6 Pemain asal Selandia Baru yang Pernah Merumput di Premier League

Siapa pemain yang kalian kenal?

Selandia Baru merupakan negara kepulauan yang terletak di barat daya Samudera Pasifik. Dalam hal sepak bola, Selandia Baru menjadi negara anggota di Oceania Football Confederation (OFC). Negara tersebut memiliki ranking FIFA terbaik dibanding negara-negara OFC lainnya saat ini.

Selandia Baru tercatat pernah berpartisipasi di gelaran Piala Dunia sebanyak dua kali. Catatan tersebut tentu tak dapat diraih tanpa adanya pemain-pemain hebat yang dimiliki Selandia Baru. Dalam sejarah, telah ada jajaran pemain berkualitas yang terlahir di negara berjuluk All Whites tersebut. 

Bahkan, para pemain Selandia Baru tak hanya berkarier di kompetisi domestik. Melainkan juga berkiprah di liga top dunia, seperti Premier League. Berikut kami sajikan 6 pemain asal Selandia Baru yang pernah merumput di Premier League.

1. Lee Norfolk

6 Pemain asal Selandia Baru yang Pernah Merumput di Premier LeagueLee Norfolk (i.stuff.co.nz)

Pemain asal New Zealand pertama yang merasakan atmosfer Premier League adalah Lee Norfolk. Ia memulai karier dengan membela tim usia muda Ipswich Town. Pada musim 1994/1995, Norfolk promosi ke tim utama Ipswich. Meski bertahan selama tiga musim, namun ia hanya mencicipi Premier League di musim debutnya saja.

Sebagai seorang gelandang tengah, Norfolk hanya bermain dalam tiga laga di Premier League. Pada musim 1997/1998, ia hengkang ke North Shore United dan malang-melintang bersama banyak klub lainnya. Norfolk akhirnya memutuskan pensiun pada Juli 2015.

2. Danny Hay

6 Pemain asal Selandia Baru yang Pernah Merumput di Premier LeagueDanny Hay berebut bola dengan Ole Gunnar Solskjaer (leeds-live.co.uk)

Selanjutnya ada pemain Selandia Baru yang berposisi bek tengah, Danny Hay. Ia tercatat pernah berkiprah di Premier League bersama Leeds United. Ia merapat ke skuad Leeds pada musim 1999/2000 usai direkrut dari Perth Glory. 

Danny Hay tampil dalam dua musim di Premier League dari tiga musim keseluruhan membela Leeds. Ia hanya mencatatkan 5 laga di Premier League. Ia kemudian hijrah ke Walsall pada musim 2002/2003. Sempat merumput bersama beberapa klub lainnya, Danny Hay akhirnya gantung sepatu pada Juli 2009.

Baca Juga: 5 Pemain asal Georgia yang Pernah Berkarier di Premier League

3. Ryan Nelsen

6 Pemain asal Selandia Baru yang Pernah Merumput di Premier LeagueRyan Nelsen saat membela QPR (skysports.com)

Selanjutnya ada sosok Ryan Nelsen yang juga seorang bek tengah. Ia menjadi salah satu pemain Selandia Baru yang cukup berpengalaman di Premier League. Ia berkarier di Premier League sejak pertengahan musim 2004/2005 hingga pertengahan musim 2012/2013.

Ada tiga klub Premier League yang dibelanya, yakni Blackburn Rovers, Tottenham Hotspur, dan Queens Park Rangers. Secara keseluruhan, ia tampil dalam 198 laga di Premier League dengan mencetak 9 gol dan 6 assists

Meski cukup lama berkiprah di Premier League, namun tak ada satupun gelar yang mampu diraihnya. QPR menjadi klub terakhir yang dibela Nelsen sebelum pensiun pada Januari 2013.

4. Simon Elliott

6 Pemain asal Selandia Baru yang Pernah Merumput di Premier LeagueSimon Elliott di Fulham (skysports.com)

Simon Elliott merupakan pemain asal Selandia Baru yang beroperasi sebagai gelandang bertahan. Ia pernah berkiprah di Premier League bersama Fulham. Ia dipinang The Cottagers dari Columbus Crew pada pertengahan musim 2005/2006.

Simon mengabdi untuk Fulham selama dua setengah musim. Ia diberi kesempatan tampil dalam 12 laga di Premier League. Selepas dari Fulham, ia sempat tak memiliki klub hingga akhirnya direkrut Quakes. Simon telah menepi dari lapangan hijau pada Januari 2012.

5. Chris Wood

6 Pemain asal Selandia Baru yang Pernah Merumput di Premier LeagueChris Wood saat membela Burnley (skysports.com)

Chris Wood menjadi satu-satunya pemain Selandia Baru yang masih aktif berkiprah di Premier League. Burnley merupakan klub yang dibelanya saat ini. Namun sebelumnya, ia terlebih dahulu memperkuat West Bromwich Albion dan Leicester City di Premier League. 

Chris Wood debut di Premier League pada musim 2008/2009 bersama West Bromwich Albion. Hingga kini, total ia telah bermain dalam 134 laga di Premier League dengan menciptakan 47 gol dan 7 assists. Striker berusia 29 tahun tersebut masih terikat kontrak dengan Burnley hingga Juni 2023.

6. Winston Reid 

6 Pemain asal Selandia Baru yang Pernah Merumput di Premier LeagueWinston Reid saat berseragam West Ham United (skysports.com)

Winston Reid melengkapi enam pemain Selandia Baru yang pernah membela klub Premier League. Pemain yang memiliki posisi dominan sebagai bek tengah tersebut bergabung dengan West Ham United pada musim 2010/2011 setelah sebelumnya berkarier bersama FC Midtjylland.

Secara keseluruhan, Reid telah diandalkan West Ham dalam 167 laga di Premier League dengan menorehkan 6 gol dan 6 assist. Saat ini, ia berkarier bersama Brentford sebagai pemain pinjaman dari The Hammers. Masa peminjaman bek berumur 32 tahun tersebut akan berakhir pada Mei 2021.

 

Itulah enam pemain asal Selandia Baru yang pernah merumput di Premier League. Dari keenam pemain di atas, ada Chris Wood dan Winston Reid yang masih berpotensi tampil di Premier League musim depan. 

Baca Juga: 7 Pemain Berkebangsaan Ukraina yang Pernah Berkarier di Premier League

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya