Comscore Tracker

Termasuk Robben, Inilah 7 Pemain Top yang Pernah Membela FC Groningen

Ada gak nih pemain idolamu?

Baru-baru ini pesepak bola Arjen Robben mengejutkan publik usai memutuskan bergabung dengan Eredivisie Belanda, FC Groningen. Padahal, ia sempat memutuskan gantung sepatu sejak Juli 2019 lalu. Bagi Robben, FC Groningen merupakan klub saat dirinya masih belia.

Robben menimba ilmu sepak bola di akademi FC Groningen. Bisa dibilang ia merupakan salah satu produk terbaik lulusan akademi tersebut. Tak hanya Robben, FC Groningen juga pernah menjadi tempat berlabuh bagi beberapa pemain top dunia di awal kariernya. Berikut kami rangkum 7 pemain top dunia yang pernah membela FC Groningen termasuk Arjen Robben. Simak baik-baik ulasannya, ya!

1. Ronald Koeman

Termasuk Robben, Inilah 7 Pemain Top yang Pernah Membela FC Groningentwitter.com/futbolretroes

Ronald Koeman, namanya tentu sudah sangat familier di kalangan pecinta sepak bola. Ia merupakan salah satu pemain terbaik di era 90-an. Bermain sebagai sweeper, Koeman dikenal sebagai sosok yang tangguh dalam menjaga pertahanan tim. Di awal kariernya, Koeman sempat membela tim junior FC Groningen U-19.

Kemudian, Koeman dipromosikan ke tim senior pada musim 1980/1981. Total, ia hanya mencatatkan 10 penampilan dengan mengemas 8 gol. Barulah, nama Koeman mulai mencuat saat bermain untuk Ajax, PSV Eindhoven, Barcelona, dan Feyenoord. Ia memutuskan pensiun pada tahun 1997. Usai gantung sepatu, Koeman terjun ke dunia kepelatihan dan saat ini tengah menukangi timnas Belanda.

2. Luis Suarez

Termasuk Robben, Inilah 7 Pemain Top yang Pernah Membela FC Groningen90min.com

Bintang Barcelona, yakni Luis Suarez, juga menjadi salah satu pemain top yang pernah membela FC Groningen. Suarez berseragam FC Groningen selama semusim, tepatnya musim 2006/2007. Saat itu usianya baru menginjak 19 tahun. Meski masih belia, Suarez telah dipercaya tampil dalam 37 laga dengan menorehkan 15 gol dan 7 assist.

Melihat catatan Suarez yang sangat impresif, akhirnya Ajax merekrut pemain berdarah Uruguay tersebut dengan banderol 7,50 juta euro di musim 2007/2008. Bersama Ajax, nama Suarez mulai dikenal banyak orang. Lalu, kariernya semakin melesat saat berseragam Liverpool dan Barcelona. Hingga saat ini, Suarez masih menjadi striker andalan di skuat El Barca.

3. Daley Blind

Termasuk Robben, Inilah 7 Pemain Top yang Pernah Membela FC Groningengoalsandglamour.nl

Daley Blind adalah seorang pemain berposisi bek. Tercatat, ia pernah berseragam FC Groningen di musim 2009/2010 sebagai pemain pinjaman Ajax Amsterdam. Namun, Blind membela FC Groningen hanya dalam kurun waktu setengah musim. Dalam waktu sesingkat itu, Blind hanya tampil dalam 19 laga dengan mencatatkan satu assist. Setelah masa peminjaman berakhir, Blind kembali memperkuat Ajax.

Beberapa musim kemudian, performa pemain berdarah Belanda tersebut semakin apik dan membuat Manchester United kepincut. Akhirnya, United memboyong Blind di musim 2014/2015 dengan mahar 17,50 juta euro. Bersama United, Blind semakin dikenal banyak orang. Namun, Ajax kembali memulangkannya di musim 2018/2019 dengan biaya transfer 16 juta euro. Ia pun menjadi bek tangguh andalan Ajax hingga saat ini.

Baca Juga: [BREAKING] Setelah 18 Tahun, Arjen Robben Akhirnya Pulang ke Groningen!

4. Dusan Tadic

Termasuk Robben, Inilah 7 Pemain Top yang Pernah Membela FC Groningenvi.nl

Pemain top selanjutnya yang pernah berseragam FC Groningen adalah Dusan Tadic. Pemain berposisi winger tersebut menjadi bagian di skuat FC Groningen pada musim 2010/2011 usai didatangkan dari klub asal Serbia, Vojvodina, dengan banderol 1,10 juta euro. Tercatat, Tadic mengabdi untuk FC Groningen selama dua musim dengan catatan 76 laga, 14 gol, dan 32 assist.

Setelah tak lagi berseragam FC Groningen, Tadic sempat berkiprah di Premier League bersama Southampton selama empat musim. Bersama klub Premier League tersebut, karier Tadic meningkat drastis. Akhirnya, Ajax membajak pemain berdarah Serbia tersebut dengan banderol 11,40 juta euro di musim 2018/2019. Sampai saat ini, Tadic masih menjadi andalan di lini depan Ajax.

5. Virgil van Dijk

Termasuk Robben, Inilah 7 Pemain Top yang Pernah Membela FC Groningengoal.com

Pencinta sepak bola di seluruh dunia pastinya setuju jika menyebut Virgil van Dijk sebagai salah satu bek terbaik di dunia saat ini. Sebelum namanya meroket, van Dijk juga sempat berseragam FC Groningen. Ia tergabung dalam skuat FC Groningen U-21 di musim 2010/2011. Semusim berselang, van Dijk berhasil promosi ke tim senior. Tercatat, bek berdarah Belanda tersebut bermain untuk FC Groningen senior dalam dua musim dengan mencatatkan 66 laga, 7 gol, dan 5 assist.

Kemudian van Dijk sempat membela Celtic dan Southampton sebelum akhirnya membela Liverpool. The Reds memboyong pemain berdarah Belanda tersebut dari Southampton dengan banderol 84,65 juta euro di musim 2017/2018. Bersama Liverpool, performa van Dijk meningkat pesat dan namanya semakin terkenal. Ia menjelma menjadi bek yang menakutkan bagi para penyerang. Beberapa hari yang lalu, van Dijk berhasil mengangkat trofi Premier League bersama Liverpool.

6. Oussama Idrissi

Termasuk Robben, Inilah 7 Pemain Top yang Pernah Membela FC Groningenrtvnoord.nl

Oussama Idrissi merupakan winger milik AZ Alkmaar yang saat ini tengah mencuri perhatian. Sebelum sementereng sekarang, Idrissi sempat berlabuh untuk FC Groningen. Ia bergabung bersama FC Groningen U-21 di musim 2015/2016. Setengah musim berselang, Idrissi berhasil menembus skuat FC Groningen di level senior. Selama satu musim membela klub tersebut, ia berhasil tampil dalam 64 laga dengan torehan 13 gol dan 11 assist.

Melihat bakat memukau Idrissi, AZ Alkmaar akhirnya merekrut pemain berdarah Maroko tersebut. AZ harus merogoh kocek sebesar 2 juta euro. Bersama klub barunya, Idrissi mengalami peningkatan performa yang cukup meyakinkan. Ia menjadi andalan di lini depan salah satu klub Eredivisie tersebut. Di musim ini, Idrissi telah tampil dalam 42 laga di semua ajang. Dari laga sebanyak itu, pemain berusia 24 tahun tersebut sukses menciptakan 17 gol dan 10 assist.

7. Arjen Robben

Termasuk Robben, Inilah 7 Pemain Top yang Pernah Membela FC Groningentwitter.com/ChampionsLeague

Pemain terakhir di daftar ini tentunya diisi oleh Arjen Robben. Seperti yang dituturkan di awal, Robben baru saja mengikat kontrak dengan FC Groningen. Hal itu sontak membuat publik terkejut. Pasalnya, pemain berdarah Belanda tersebut sempat memutuskan pensiun pada Juli 2019 lalu. Pemain yang telah melanglang buana bersama tim sekelas PSV Eindhoven, Chelsea, Real Madrid, dan Bayern Munchen tersebut tentunya sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Perlu diketahui, Robben merupakan produk lulusan akademi FC Groningen. Di awal kariernya ia sempat tergabung di skuat FC Groningen U-17 dan U-19. Barulah, Robben berhasil promosi ke tim senior di musim 2000/2001. Tercatat, pemain berposisi winger tersebut membela FC Groningen di level senior dalam waktu satu setengah musim dengan catatan 52 laga, 12 gol, dan 5 assist. Puncak karier Robben terjadi saat dirinya berseragam Bayern Munchen. Di usianya yang saat ini menginjak 36 tahun, patut kita nantikan kiprah Robben di periode kedua bersama FC Groningen.

FC Groningen bukanlah salah satu klub besar di Eropa. Namun, mereka mampu menunjukkan bahwa ada beberapa pemain top dunia yang pernah berkarier bersama klub asal Belanda tersebut. Dari tujuh pemain di atas, adakah pemain favoritmu?

Baca Juga: Selain Robben, 7 Pemain Ini Kembali Bermain Setelah Sempat Pensiun

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya