Comscore Tracker

5 Pemain asal Peru yang Pernah Berkarier di Premier League

Claudio Pizarro salah satunya

Peru merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Amerika Selatan alias Amerika Latin. Berbicara tentang sepak bola, negara tersebut bisa dibilang masih di bawah negara-negara Amerika Latin lainnya, seperti Brasil, Argentina, dan Chile. 

Namun, Peru tercatat berpartisipasi di gelaran Piala Dunia edisi 2018, lho. Hal itu membuktikan bahwa kualitas sepak bola Peru tak bisa diremehkan. Dalam sejarah, Peru pernah memiliki pemain-pemain yang mencuat di kompetisi top dunia, salah satunya Premier League.

Sepanjang gelarannya, total ada lima pemain berdarah Peru yang pernah meniti karier di Premier League. Siapa sajakah kelima pemain yang dimaksud? Berikut ulasannya! 

1. Nolberto Solano

5 Pemain asal Peru yang Pernah Berkarier di Premier Leagueskysports.com

Pemain asal Peru pertama yang pernah mencicipi atmosfer Premier League adalah Nolberto Solano. Ia berkarier di Premier League sejak musim 1998/1999 hingga musim 2007/2008. Ada tiga klub berbeda yang dibelanya, yakni Newcastle United, Aston Villa, dan West Ham United. 

Sebagai seorang gelandang sayap kanan, Solano bermain dalam 302 laga di Premier League dengan menciptakan 49 gol dan 58 assist. Pada musim 2008/2009 ia hengkang ke klub Yunani, AE Larisa. Ia juga sempat membela beberapa klub lain sebelum pensiun pada tahun 2012.

2. Ysrael Zúñiga

5 Pemain asal Peru yang Pernah Berkarier di Premier Leagueperu.com

Selanjutnya ada pemain Peru yang berposisi striker, Ysrael Zúñiga. Ia tercatat pernah berkiprah di Premier League bersama Coventry City. Ia didatangkan klub tersebut dari klub Peru, FBC Melgar, pada pertengahan musim 1999/2000.

Dalam kurun waktu dua setengah musim, Zúñiga hanya bermain dalam 22 laga di Premier League dengan torehan 3 gol. Selepas dari Coventry City, ia malang-melintang bersama banyak klub yang didominasi klub asal Peru. Zúñiga akhirnya gantung sepatu pada tahun 2018.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Claudio Pizarro, Pencetak Gol Tertua di Bundesliga

3. Claudio Pizarro

5 Pemain asal Peru yang Pernah Berkarier di Premier Leagueskysports.com

Claudio Pizarro juga merupakan pemain asal Peru yang beroperasi sebagai seorang striker. Ia pernah berkiprah di Premier League bersama Chelsea. Ia dipinang The Blues dari Bayern Munchen pada musim 2007/2008 secara gratis. 

Pizarro diandalkan Chelsea dalam 21 laga di Premier League dengan mencetak 2 gol dan 1 assist. Pada musim 2008/2009, ia dipinjamkan ke Werder Bremen dan dipermanenkan di musim berikutnya. Pizarro tak lagi aktif sebagai pesepak bola sejak tahun 2020.

4. Diego Penny

5 Pemain asal Peru yang Pernah Berkarier di Premier Leaguetheathletic.com

Diego Penny menjadi pemain Peru keempat yang merasakan kompetisi Premier League. Klub yang dibelanya adalah Burnley. Pemain yang berposisi kiper tersebut bergabung dengan Burnley pada musim 2008/2009 setelah hengkang dari klub Peru, Coronel Bolognesi. 

Secara keseluruhan, ia membela Burnley dalam tiga musim. Namun, kala itu Burnley berlaga di Premier League hanya di musim 2009/2010. Bahkan, Penny tercatat hanya tampil dalam satu laga di Premier League. Kiper berusia 36 tahun tersebut lalu pindah ke Juan Aurich dan kini membela USM Porres.

5. André Carrillo 

5 Pemain asal Peru yang Pernah Berkarier di Premier Leagueperu.as.com

Terakhir ada sosok André Carrillo yang memiliki posisi dominan sebagai winger kanan. Ia pernah mencicipi panasnya persaingan Premier League dalam satu musim bersama Watford, tepatnya pada musim 2017/2018. Carrillo waktu itu berstatus pemain pinjaman dari Benfica.

Dalam kurun waktu yang cukup singkat, Carrillo diandalkan Watford dalam 28 laga di Premier League dengan menciptakan 1 gol dan 2 assist. Winger berusia 29 tahun tersebut saat ini aktif membela klub Arab Saudi, Al-Hilal Riyadh.

 

Meskipun kelima pemain di atas minim prestasi dan kontribusi, setidaknya mereka mampu menegaskan bahwa Peru juga patut diperhitungkan di kancah sepak bola dunia.

Baca Juga: 9 Produk Bahan Makanan Unik Asal Peru, Ada Cabai Berbentuk Tomat!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya