Comscore Tracker

5 Pemain Paling Tajam yang Pernah Berseragam Olympique Marseille

Florian Thauvin salah satunya

Olympique Marseille merupakan salah satu tim kuat asal Prancis. Hal itu dibuktikan dengan prestasi Marseille yang sukses meraih gelar Ligue 1 Prancis sebanyak sembilan kali. Tak cukup sampai disitu, Marseille juga menjadi satu-satunya klub Prancis yang pernah meraih trofi Liga Champions. 

Marseille selalu memiliki pemain berkualitas di setiap musimnya. Khusus di barisan lini serang, mereka pernah dihuni deretan penyerang mematikan. Lalu, siapa sajakah pemain Marseille yang berkontribusi besar dengan mencetak banyak gol? Berikut kami sajikan lima pemain paling tajam yang pernah berseragam Olympique Marseille. 

1. Jean-Pierre Papin - 175 gol  

5 Pemain Paling Tajam yang Pernah Berseragam Olympique Marseillethesefootballtimes.co

Jean-Pierre Papin adalah pemain paling produktif sepanjang masa Olympique Marseille. Striker asal Prancis tersebut berhasil menyarangkan 175 gol dalam 266 laga di semua kompetisi. Papin membela Marseille sejak musim 1986/1987 usai direkrut dari Club Brugge dan bertahan selama enam musim. 

Performa apiknya turut membantu Marseille meraih 4 gelar Ligue 1 Prancis dan 1 gelar French Cup. Selain itu, Papin juga pernah meraih berbagai penghargaan individu seperti 1 trofi Ballon D'or dan 5 kali top skor Ligue 1 Prancis. Sempat membela AC Milan, Bayern Munchen, dan beberapa klub lainnya, ia kemudian memutuskan pensiun pada tahun 2009.

2. Mamadou Niang - 100 gol

5 Pemain Paling Tajam yang Pernah Berseragam Olympique Marseilleskysports.com

Mamadou Niang merupakan striker berpaspor Senegal. Ia pernah memperkuat Marseille sejak musim 2005/2006 hingga musim 2009/2010 setelah direkrut dari RC Strasbourg Alsace. Niang sukses membukukan 100 gol dari 227 laga di semua kompetisi. 

Ia juga berandil besar atas keberhasilan Marseille meraih 1 gelar Ligue 1 Prancis dan 1 gelar French League Cup. Sementara untuk prestasi individu, Niang pernah menjadi top skor Ligue 1 Prancis musim 2009/2010. Ia memutuskan gantung sepatu pada tahun 2018.

3. Florian Thauvin - 86 gol

5 Pemain Paling Tajam yang Pernah Berseragam Olympique Marseilleinstagram.com/olympiquedemarseille

Selanjutnya ada sosok Florian Thauvin, winger kanan keturunan Prancis. Ia menjadi salah satu pemain yang masih aktif membela Marseille di musim ini. Secara keseluruhan, Thauvin mampu melesakkan 86 gol dalam 280 laga di semua ajang.

Ia sendiri bergabung dengan Marseille pada musim 2013/2014 setelah diboyong dari LOSC Lille. Sayangnya, performa apik Thauvin tak diiringi dengan kesuksesan Marseille dalam meraih gelar juara. Kontrak pemain berusia 28 tahun tersebut berakhir pada Juni 2021 dan ia akan berlabuh bersama Tigres UANL di musim depan.

Baca Juga: Mbappe Hingga Thauvin, 10 Penyerang Prancis dengan Banderol Termahal

4. André-Pierre Gignac - 77 gol 

5 Pemain Paling Tajam yang Pernah Berseragam Olympique Marseilleskysports.com

Di urutan keempat terdapat nama André-Pierre Gignac, striker top asal Prancis. Ia sukses menciptakan 77 gol dari 188 laga di semua kompetisi. Ia memulai kiprahnya bersama Marseille pada musim 2010/2011 setelah didatangkan dari Toulouse. 

Bersama Marseille, Gignac juga sukses menorehkan 2 gelar French League Cup. Striker berusia 35 tahun tersebut kemudian berpisah dengan Marseille pada musim 2015/2016 dan merapat ke skuat Tigres UANL. Saat ini, Gignac masih diandalkan klub asal Meksiko tersebut. 

5. Tony Cascarino - 68 gol  

5 Pemain Paling Tajam yang Pernah Berseragam Olympique Marseillethetimes.co.uk

Pemain paling tajam kelima sepanjang masa Olympique Marseille adalah Tony Cascarino. Striker berdarah Irlandia tersebut mencetak 68 gol dalam 102 laga di semua kompetisi. Ia bergabung dengan Marseille pada musim 1994/1995 setelah dipinang dari Chelsea dan kala itu Marseille berkompetisi di Ligue 2 Prancis. 

Dalam kurun waktu dua setengah musim, tak ada trofi yang mampu dipersembahkan Cascarino. Namun, ia pernah menjadi top skor Ligue 2 Prancis sebanyak dua kali. Ia juga sukses membawa Marseille kembali promosi ke Ligue 1 Prancis pada musim 1996/1997. Cascarino akhirnya menepi dari lapangan hijau pada tahun 2000.

Itulah lima pemain paling tajam yang pernah membela Olympique Marseille. Kira-kira adakah pemain lain yang mampu melampaui catatan gol dari Jean-Pierre Papin?

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Pernah Membela Olympique Marseille, Siapa Saja?

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya