5 Pemain Terbaik Ghana yang Pernah Berkiprah di Premier League

Dua di antaranya sukses meraih gelar Premier League

Ghana menjadi salah satu negara dari benua Afrika dengan kekuatan sepak bola yang patut disegani. Banyak pemain terkemuka dari negara yang berada di wilayah Afrika Barat tersebut yang berkarier di kompetisi top dunia, tak terkecuali Premier League.

Salah satu pemain Ghana yang sukses berkiprah di Premier League adalah Michael Essien. Ia tampil begitu gemilang di lini tengah The Blues dan berhasil merengkuh banyak gelar. Termasuk Essien, siapa sajakah pemain terbaik asal Ghana yang pernah berkiprah di Premier League?

1. Jordan Ayew

5 Pemain Terbaik Ghana yang Pernah Berkiprah di Premier Leagueghanasoccernet.com

Jordan Ayew merupakan pemain asal Ghana berposisi striker. Mengawali karier bersama Olympique Marseille, ia kemudian berkiprah di Premier League dengan bergabung ke skuad Aston Villa pada musim 2015/16. Setengah musim berselang, ia hijrah ke Swansea City. Ayew berseragam The Swans selama satu setengah musim.

Di musim 2019/20, ia direkrut Crystal Palace. Awalnya ia berstatus pemain pinjaman selama semusim. Tercatat, Ayew bermain dalam 142 laga di Premier League dengan mencatatkan 25 gol dan 9 assist. Meski tak ada gelar yang diraih, tetapi performanya bisa dibilang cukup impresif. Striker berusia 29 tahun tersebut masih terikat kontrak dengan Palace hingga Juni 2022.

2. Jeffrey Schlupp

5 Pemain Terbaik Ghana yang Pernah Berkiprah di Premier Leagueskysports.com

Jeffrey Schlupp juga menjadi salah satu pemain terbaik Ghana yang pernah mentas di Premier League. Ia merupakan lulusan akademi Leicester City. Pemain berposisi gelandang sayap tersebut promosi ke tim senior Leicester pada musim 2010/11. Ia mengabdi di King Power Stadium selama lima musim. 

Schlupp berpisah dengan The Foxes di musim 2016/17 usai hijrah ke Crystal Palace. Secara keseluruhan, ia tampil dalam 151 laga di Premier League dengan mencetak 11 gol dan 12 assist. Ia juga sukses merengkuh satu gelar Premier League bersama Leicester City di musim 2015/16. Saat ini, ia masih aktif membela Crystal Palace dengan durasi kontrak hingga Juni 2021.

3. Asamoah Gyan

5 Pemain Terbaik Ghana yang Pernah Berkiprah di Premier League90min.com

Selanjutnya terdapat sosok striker, Asamoah Gyan. Ia merupakan pemain Ghana yang malang melintang di kompetisi berbagai negara, tak terkecuali Premier League. Ia datang ke Inggris dengan merapat ke skuad Sunderland di musim 2010/11. Gyan dikontrak oleh The Black Cats dalam kurun waktu dua musim.

Namun, dari dua musim tersebut ia sempat dipinjamkan ke klub lain selama satu musim. Total, ia merumput dalam 34 laga di Premier League dengan mengemas 10 gol dan 5 assist. Meski kariernya cukup singkat, tetapi ia mampu tampil mengesankan. Striker berusia 34 tahun tersebut saat ini tengah membela klub Ghana, Legon Cities FC.

Baca Juga: 10 Pemain Arsenal dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier League 

4. Michael Essien

5 Pemain Terbaik Ghana yang Pernah Berkiprah di Premier Leaguepremierleague.com

Michael Essien bisa dibilang sebagai pemain asal Ghana yang paling populer dan tersukses di Premier League. Kariernya begitu melejit saat berkiprah bersama Chelsea. Ia bergabung dengan The Blues di musim 2005/06 usai hengkang dari Olympique Lyon. Essien menjadi gelandang bertahan andalan Chelsea selama tujuh setengah musim. 

Dalam kurun waktu tersebut, ia mencatatkan 168 penampilan di Premier League dengan menciptakan 17 gol dan 10 assist. Essien juga berhasil mempersembahkan 2 gelar Premier League, 1 gelar Liga Champions, 3 gelar Piala FA, 1 gelar English League Cup, dan 1 gelar English Super Cup. Saat ini, gelandang berumur 37 tahun tersebut belum pensiun tetapi tengah mengalami career break.

5. Anthony Yeboah

5 Pemain Terbaik Ghana yang Pernah Berkiprah di Premier Leagueleeds-live.co.uk

Anthony Yeboah juga termasuk dalam jajaran pemain terbaik asal Ghana yang pernah berkiprah di Premier League. Ia datang ke Inggris jauh sebelum keempat pemain Ghana lainnya mencuat. Awalnya, pemain berposisi striker tersebut dipinang Leeds United sebagai pemain pinjaman dari Eintracht Frankfurt di pertengahan musim 1994/95.

Setengah musim berselang, barulah Yeboah dipermanenkan oleh Leeds. Ia mengabdi untuk The Whites selama dua setengah musim dengan mencatatkan 47 penampilan dan 24 gol di Premier League. Meski tak ada gelar yang mampu ditorehkan, tetapi kiprahnya tak mudah dilupakan begitu saja. Yeboah menepi dari lapangan hijau pada Juli 2002.

Dari kelima pemain Ghana di atas, dua di antaranya masih aktif berkarier di Premier League. Akankah kedua pemain tersebut mampu meraih kesuksesan untuk kedepannya?

Baca Juga: 7 Pemain Afrika Tertajam di Lima Liga Top Eropa, Siapa Juaranya? 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya