Comscore Tracker

6 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Klub MLS, Ada Rekor Baru!

Thiago Almada sukses catatkan sejarah baru

Thiago Almada berhasil menciptakan rekor baru sebagai pemain termahal yang pernah didatangkan klub Major League Soccer atau akrab disingkat MLS. Hal itu terjadi setelah dirinya diboyong Atlanta United dari klub Argentina, Velez Sarsfield, pada Februari 2022.

Gelandang serang yang masih berusia 20 tahun ini sukses menggeser pemain MLS dengan nilai transfer termahal sebelumnya, Gonzalo Martinez. Kira-kira, berapa dana yang dikeluarkan Atlanta United untuk memboyong Thiago Almada dan siapa saja pemain MLS lainnya yang mencatatkan nilai transfer termahal? Check this out!

1. Thiago Almada (14,55 juta euro)

6 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Klub MLS, Ada Rekor Baru!Thiago Almada di Atlanta United (instagram.com/atlutd)

Thiago Almada didatangkan Atlanta United dari Velez Sarsfield pada Februari 2022 dengan banderol 14,55 juta euro atau Rp237 miliar. Kesepakatan tersebut menjadikan Thiago sebagai pemain termahal dalam sejarah MLS.

Gelandang serang asal Argentina ini merupakan jebolan akademi Velez Sarsfield yang promosi ke tim utama pada Juli 2018. Thiago akan memulai petualangan baru bersama Atlanta United dengan durasi kontrak hingga Desember 2025.

2. Gonzalo Martinez (14,50 juta euro)

6 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Klub MLS, Ada Rekor Baru!Gonzalo Martinez (atlutd.com)

Gonzalo Martinez sempat menyandang pemain termahal yang pernah direkrut klub MLS. Ia diboyong Atlanta United dari River Plate pada Januari 2019. Biaya transfer sebesar 14,50 juta euro atau Rp236 miliar harus dikeluarkan Atlanta United untuk menebus pemain berposisi gelandang serang ini. 

Martinez tercatat aktif membela Atlanta United hingga September 2020. Ia bermain dalam 54 laga di semua kompetisi dengan menorehkan 11 gol dan 14 assists. Pemain berumur 28 tahun ini kemudian hijrah ke klub Arab Saudi, Al-Nassr FC, dan masih bertahan sampai sekarang.

3. Esequiel Barco (12,28 juta euro)

6 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Klub MLS, Ada Rekor Baru!Esequiel Barco (mlssoccer.com)

Esequiel Barco merupakan pemain asal Argentina yang beroperasi di posisi winger kiri. Ia digaet Atalanta United dari Independiente pada Januari 2018 dengan banderol 12,28 juta euro atau Rp200 miliar.

Pemain berusia 22 tahun ini aktif bermain untuk Atlanta United selama empat musim. Ia melakoni 107 laga di semua ajang dengan catatan 19 gol dan 18 assists. Sejak Januari 2022, Barco dipinjamkan ke River Plate. 

Baca Juga: 5 Pemain Termahal MLS yang Dilepas ke Klub Top Eropa

4. Brenner (11,82 juta euro)

6 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Klub MLS, Ada Rekor Baru!Brenner (mlssoccer.com)

Selanjutnya terdapat nama Brenner, pemain berposisi striker. Ia mencatatkan nominal transfer senilai 11,82 juta euro atau Rp192 miliar saat diboyong Cincinnati dari Sao Paulo. Transfer tersebut terjadi pada Februari 2021. 

Striker berdarah Brasil berusia 22 tahun ini telah bermain untuk Cincinnati dalam 33 laga di semua gelaran dengan menciptakan 8 gol dan 1 assist. Ia kini masih aktif membela Cincinnati dengan durasi kontrak hingga Desember 2025.

5. Luiz Araujo (10,91 juta euro)

6 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Klub MLS, Ada Rekor Baru!Luiz Araujo (atlutd.com)

Atlanta United lagi-lagi menjadi klub MLS yang pernah merekrut pemain dengan harga mahal. Kali ini ada sosok Luiz Araujo yang dibeli dari LOSC Lille dengan banderol 10,91 juta euro atau Rp177 miliar pada Agustus 2021.

Araujo sendiri merupakan pemain yang beroperasi di posisi winger kanan. Pemain berusia 25 tahun ini telah merumput dalam 16 laga bersama Atlanta United di semua kompetisi dengan torehan 4 gol dan 3 assists

6. Rodolfo Pizarro (10,91 juta euro)

6 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Klub MLS, Ada Rekor Baru!Rodolfo Pizarro (mlssoccer.com)

Gelandang serang asal Meksiko, Rodolfo Pizarro, juga termasuk dalam daftar ini. Ia pernah didatangkan Inter Miami dari Monterrey dengan nilai transfer sebesar 10,91 juta euro atau Rp 177 miliar. Kesepakatan tersebut terjadi pada Februari 2020.

Gelandang berusia 28 tahun ini telah diandalkan Inter Miami dalam 47 laga di semua kompetisi dengan mengoleksi 7 gol dan 9 assists. Pizzaro kini tengah dipinjamkan ke mantan klubnya, Monterrey, sejak Januari 2022.

 

Major League Soccer memang tak memiliki penggemar sebanyak Premier League ataupun liga top dunia lainnya. Kendati begitu, banyak hal menarik yang patut untuk disimak dari MLS, salah satunya tentang kegiatan transfer pemain yang dilakukan.

Kira-kira, adakah pemain lain yang memiliki nominal transfer lebih mahal dari Thiago Almada nantinya?

Baca Juga: Sempat ke MLS, 5 Pemain Ini Kembali Merumput di Liga Top Eropa

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya