5 Pemain Portugal yang Sering Tampil di Piala Dunia 2022

Cristiano Ronaldo masuk daftar

Timnas Portugal harus mengubur mimpi mereka untuk bisa juara Piala Dunia 2022 Qatar. Langkah mereka kandas di tangan tim kuda hitam, Maroko, pada babak perempat final.

Dalam perjalanannya hingga kemudian gugur di tengah jalan, Portugal di bawah asuhan Fernando Santos memiliki beberapa pemain andalan. Pemain-pemain tersebut selalu dimainkan di tiap laga.

Tercatat ada lima pemain Portugal yang sering tampil di Piala Dunia 2022.

1. Diogo Costa

5 Pemain Portugal yang Sering Tampil di Piala Dunia 2022Diogo Costa (instagram.com/diogomcosta99)

Portugal tak pernah mengganti kiper di Piala Dunia 2022. Fernando Santos selalu memberi kepercayaan kepada kiper muda berusia 23 tahun, Diogo Costa.

Performa Costa bisa dibilang belum cukup matang. Dari 5 laga yang dilalui, ia tercatat kebobolan 6 kali dan hanya menciptakan 1 clean sheet. Kendati begitu, jumlah penyelamatan Costa jauh lebih banyak, yaitu sebelas kali.

2. Bernardo Silva

5 Pemain Portugal yang Sering Tampil di Piala Dunia 2022Bernardo Silva (instagram.com/bernardocarvalhosilva)

Bernardo Silva merupakan seorang gelandang serang jempolan milik Portugal. Hal itu membuat dirinya selalu diandalkan Fernando Santos di tiap laga Portugal di Piala Dunia 2022.

Silva tercatat bermain sebanyak 5 kali dengan 1 di antaranya masuk sebagai pemain pengganti. Jika ditotal, maka pemain berusia 28 tahun ini bermain selama 358 menit.

Ia tak bisa mencetak gol ataupun assist. Namun, Bernardo Silva menjadi pemain yang cukup sibuk dengan melakukan 284 operan dan 4 dribel.

Baca Juga: Pesan Menyentuh Ronaldo Usai Portugal Gagal di Piala Dunia 2022

3. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Portugal yang Sering Tampil di Piala Dunia 2022Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Cristiano Ronaldo tentu saja termasuk pemain yang paling sering tampil di Piala Dunia 2022. Bertindak sebagai kapten, CR7 bermain dalam semua laga Portugal di Piala Dunia 2022. Namun, dua laga terakhirnya diciptakan sebagai pemain pengganti. 

Jika diakumulasi, maka Ronaldo menorehkan 291 menit di lapangan. Pada usianya yang sudah menginjak 37 tahun, ia hanya mampu mencetak satu gol. Itu pun lewat penalti.

Ronaldo sejatinya sudah berusaha keras pada Piala Dunia kali ini, yang kemungkinan besar jadi Piala Dunia terakhirnya. Ia tercatat sebagai pemain Portugal dengan jumlah tembakan percobaan terbanyak, yaitu sebelas kali.

4. Ruben Neves

5 Pemain Portugal yang Sering Tampil di Piala Dunia 2022Ruben Neves di Piala Dunia 2022 (instagram.com/rubendsneves)

Dari sektor gelandang bertahan, Portugal begitu mengandalkan Ruben Neves di Piala Dunia 2022. Gelandang berusia 25 tahun ini selalu diturunkan dalam 5 laga dengan 1 di antaranya masuk sebagai pemain pengganti. 

Dengan total 271 menit bermain, Neves melakukan berbagai kontribusi meski bukan gol ataupun assist. Ia tercatat membukukan 254 operan, 5 clearance, 2 tekel, 3 blok dan 3 intersep. Statistik yang cukup baik bagi seorang gelandang bertahan.

5. Rafael Leao

5 Pemain Portugal yang Sering Tampil di Piala Dunia 2022Rafael Leao (instagram.com/iamrafaeleao93)

Rafael Leao juga menjadi salah satu pemain yang selalu merumput dalam lima laga Portugal di Piala Dunia 2022. Uniknya, ia selalu bermain dari bangku cadangan dan total hanya berlaga 83 menit.

Berperan di posisi winger, Rafael Leao diproyeksikan Fernando Santos sebagai sosok supersub. Hal itu sebenarnya cukup berhasil dengan Leao mampu menorehkan 2 gol dari 5 tembakan percobaan. Penyerang muda berusia 23 tahun ini juga kerap memberikan ancaman dengan melakukan sembilan dribel. 

Kelima pemain di atas sudah berusaha semaksimal mungkin ketika dimainkan di tiap laga Timnas Portugal pada Piala Dunia 2022. Sayang, kontribusinya belum cukup membawa Selecao das Quinas menggapai prestasi cemerlang.

Baca Juga: Ternodanya Status GOAT Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya