5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Brasil Sejak Pergantian Abad

Ada pemain Brasil favoritmu?

Brasil merupakan negara kuat dari benua Amerika dengan koleksi gelar Piala Dunia terbanyak. Mereka menjadi negara dengan segudang pemain berbakat. Dari era ke era, Negeri Samba tak pernah kehabisan talenta. Pele, Ronaldo Nazario dan Ronaldinho, menjadi beberapa nama yang begitu melegenda di timnas Brasil. 

Sejak pergantian abad, Brasil juga telah sukses melahirkan bintang baru yang tak kalah hebat dari para legendanya. Beberapa di antaranya bahkan mampu tampil debut di usia yang masih belia. Lalu, siapa sajakah pemain termuda yang sukses catatkan debut di timnas Brasil sejak pergantian abad?

1. Diego Ribas

5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Brasil Sejak Pergantian Abadsportzbonanza.com

Pemain termuda yang debut di timnas Brasil sejak pergantian abad adalah Diego Ribas. Ia tampil debut di usia 18 tahun 2 bulan 2 hari. Saat itu, Brasil bersua Meksiko dalam laga persahabatan, 30 April 2003.

Di laga tersebut, Diego masuk menggantikan Zé Roberto di menit ke-84. Pemain berposisi gelandang serang tersebut secara keseluruhan tampil bersama timnas Brasil dalam 34 laga dengan mencetak 4 gol dan 2 assist. Saat ini, ia sudah tidak memperkuat timnas Brasil. 

2. Marcelo

5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Brasil Sejak Pergantian Abadskysports.com

Marcelo merupakan salah satu bek kiri terbaik di dunia saat ini. Ia menjadi debutan termuda ke-dua di timnas Brasil sejak pergantian abad. Bek andalan Real Madrid tersebut tampil perdana di usia 18 tahun 3 bulan 24 hari. Waktu itu, Brasil bertanding melawan Wales di laga persahabatan, 5 September 2006. 

Dalam laga itu, Marcelo tampil selama 74 menit dan sukses menyarangkan satu gol. Pemain berusia 32 tahun tersebut total telah mencatatkan 58 penampilan dengan torehan 6 gol dan 12 assist. Namun, saat ini Marcelo tidak dipanggil untuk membela timnas Brasil. 

3. Philippe Coutinho

5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Brasil Sejak Pergantian Abadeurosport.com

Philippe Coutinho juga menjadi pemain asal Brasil yang begitu familier saat ini. Ia tampil debut di usia 18 tahun 3 bulan 25 hari. Kala itu, pemain berposisi gelandang serang tersebut membela timnas Brasil dalam laga persahabatan kontra Iran, 7 Oktober 2010. 

Di laga debutnya tersebut, Coutinho bermain selama babak pertama. Bintang Barcelona tersebut total telah merumput dalam 62 laga bersama timnas Brasil dengan mengoleksi 17 gol dan 10 assist. Saat ini, ia masih dipercaya untuk memperkuat kesebelasan timnas Brasil.

Baca Juga: 10 Pemain Brasil Termahal yang Dibeli Klub Premier League, Fantastis!

4. Doria

5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Brasil Sejak Pergantian Abadalchetron.com

Selanjutnya terdapat nama Doria, seorang pemain berposisi bek tengah. Ia tampil untuk pertama kalinya bersama timnas Brasil di usia 18 tahun 4 bulan 29 hari. Saat itu, Brasil berjumpa Bolivia dalam laga persahabatan, 6 April 2013. 

Di laga tersebut, Doria bermain di menit 87 usai masuk menggantikan Dede. Sayangnya, itu merupakan satu-satunya laga yang pernah dijalaninya bersama timnas Brasil. Hingga saat ini, bek berusia 25 tahun tersebut tak pernah kembali dipanggil timnas Brasil. 

5. Neymar

5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Brasil Sejak Pergantian Abadskysports.com

Pemain termuda terakhir yang debut di timnas Brasil sejak pergantian abad adalah Neymar. Tentunya, semua pencinta sepak bola sudah mengetahui kehebatan Neymar. Ia tampil debut di usia 18 tahun 6 bulan 5 hari. Waktu itu, Brasil tengah menjamu Amerika Serikat dalam laga persahabatan, 10 Agustus 2010. 

Di laga itu, Neymar bermain selama 72 menit dan menciptakan satu gol. Winger kiri andalan PSG tersebut, sejauh ini telah merumput dalam 101 laga bersama timnas Brasil dengan melesatkan 61 gol dan 41 assist. Sampai sekarang, Neymar masih aktif membela timnas Brasil. 

Siapakah pemain Brasil lainnya yang akan mencatatkan debut di usia yang lebih muda dari kelima pemain di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Brasil yang Datang ke Indonesia Bukan Wonderkid

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya