6 Pemain Timnas Senegal yang Tak Merumput di Piala Dunia 2022

Hanya menjadi penyemangat rekan-rekannya di lapangan

Juara Piala Afrika 2021, Timnas Senegal, gagal melangkah jauh di Piala Dunia 2022 Qatar. Langkah mereka terjegal di tangan Inggris pada babak 16 besar.

Sebelumnya, The Lions of Teranga, julukan Senegal, lolos dari persaingan Grup A yang diisi Qatar, Belanda, dan Ekuador. Mereka melenggang ke babak gugur dengan status runner-up di bawah Belanda. 

Kekecewaan pastinya dirasakan oleh para pemain Senegal. Apalagi, beberapa di antara mereka belum sempat berjuang untuk negaranya. 

Dari 26 nama yang dibawa sang pelatih, Aliou Cisse, berikut deretan pemain Senegal yang tak sempat berlaga di Piala Dunia 2022.

1. Alfred Gomis

6 Pemain Timnas Senegal yang Tak Merumput di Piala Dunia 2022Alfred Gomis (instagram.com/alfredgom1s)

Sosok pertama dari posisi kiper, yaitu Alfred Gomis. Ia merupakan kiper berusia 29 tahun yang hanya duduk manis di bangku cadangan sembari menyaksikan kiper utama Senegal, Edouard Mendy, tampil di atas lapangan. 

Gomis sendiri saat ini menjadi salah satu penggawa Stade Rennes. Ia telah debut untuk Timnas Senegal pada 14 November 2017 dan total sudah tampil sebanyak 14 kali disertai 8 clean sheet

2. Seny Dieng

6 Pemain Timnas Senegal yang Tak Merumput di Piala Dunia 2022Seny Dieng (instagram.com/sdieng1)

Selain Alfred Gomis, Seny Dieng juga hanya menjadi kiper pelapis Timnas Senegal di Piala Dunia 2022. Ia tak diberi kesempatan tampil sedetik pun untuk mengawal gawang Senegal dari kebobolan. 

Seny sudah berada di skuad Timnas Senegal sejak tahun 2021 silam. Kiper milik Queens Park Rangers berumur 28 tahun ini debut pada 30 Maret 2021. Ia total baru tampil 4 kali dengan catatan 2 clean sheet

3. Formose Mendy

6 Pemain Timnas Senegal yang Tak Merumput di Piala Dunia 2022Formose Mendy (instagram.com/formosemendy_05)

Formose Mendy merupakan bek muda Timnas Senegal berusia 21 tahun. Minimnya jam terbang tampaknya menjadi pertimbangan sang pelatih, Aliou Cisse, untuk tidak memainkannya.

Bek tengah yang membela Amiens SC ini memang baru menciptakan debut pada 24 September 2022. Jumlah penampilan Mendy pun masih sangat sedikit, yaitu dua caps

Baca Juga: Aliou Cisse, Sukses sebagai Pemain maupun Pelatih di Timnas Senegal

4. Moussa N'Diaye

6 Pemain Timnas Senegal yang Tak Merumput di Piala Dunia 2022Moussa N'Diaye (instagram.com/ndiaye_moussa02l

Moussa N'Diaye juga menjadi bek muda yang tak dimainkan Timnas Senegal di Piala Dunia 2022. Bek kiri yang masih berusia 20 tahun ini tak mendapat pengalaman berharga setelah hanya duduk di bangku cadangan. 

N'Diaye saat ini dikontrak klub Belgia, RSC Anderlecht. Ia sendiri belum mencatatkan debut bersama Timnas Senegal. Padahal, jika ia diberi kesempatan bermain semenit saja di Piala Dunia 2022, itu sudah menjadi debut berkesan baginya. 

5. Mamadou Loum

6 Pemain Timnas Senegal yang Tak Merumput di Piala Dunia 2022Mamadou Loum (instagram.com/loumyto_fire)

Dari sektor gelandang, ada sosok Mamadou Loum. Ia hanya menjadi penonton VVIP Timnas Senegal di bangku cadangan dalam empat laga yang dimainkan di Piala Dunia 2022.

Mamadou membela Timnas Senegal sejak debut pada 26 Maret 2019. Gelandang bertahan berusia 25 tahun milik Reading FC ini total baru membukukan tiga caps bersama The Lions of Teranga. 

6. Moustapha Name

6 Pemain Timnas Senegal yang Tak Merumput di Piala Dunia 2022Moustapha Name (instagram.com/moustapha.name)

Moustapha Name juga termasuk pemain Timnas Senegal yang tak menorehkan penampilan di Piala Dunia 2022. Sama halnya dengan Mamadou Loum, ia merupakan seorang gelandang yang tak diturunkan Senegal untuk membantu permainan. 

Moustapha Name sendiri saat ini terikat kontrak dengan klub asal Siprus, Pafos FC. Pemain berusia 27 tahun ini menorehkan debutnya bersama Timnas Senegal pada 11 November 2022. Hingga kini, Moustapha baru mengemas enam caps

Keenam pemain di atas harus terus meningkatkan kualitasnya agar nantinya bisa diandalkan Timnas Senegal. Mereka juga harus bersabar menunggu empat tahun lagi untuk bisa kembali ikut Piala Dunia. Itu pun, kalau Senegal berhasil lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Membela Timnas Senegal di Piala Dunia 2022

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya