amsterdam yang kemudian merapat ke tim utama pada Januari 2009.

Terpikat dengan kualitas Blind, Manchester United lalu merekrutnya pada September 2014. Ia membela Manchester United selama empat musim dengan catatan 141 penampilan, 6 gol, dan 10 assist.

Bak kacang yang tak lupa kulitnya, bek berusia 32 tahun tersebut kembali merapat ke Ajax Amsterdam pada Juli 2018 setelah petualangannya di Premier League berakhir. Hingga kini ia masih menjadi sosok andalah di lini pertahanan Ajax.

4. Donny van de Beek 

5 Pemain yang Pernah Direkrut Manchester United dari Ajax AmsterdamDonny van de Beek (twitter.com/Donny_beek6)

Donny van de Beek merupakan seorang gelandang tengah yang kini aktif membela Manchester United. Ia direkrut pada September 2020 dengan harga tergolong mahal, yakni Rp589 miliar. Meski mahal, banderol tersebut dinilai sesuai menilik performanya selama empat setengah musim bersama Ajax.

Sayangnya, gelandang jebolan akademi Ajax ini turun drastis saat bermain di Old Trafford. Ia justru lebih sering duduk di bangku cadangan. Bahkan, Donny juga sempat dipinjamkan ke Everton selama setengah musim. Pemain Belanda berusia 25 tahun ini total baru menorehkan 50 penampilan, 2 gol, dan 2 assist bersama Manchester United.

5. Lisandro Martinez 

5 Pemain yang Pernah Direkrut Manchester United dari Ajax AmsterdamLisandro Martinez (twitter.com/FabrizioRomano)

Lisandro Martinez menjadi nama gres yang digaet Manchester United dari Ajax. Tak main-main, The Red Devils merogoh kocek sebesar Rp867 miliar untuk menebus bek berdarah Argentina tersebut.

Lisandro sendiri telah membela Ajax sejak Juli 2019. Dalam kurun waktu tiga musim, ia diandalkan dalam 118 laga dengan mengemas 6 gol dan 6 assist

Ketangguhannya dalam mengawal lini pertahanan Ajax diharapkan bisa diterapkan juga di Old Trafford. Bek berusia 24 tahun tersebut telah menandatangani kontrak dengan Manchester United hingga Juni 2027.

Dari daftar pemain yang pernah diboyong Manchester United dari Ajax Amsterdam, tak semuanya bisa tampil impresif. Praktis, hanya nama Donny van de Beek dan Lisandro Martinez yang masih berkesempatan untuk menunjukkan kualitas terbaiknya dihadapan publik Old Trafford. Bagaimana kiprah Donny van de Beek dan Lisandro Martinez di bawah asuhan mantan pelatih mereka saat masih membela Ajax, Erik ten Hag? 

Baca Juga: 7 Pemain Argentina yang Pernah Bela MU Sebelum Lisandro Martinez

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya