6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Aston Villa, Nama-nama Tenar!

Para pemain hebat di masanya

Aston Villa merupakan salah satu tim peserta Premier League yang tak begitu difavoritkan. Namun, faktanya mereka merupakan pemilik tujuh gelar Liga Inggris sebelum berganti menjadi era Premier League. Dengan demikian, The Villa memiliki trofi Liga Inggris lebih banyak dari beberapa tim besar, seperti Manchester City, Chelsea dan Tottenham Hotspur. 

Sejarah hanyalah sebuah sejarah, di era sekarang Aston Villa benar-benar tak mampu bersaing di pentas Premier League bahkan harus naik turun kasta. Meski demikian, klub yang bermarkas di Villa Park Stadium tersebut tetap mampu menghasilkan beberapa pemain top yang dijualnya dengan banderol mahal. Berikut adalah 6 pemain termahal yang pernah dijual Aston Villa. 

1. Christian Benteke ke Liverpool - 46,5 juta euro

6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Aston Villa, Nama-nama Tenar!liverpoolfc.com

Christian Benteke menjadi nama teratas dalam daftar pemain termahal yang dijual Aston Villa. Striker berpaspor Belgia tersebut dilepas ke Liverpool dengan harga 46,5 juta euro. Transfer tersebut terjadi pada musim 2015/16. Harga semahal itu tak lepas dari moncernya penampilan Benteke kala itu. 

Aston Villa sendiri membeli Benteke dari klub Belgia, KRC Genk, hanya dengan banderol 8,8 juta euro di musim 2012/13. Selama tiga musim membela Aston Villa, pemain dengan tinggi badan 190 cm tersebut mencatatkan 101 penampilan dengan mencetak 49 gol dan 12 assist

2. Stewart Downing ke Liverpool - 22,8 juta euro

6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Aston Villa, Nama-nama Tenar!liverpoolecho.co.uk

Sebelum Christian Benteke, Aston Villa telah lebih dahulu menjual Stewart Downing ke Liverpool. Pemain berposisi gelandang sayap kiri tersebut hijrah ke Anfield Stadium pada musim 2011/12. Kala itu, The Reds harus membayar dana sebesar 22,8 juta euro. 

Aston Villa mendatangkan Downing dari Middlesbrough di musim 2009/10 dengan banderol 13 juta euro. Selama dua musim berseragam The Villa, pemain asal Inggris tersebut menorehkan 79 penampilan dengan catatan 11 gol dan 14 assist.

3. James Milner ke Manchester City - 22 juta euro

6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Aston Villa, Nama-nama Tenar!liverpoolecho.co.uk

James Milner juga menjadi salah satu pemain termahal yang pernah dijual Aston Villa. Ia mencatatkan nilai transfer sebesar 22 juta euro saat dilepas ke Manchester City. Transfer dari pemain berposisi gelandang tengah tersebut terjadi di musim 2010/11. 

Milner awalnya merapat di skuad The Villa sebagai pemain pinjaman sebelum dibeli pada musim 2008/09. Pemain berdarah Inggris tersebut didatangkan dari Newcastle United dengan harga 15 juta euro. Selama mengabdi di Villa Park Stadium, ia menciptakan 124 penampilan, 22 gol, dan 25 assist.

4. Dwight Yorke ke Manchester United - 19,25 juta euro

6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Aston Villa, Nama-nama Tenar!thesun.co.uk

Dwight Yorke menjadi nama yang lebih dulu familier dari pemain sebelumnya. Ia menduduki posisi keempat sebagai pemain termahal yang dijual Aston Villa. Striker asal Trinidad & Tobago tersebut dijual dengan banderol 19,25 juta euro ke Manchester United pada musim 1998/99. 

Aston Villa sendiri merupakan klub profesional pertama dan terlama yang dibelanya. Yorke bergabung di skuad The Villa pada pertengahan musim 1989/90. Ia mengabdi selama delapan setengah musim di Villa Park Stadium. Dalam kurun waktu selama itu, ia sukses tampil dalam 208 laga dengan mengemas 66 gol dan 3 assist

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Premier League Sepanjang Sejarah 

5. Ashley Young ke Manchester United - 18 juta euro

6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Aston Villa, Nama-nama Tenar!bleacherreport.com

Selain Dwight Yorke, Aston Villa juga pernah menjual pemainnya ke Manchester United dengan biaya transfer yang cukup mahal. Ia adalah Ashley Young yang dilepas ke Old Trafford pada musim 2011/12. Banderol senilai 18 juta euro harus dikucurkan The Red Devils untuk bisa menggaet pemain berposisi gelandang sayap kiri tersebut. 

Aston Villa mendatangkan Ashley Young dari Watford pada pertengahan musim 2006/07. Kala itu, pemain asal Inggris tersebut ditebus dengan nominal transfer 13,2 juta euro. Selama empat setengah musim berseragam The Villa, ia merumput dalam 190 laga dengan melesatkan 37 gol dan 59 assist

6. Gareth Barry ke Manchester City - 13,9 juta euro

6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Aston Villa, Nama-nama Tenar!express.co.uk

Pemain termahal keenam yang pernah dijual Aston Villa adalah Gareth Barry. Pemain berposisi gelandang bertahan tersebut dilepas ke Manchester City dengan banderol 13,9 juta euro. Transfer tersebut terjadi pada musim 2009/10. 

Gareth Barry merupakan salah satu produk lulusan akademi Aston Villa. Ia tampil di tim senior The Villa pada musim 1998/99. Ia membela Aston Villa dalam kurun waktu sebelas musim. Pemain berdarah Inggris tersebut sukses menorehkan 433 penampilan, 51 gol, dan 27 assist

Siapa sangka, ternyata tim sekelas Aston Villa mampu menghasilkan banyak pemain jempolan. Bahkan, beberapa di antaranya dijual ke tim lain dengan banderol yang tak murah. Siapa pemain selanjutnya yang akan dijual Aston Villa dengan banderol selangit?

Sumber

https://www.transfermarkt.com/aston-villa/rekordabgaenge/verein/405

https://www.transfermarkt.com/christian-benteke/profil/spieler/50201

https://www.transfermarkt.com/stewart-downing/profil/spieler/4063

https://www.transfermarkt.com/james-milner/profil/spieler/3333

https://www.transfermarkt.com/dwight-yorke/profil/spieler/3223

https://www.transfermarkt.com/ashley-young/profil/spieler/14086

https://www.transfermarkt.com/gareth-barry/profil/spieler/3291

Baca Juga: 8 Pemain Chinese Super League dengan Banderol Termahal 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya