Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund, Bertalenta!

Hanya satu pemain yang masih membela Dortmund

Borussia Dortmund dikenal sebagai tim penghasil bintang hebat dalam sejarah sepak bola. Mereka cukup bersahabat dengan para pemain muda dengan memberi kesempatan bermain lebih. Dengan demikian, para pemain muda tersebut bisa unjuk gigi hingga menjelma menjadi pemain bintang. 

Dari musim ke musim, selalu ada bintang baru yang lahir dari klub yang bermarkas di Signal Iduna Park tersebut. Beberapa di antaranya bahkan sukses tampil debut di usia yang masih sangat muda. Berikut adalah 5 pemain termuda yang debut bersama Borussia Dortmund. 

1. Nuri Sahin

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund, Bertalenta!bleacherreport.com

Nuri Sahin menjadi pemain termuda yang debut bersama Borussia Dortmund. Ia tampil perdana di usia 16 tahun 10 bulan 18 hari. Saat itu, Borussia Dortmund tengah menjamu SK Sigma Olomouc dalam ajang UEFA Intertoto Cup, 23 Juli 2005. 

Sahin sendiri merupakan salah satu pemain produk akademi Dortmund. Secara keseluruhan, ia tampil dalam 274 laga dengan menciptakan 26 gol dan 49 assist. Gelandang bertahan asal Turki tersebut kemudian berpisah dengan Dortmund di musim 2018/19 usai pindah ke Werder Bremen. Saat ini, ia aktif membela Antalyaspor. 

2. Ibrahim Tanko

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund, Bertalenta!sportbuzzer.de

Sebelum Nuri Sahin, debutan termuda Borussia Dortmund dipegang oleh Ibrahim Tanko. Ia mencatatkan debut di usia 17 tahun 1 bulan 30 hari. Waktu itu, Dortmund bertanding melawan VfB Stuttgart di pekan ke-6 Bundesliga musim 1994/95, 24 September 1994. 

Sama halnya dengan Sahin, Tanko juga merupakan pemain yang telah membela Dortmund sejak usia dini. Tercatat, ia merumput dalam 71 laga dengan mencetak 3 gol dan 3 assist. Pemain asal Ghana berposisi second striker tersebut tak lagi membela Dortmund di musim 2000/01 usai hijrah ke SC Freiburg. Ia kemudian memutuskan pensiun pada Juli 2007. 

3. Giovanni Reyna

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund, Bertalenta!90min.com

Selanjutnya terdapat nama Giovanni Reyna, bintang muda Amerika Serikat. Ia sukses tampil debut bersama Dortmund di usia 17 tahun 2 bulan 5 hari. Momen tersebut terjadi saat Dortmund bersua Augsburg di pekan ke-18 Bundesliga musim 2019/20, 18 Januari 2020. 

Reyna merupakan seorang gelandang serang yang menimba ilmu di akademi New York City FC. Sempat membela Dortmund U-19, ia kemudian promosi ke tim senior pada Januari 2020. Sejauh ini, Reyna baru mencatatkan 19 penampilan dengan menciptakan 1 gol dan 2 assist. Pemain berusia 17 tahun tersebut memiliki durasi kontrak hingga Juni 2021.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund, Jago Bisnis!

4. Christian Pulisic

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund, Bertalenta!en.as.com

Tak hanya Reyna, Amerika Serikat juga memiliki Christian Pulisic yang menjadi debutan termuda ke-empat Borussia Dortmund. Ia tampil perdana di usia 17 tahun 4 bulan 12 hari. Kala itu, Dortmund berlaga menghadapi FC Ingolstadt di pekan ke-19 Bundesliga musim 2015/16, 30 Januari 2016. 

Pulisic sendiri telah mengabdi bersama Dortmund mulai dari level usia U-17. Barulah pada Januari 2016 ia tampil bersama skuad senior Dortmund. Total, Pulisic tampil bersama Die Borussen dalam 127 laga dengan mengoleksi 19 gol dan 26 assist. Winger kiri berusia 21 tahun tersebut berpisah dengan Dortmund di musim 2018/19 usai hijrah ke Chelsea. 

5. Marc-Andre Kruska

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund, Bertalenta!goal.com

Pemain termuda ke-lima yang debut bersama Borussia Dortmund adalah Marc-Andre Kruska. Ia tampil debut di usia 17 tahun 4 bulan 15 hari. Saat itu, Dortmund bermain kontra FC Kaiserslautern di pekan ke-13 Bundesliga musim 2004/05, 13 November 2004. 

Kruska juga merupakan pemain produk akademi Borussia Dortmund. Ia memiliki posisi dominan sebagai seorang gelandang. Selama berseragam Dortmund, ia tampil dalam 107 laga dengan mengemas 2 gol dan 4 assist. Kruska memutuskan berpisah dengan Dortmund di musim 2008/09 usai dibajak Club Brugge. Pemain asal Jerman tersebut saat ini aktif membela FC Frohlinde. 

Menurutmu, siapa yang tampil paling bersinar di antara kelima pemain di atas?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Setelah Borussia Dortmund Tumbangkan FC Schalke

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya