7 Pemain Senior Andalan di Laga Final Piala Dunia 2022

Ada Lionel Messi dan Olivier Giroud

Piala Dunia 2022 Qatar menghadirkan banyak pemain berpengalaman dengan usia senja sebagai pesepak bola. Mereka masih dipercaya membela negaranya sekaligus menuntun pemain muda sebagai generasi penerus. 

Hebatnya, terdapat sejumlah pemain gaek berusia 30-an yang bisa membawa negaranya mencapai babak final. Dengan sisa-sisa tenaga yang ada, mereka tampil apik dan berkontribusi besar bagi negaranya. 

Dihuni pemain Argentina dan Prancis, inilah pemain senior andalan di laga final Piala Dunia 2022.

1. Emiliano Martinez

7 Pemain Senior Andalan di Laga Final Piala Dunia 2022Emiliano Martinez (fifa.com)

Emiliano Martinez merupakan kiper utama Timnas Argentina berumur 30 tahun. Posisinya tak tergantikan dalam enam laga yang sudah dilalui di Piala Dunia 2022.

Ia tampil cemerlang dengan menorehkan tiga clean sheet. Meski harus kebobolan lima kali, Martinez mampu melakukan banyak penyelamatan, termasuk saat adu penalti kontra Belanda pada perempat final. 

Peran Martinez di final nanti akan sangat dibutuhkan oleh La Albiceleste. Bisa jadi kehebatan kiper milik Aston Villa tersebut berbuah kemenangan untuk negaranya. 

2. Marcos Acuna

7 Pemain Senior Andalan di Laga Final Piala Dunia 2022Marcos Acuna (instagram.com/marcos.acuna10)

Marcos Acuna menjadi andalan Timnas Argentina di sektor kiri pertahanan. Pada usianya yang menginjak 31 tahun, ia jadi pilihan utama dengan total berlaga lima kali. Acuna hanya kehilangan satu laga di semifinal lantaran terkena hukuman akumulasi kartu kuning. 

Acuna siap kembali diturunkan di partai puncak menghadapi Prancis. Sejauh ini, bek milik Sevilla tersebut bermain solid, terbukti dengan tiga clean sheet yang diraih Argentina.

Salah satu peran penting Acuna juga terlihat saat berjumpa Belanda pada perempat final. Waktu itu, dirinya dilanggar di kotak penalti Belanda yang berbuah penalti hingga kemudian dieksekusi dengan baik oleh Messi. 

3. Antoine Griezmann

7 Pemain Senior Andalan di Laga Final Piala Dunia 2022Antoine Griezmann (fifa.com)

Timnas Prancis memiliki sejumlah penyerang andalan di Piala Dunia 2022, salah satunya Antoine Griezmann. Berperan sebagai second striker, pemain yang sudah berusia 31 tahun ini selalu diturunkan dalam enam laga. 

Kendati belum mengemas gol, Griezmann mampu memberi kontribusi lain dalam hal assist. Ia menorehkan 3 assist dengan 2 di antaranya tercipta pada babak perempat final melawan Inggris. 

Griezmann tentunya siap kembali berkontribusi di laga final nanti. Bintang Atletico Madrid ini berpeluang kembali meraih gelar Piala Dunia, seperti yang dilakukannya pada empat tahun lalu. 

Baca Juga: Antoine Griezmann adalah Perpaduan Platini dan Zidane

4. Nicolas Otamendi

7 Pemain Senior Andalan di Laga Final Piala Dunia 2022Nicolas Otamendi (instagram.com/nicolasotamendi30)

Selain Marcos Acuna, Timnas Argentina juga mengandalkan bek senior lainnya, yaitu Nicolas Otamendi. Bek berusia 34 tahun ini masih mampu tampil kokoh di posisi bek tengah. 

Otamendi selalu bermain penuh dalam enam laga sebelumnya. Tak hanya solid dalam mengawal pertahanan La Albiceleste, ia juga tercatat menciptakan satu assist dalam laga kontra Australia pada babak 16 besar. 

Bek milik Benfica tersebut akan berjuang keras pada laga final nanti. Apalagi, ini menjadi final pertamanya setelah gagal pada Piala Dunia 2010 dan 2018. 

5. Hugo Lloris

7 Pemain Senior Andalan di Laga Final Piala Dunia 2022Hugo Lloris (fifa.com)

Hugo Lloris telah dipercaya sebagai kiper utama Timnas Prancis di Piala Dunia sejak edisi 2010. Pada usianya yang kini berada di angka 35 tahun, belum ada kiper lain yang mampu menggantikan posisinya. 

Lloris sudah dipercaya berlaga sebanyak 5 kali dengan torehan 1 clean sheet di Piala Dunia 2022. Ia hanya diistirahatkan satu kali pada babak grup. Itu pun karena Les Bleus sudah dipastikan aman dengan lolos ke babak gugur. 

Final kali ini akan menjadi final kedua bagi Lloris setelah Piala Dunia 2018. Waktu itu, ia berhasil mengantar negaranya keluar sebagai juara. Hal itu pula yang diharapkan terjadi pada Piala Dunia 2022.

6. Lionel Messi

7 Pemain Senior Andalan di Laga Final Piala Dunia 2022Lionel Messi bermain di Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Lionel Messi menjadi aktor utama kesuksesan Timnas Argentina melangkah ke final Piala Dunia 2022. Ia masih mampu tampil agresif di lini depan meski sudah berumur 35 tahun. 

Messi tercatat memberi sumbangsih 5 gol dan 3 assist dari 6 laga. Selain membantu negaranya ke final, catatan itu membuat La Pulga sebagai penantang utama peraih penghargaan Golden Boot dan Golden Ball. 

Satu hal yang pasti, bintang Paris Saint-Germain ini akan menampilkan yang terbaik di final nanti. Messi berhasrat menebus kekalahan di final Piala Dunia 2014. Terlebih lagi, juara Piala Dunia 2022 akan menjadi penutup manis kariernya bersama Argentina. 

7. Olivier Giroud

7 Pemain Senior Andalan di Laga Final Piala Dunia 2022Olivier Giroud tampil di Piala Dunia 2022. (instagram.com/oliviergiroud)

Pemain paling tua yang akan jadi andalan pada final Piala Dunia 2022 adalah Olivier Giroud. Striker berumur 36 tahun tersebut jadi tumpuan Timnas Prancis dalam mencetak gol. 

Sejauh ini, Giroud berhasil tampil superior dengan membukukan 4 gol dalam 5 laga. Dua gol di antaranya bersarang di gawang Australia. Ia hanya kehilangan satu laga untuk mengemas gol ketika diistirahatkan pada laga terakhir babak grup. 

Layaknya Griezmann dan Lloris, final Piala Dunia 2022 merupakan final kedua Giroud. Keberhasilannya pada 4 tahun lalu akan menjadi motivasi striker AC Milan ini untuk bisa kembali membuat gol yang berujung juara. 

Pemain-pemain senior di atas sangat berperan penting bagi kedua tim finalis. Mereka tentunya akan berusaha mengakhirinya dengan meraih gelar juara Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Kapten Terakhir yang Angkat Trofi Piala Dunia, Messi Berikutnya?

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya