5 Pemain Termahal yang Pernah Dibeli Leeds United, Nama-nama Besar!

Rodrigo menjadi pemain baru Leeds United

Leeds United merupakan salah satu tim promosi di Premier League musim 2020/2021. Di bursa transfer musim panas kali ini mereka berusaha meracik skuad terbaik demi bisa bersaing di Premier League musim depan. Rodrigo Moreno menjadi pemain baru yang resmi diboyong Leeds United beberapa waktu lalu.

Ia merupakan pemain berposisi penyerang yang didatangkan dari Valencia. Harga yang harus dibayarkan Leeds terbilang cukup mahal, yakni sebesar 30 juta euro. Nominal setinggi itu berhasil memecahkan rekor pembelian termahal dalam sejarah Leeds United. Termasuk Rodrigo, siapa sajakah pemain termahal yang pernah dibeli Leeds United?

1. Rodrigo Moreno - 30 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dibeli Leeds United, Nama-nama Besar!twitter.com/Football__Tweet

Rodrigo Moreno merupakan penyerang berkebangsaan Spanyol. Di musim 2019/20, ia tampil cukup apik di lini depan Valencia. Hal itulah yang membuat Leeds United berani merekrutnya meskipun harus mengeluarkan dana 30 juta euro kepada Valencia. 

Sebelum bergabung dengan Leeds, Rodrigo juga pernah berkiprah di Premier League selama satu musim bersama Bolton Wanderers. Kala itu ia menjadi pemain pinjaman dari Benfica. Dengan durasi kontrak hingga Juni 2024, patut kita nantikan penampilan Rodrigo bersama Leeds United.

2. Rio Ferdinand - 26 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dibeli Leeds United, Nama-nama Besar!joe.co.uk

Rio Ferdinand sempat menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Leeds United sebelum akhirnya digusur oleh Rodrigo. Ia diboyong oleh Leeds dari West Ham United dengan banderol 26 juta euro di musim 2000/01. Tentunya semua pencinta sepak bola tahu betapa hebatnya Rio Ferdinand sebagai seorang bek tengah.

Bersama Leeds, ia mengabdi selama dua musim. Dalam kurun waktu tersebut, Rio Ferdinand menjadi bek andalan The Whites. Sayangnya, ia tak mampu membawa Leeds United berprestasi. Bek asal Inggris tersebut kemudian hijrah ke Manchester United di musim 2002/03. Disitulah nama Rio Ferdinand kian melejit dan meraih banyak gelar. Ia memutuskan pensiun pada Juli 2015.

3. Robbie Keane - 18 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dibeli Leeds United, Nama-nama Besar!express.co.uk

Robbie Keane menjadi salah satu striker top dalam sejarah Premier League. Ia sempat membela Leeds United selama satu musim. Keane didatangkan oleh Leeds dari Inter Milan dengan biaya transfer 18 juta euro di musim 2001/02. 

Sama halnya dengan Rio Ferdinand, Keane juga tak bisa membawa Leeds berjaya. Kemudian penyerang asal Irlandia tersebut pindah ke Tottenham Hotspur di musim 2002/03. Lalu ia sempat membela Liverpool, Celtic, Aston Villa, dan LA Galaxy sebelum akhirnya pensiun pada November 2018.

Baca Juga: 6 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Leeds United, Milner Salah Satunya!

4. Helder Costa - 17,70 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dibeli Leeds United, Nama-nama Besar!skysports.com

Sebelum Rodrigo, Leeds United telah terlebih dahulu membeli Helder Costa di bursa transfer musim panas kali ini. Ia direkrut dari Wolves dengan banderol 17,70 juta euro. Helder Costa awalnya hanya berstatus pemain pinjaman dari Wolves. Namun, Leeds memutuskan untuk membelinya berkat performa apiknya.

Helder Costa merupakan pemain berposisi winger asal Portugal. Di musim 2019/20, ia tampil cukup mengesankan dan berhasil membawa Leeds juara EFL Championship dan promosi ke Premier League di musim depan. Ia dikontrak oleh Leeds United hingga Juni 2024.

5. Robbie Fowler - 16,80 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dibeli Leeds United, Nama-nama Besar!dailystar.co.uk

Robbie Fowler juga menjadi salah satu striker top di Premier League. Ia pernah membela Leeds United selama satu musim. Fowler dipinang oleh Leeds dari Liverpool dengan mahar 16,80 juta euro di musim 2001/02. Namun, selama berseragam The Whites, Fowler tak mampu memberi persembahan gelar juara untuk Leeds.

Lalu ia berpisah dengan Leeds di musim 2002/03 usai hijrah ke Manchester City. Fowler kemudian juga sempat berseragam Cardiff, Blackburn Rovers hingga klub Thailand, Muangthong United. Akhirnya, striker asal Inggris tersebut memutuskan untuk gantung sepatu pada Januari 2015.

Itulah 5 pemain termahal yang pernah dibeli oleh Leeds United. Siapakah pemain selanjutnya yang akan bergabung dengan Leeds United dengan banderol yang lebih mahal dari kelima pemain di atas?

Baca Juga: 3 Tim Championship yang Bisa Susul Leeds United ke Premier League

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya