Comscore Tracker

Termasuk Upamecano, 5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas RB Leipzig

Dayot Upamecano termahal?

RB Leipzig beberapa waktu lalu telah merampungkan kesepakatan tranfer Dayot Upamecano ke Bayern Munchen. Bek muda andalan Leipzig tersebut dilepas dengan nilai transfer sebesar €42,5 juta. Meski demikian, Upamecano baru akan bergabung ke skuad Die Roten pada musim 2021/2022.

Upamecano bukanlah satu-satunya pemain yang pernah dilepas RB Leipzig dengan banderol fantastis. Lalu, siapa sajakah pemain termahal yang pernah dijual RB Leipzig dan Dayot Upamecano menempati urutan keberapa? Berikut ulasan lengkapnya! 

Baca Juga: 7 Pemain Kunci RB Leipzig Musim Ini, Ada Dayot Upamecano!

1. Naby Keita - €60 Juta

Termasuk Upamecano, 5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas RB Leipzigbundesliga.com

Naby Keita yang dijual ke Liverpool pada musim panas 2018/2019 menjadi penjualan termahal RB Leipzig. Ia dilepas dengan biaya transfer sebesar €60 juta atau Rp1 triliun. Keita sendiri merupakan pemain berdarah Guinea yang berposisi sebagai gelandang tengah.

Leipzig mendatangkannya dari RB Salzburg pada musim panas 2016/2017. Dalam kurun waktu dua musim di Red Bull Arena, ia tampil dalam 71 laga dengan melesakkan 17 gol dan 15 assist. Keita berandil besar atas kesuksesan Leipzig menjelma menjadi salah satu tim besar di Bundesliga.

2. Timo Werner - €53 Juta

Termasuk Upamecano, 5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas RB Leipzigbundesliga.com

Dilepas dengan banderol €53 juta atau Rp899 miliar ke Chelsea pada musim panas 2020/2021, Timo Werner menjadi penjualan termahal kedua RB Leipzig. Harga setinggi itu tampaknya sepadan dengan kualitas yang dimiliki Werner.

Direkrut dari VfB Stuttgart pada musim panas 2016/2017, Werner menampilkan performa mengesankan bersama Leipzig. Tercatat striker asal Jerman tersebut tampil dalam 159 laga dengan menciptakan 95 gol dan 40 assist.

Catatan tersebut juga membuatnya bercokol di posisi teratas dalam daftar top skor sepanjang sejarah RB Leipzig.

3. Dayot Upamecano - €42,5 Juta

Termasuk Upamecano, 5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas RB Leipzigskysports.com

Nama terbaru yang dilepas RB Leipzig, yakni Dayot Upamecano, menghuni posisi tiga. Nominal sebesar €42,5 juta atau Rp721 miliar harus dikucurkan Bayern Munchen untuk menebus bek tengah berpaspor Prancis tersebut. 

Wajar saja jika nilai transfer dari Upamecano begitu mahal. Di usianya yang baru menginjak 22 tahun, ia mampu memainkan peran sebagai seorang bek yang tangguh. 

Upamecano telah berseragam Leipzig sejak pertengahan musim 2016/2017 usai diboyong dari RB Salzburg. Total ia bermain dalam 140 laga dengan mengoleksi 4 gol dan 3 assist. Patut kita nantikan kiprahnya bersama Bayern Munchen musim depan. 

4. Matheus Cunha - €18 Juta

Termasuk Upamecano, 5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas RB Leipzigbundesliga.com

Selanjutnya ada Matheus Cunha, pemain berposisi striker keturunan Brasil. Ia dilepas RB Leipzig ke sesama tim Bundesliga, Hertha Berlin, dengan banderol €18 juta atau Rp305 miliar. Transfer tersebut terjadi pada pertengahan musim 2019/2020.

Cunha sendiri telah mengabdi untuk Leipzig sejak musim 2018/2019 setelah dipinang dari klub Swiss, FC Sion. Striker yang kini baru berusia 21 tahun tersebut tampil dalam 52 laga dengan mengemas 9 gol dan 3 assist.

5. Oliver Burke - €15,2 Juta

Termasuk Upamecano, 5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas RB Leipzigbundesliga.com

Oliver Burke melengkapi lima besar penjualan termahal RB Leipzig. Winger kanan asal Skotlandia tersebut dilepas ke West Bromwich Albion dengan dana sebesar €15,2 juta atau Rp257 miliar. Kesepakatan tersebut terealisasi pada musim panas 2017/2018.

RB Leipzig mendapatkan tanda tangan Burke pada musim 2016/2017 usai dibajak dari Nottingham Forest. Dalam kurun waktu 1 musim, ia merumput dalam 26 laga dengan hanya menorehkan 1 gol dan 2 assist. Saat ini, Burke aktif membela Sheffield United.

 

Itulah lima pemain termahal yang pernah dilepas RB Leipzig. Kira-kira, siapa pemain selanjutnya setelah Dayot Upamecano?

Baca Juga: 10 Pemain RB Leipzig dengan Gaji Tertinggi Musim 2020/2021

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya