6 Pemain Top yang Pernah Memperkuat FC Basel, Ada Mohamed Salah!

Kualitasnya gak diragukan lagi

FC Basel merupakan salah satu tim besar dan sukses asal Swiss. Klub berjuluk Bebbi tersebut kerap mewakili negaranya di pentas Eropa. Namun, mereka tak mampu bersaing dengan tim-tim top lainnya. Meski demikian, Basel pernah menjadi tempat bagi beberapa pemain top untuk menimba ilmu atau memulai karier.

Sebut saja Mohamed Salah, ia merupakan salah satu pemain ternama yang pernah mengabdi untuk FC Basel. Bebbi menjadi saksi perjalanan karier pemain asal Mesir tersebut sebelum setenar sekarang. Termasuk Salah, siapa sajakah pemain top yang pernah memperkuat FC Basel? Berikut ulasannya.

1. Yann Sommer

6 Pemain Top yang Pernah Memperkuat FC Basel, Ada Mohamed Salah!fussball.ch

Yann Sommer merupakan salah satu kiper top di era saat ini. Sebelum namanya familier bersama Borussia Monchengladbach, ia telah lebih dahulu membela FC Basel. Sommer menimba ilmu di akademi FC Basel selama tiga tahun (2003-2006). Ia lalu berhasil mencatatkan debut bersama tim senior Basel di musim 2006/07.

Dalam perjalanannya, ia juga sempat dipinjamkan ke dua tim Swiss lainnya, yakni FC Vaduz dan Grasshopers. Tercatat, ia aktif bermain untuk FC Basel selama lima setengah musim. Sommer merumput dalam 170 laga dengan torehan 170 kebobolan dan 65 clean sheet. Barulah di musim 2014/15, kiper asal Swiss tersebut hijrah ke Monchengladbach. Kontraknya masih tersisa hingga Juni 2023.

2. Granit Xhaxha

6 Pemain Top yang Pernah Memperkuat FC Basel, Ada Mohamed Salah!twitter.com/ThrowbackAFC

Pemain top kedua yang pernah membela FC Basel adalah Granit Xhaxha. Ia mulai meniti karier dengan belajar sepak bola di akademi FC Basel selama lima tahun (2003-2008). Pemain berposisi gelandang bertahan tersebut kemudian dipromosikan ke tim senior Basel di musim 2010/11.

Xhaxha aktif berseragam Basel selama dua musim. Ia tercatat bermain dalam 67 laga dengan menciptakan 3 gol dan 7 assist. Sebelum pindah ke Arsenal, ia terlebih dahulu membela Borussia Monchengladbach dalam waktu empat musim. Pemain asli Swiss tersebut lalu bergabung dengan The Gunners di musim 2016/17. Ia diikat kontrak hingga Juni 2023. 

3. Xherdan Shaqiri

6 Pemain Top yang Pernah Memperkuat FC Basel, Ada Mohamed Salah!fussball.ch

Selanjutnya terdapat sosok Xherdan Shaqiri, pemain top berposisi winger kanan. Ia juga sempat mengasah bakat sepak bolanya di akademi FC Basel selama delapan tahun (2000-2008). Ia kemudian mulai membela tim senior Basel di musim 2009/10. Shaqiri tercatat mengabdi selama tiga musim.

Dalam kurun waktu tersebut, ia tampil dalam 130 laga dengan mencetak 23 gol dan 27 assist. Namanya mulai populer setelah berkarier bersama beberapa tim top, seperti Bayern Munchen, Inter, dan Stoke City. Tepat di musim 2018/19, Shaqiri merapat ke skuad Liverpool. Pemain berusia 29 tahun tersebut memiliki masa bakti dengan The Reds hingga Juni 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Top Jebolan Akademi Sporting Lisbon, Ronaldo Salah Satunya!

4. Ivan Rakitic

6 Pemain Top yang Pernah Memperkuat FC Basel, Ada Mohamed Salah!eurosport.com

Ivan Rakitic juga tak kalah familier dari ketiga pemain sebelumnya. Ia mengawali karier dengan memperkuat FC Basel U-21 selama satu musim di musim 2004/05. Pemain berposisi gelandang tengah tersebut kemudian membela tim senior Basel di musim 2005/06 hingga 2006/07.

Rakitic tercatat bermain dalam 50 laga bersama Basel dengan mengemas 11 gol dan 1 assist. Namanya kian melejit setelah malang melintang bersama Schalke, Barcelona, dan Sevilla. Mulai musim 2020/21, gelandang berdarah Kroasia tersebut kembali berseragam Sevilla. Ia memiliki durasi kontrak hingga Juni 2024.

5. Mohamed Elneny

6 Pemain Top yang Pernah Memperkuat FC Basel, Ada Mohamed Salah!twitter.com/ThrowbackAFC

Mohamed Elneny merupakan pemain berposisi gelandang bertahan. Ia juga menjadi salah satu pemain top yang pernah berseragam FC Basel. Mengawali karier bersama klub Mesir, El Mokawloon, ia kemudian dipinang FC Basel pada musim 2013/14. Sebelum dipermanenkan, ia sempat berstatus pemain pinjaman selama setengah musim.

Tercatat, Elneny berkarier bersama Basel selama tiga musim. Ia menorehkan 144 penampilan, 10 gol, dan 8 assist. Barulah di pertengahan musim 2015/16, ia direkrut Arsenal. Di Emirates Stadium, pemain berkebangsaan Mesir tersebut dikontrak hingga Juni 2022.

6. Mohamed Salah

6 Pemain Top yang Pernah Memperkuat FC Basel, Ada Mohamed Salah!see.news

Pemain top terakhir yang pernah memperkuat FC Basel adalah Mohamed Salah. Bisa dibilang, ia merupakan pemain terbaik di antara pemain sebelumnya. Sama halnya dengan Elneny, Salah juga memulai kariernya dengan membela klub Mesir, El Mokawloon. Kemudian ia direkrut FC Basel pada musim 2012/13. Namun, kiprahnya hanya bertahan selama satu setengah musim.

Dalam waktu sesingkat itu, pemain berposisi winger kanan tersebut merumput dalam 79 laga dengan membukukan 20 gol dan 17 assist. Lalu, namanya mulai dikenal publik usai berkiprah bersama tim besar Chelsea, AS Roma, dan Liverpool. Performanya mulai konsisten sejak berseragam The Reds di musim 2017/18. Kontraknya di Anfield Stadium tersisa hingga Juni 2023.

Tak ada yang menyangka, tim sekelas FC Basel mampu melahirkan atau pernah menjadi tempat awal untuk berkarier bagi kelima pemain top di atas. Selain mereka, adakah pemain top lainnya yang kalian tahu?

Baca Juga: 5 Pemain Top Aktif Jebolan Real Madrid Castilla, Mata Hingga Morata!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya