7 Pemain Berkebangsaan Ukraina yang Pernah Berkarier di Premier League

Ada dua pemain yang masih aktif berkarier

Ukraina bukanlah sebuah negara dengan sejarah sepak bola yang bisa dikatakan unggul. Kiprah negara yang berada di kawasan Eropa Timur tersebut belum begitu mentereng, baik di pentas Eropa maupun dunia.

Meski demikian, Ukraina sejatinya memiliki sejumlah pemain top dari era ke era. Bahkan, ada di antara mereka yang pernah merasakan kompetisi top dunia sekelas Premier League. Berikut kami sajikan tujuh pemain asal Ukraina yang pernah berkarier di Premier League.

1. Oleksandr Yevtushok

7 Pemain Berkebangsaan Ukraina yang Pernah Berkarier di Premier Leaguepremierleague.com

Pemain asal Ukraina pertama yang pernah berkarier di Premier League adalah Oleksandr Yevtushok. Ia didatangkan Coventry City dari Dnipro pada Januari 1997 dan bertahan hingga akhir musim 1996/1997.

Dalam kurun waktu yang singkat tersebut, Yevtushok pun tak banyak mendapat kesempatan bermain. Sebagai seorang bek tengah, ia hanya pernah tampil dalam 3 laga di Premier League. Selepas dari Coventry, ia membela dua klub Ukraina sebelum pensiun pada tahun 2001.

2. Oleg Luzhnyi

7 Pemain Berkebangsaan Ukraina yang Pernah Berkarier di Premier Leaguearsenal.com

Selanjutnya ada nama Oleg Luzhnyi, pemain Ukraina yang berposisi bek kanan. Sepanjang kariernya, ia pernah membela dua klub Premier League, yakni Arsenal dan Wolverhampton Wanderers. Awalnya, ia bergabung dengan Arsenal pada musim 1999/2000 setelah direkrut dari Dynamo Kyiv.

Empat musim berselang, barulah Luzhnyi pindah ke Wolves dan bertahan selama semusim. Secara keseluruhan, ia tampil dalam 81 laga di Premier League dengan mencetak 5 assist. Ia juga pernah meraih trofi Premier League bersama Arsenal musim 2001/2002. Luzhnyi menepi dari lapangan hijau pada tahun 2006.

3. Sergiy Rebrov

7 Pemain Berkebangsaan Ukraina yang Pernah Berkarier di Premier Leaguefootball.london

Sergiy Rebrov merupakan pemain Ukraina yang beroperasi sebagai seorang second striker. Ia pernah merasakan atmosfer Premier League bersama Tottenham Hotspur. Ia didatangkan Spurs dari Dynamo Kyiv pada musim 2000/2001.

Di dua musim awal, ia menjadi andalan Spurs di lini depan. Namun, setelahnya Rebrov dipinjamkan ke Fenerbahce hingga akhirnya dilepas ke West Ham United pada musim 2004/2005. Tercatat ia bermain dalam 59 laga di Premier League dengan menciptakan 10 gol dan 1 assist. Rebrov gantung sepatu sejak tahun 2009.

Baca Juga: 9 Destinasi Menakjubkan yang Wajib Dikunjungi Saat di Ukraina 

4. Andriy Shevchenko

7 Pemain Berkebangsaan Ukraina yang Pernah Berkarier di Premier Leagueskysports.com

Pemain Ukraina yang satu ini mungkin tak asing di kalangan pencinta sepak bola. Ia adalah Andriy Shevchenko, striker top yang pernah berseragam Chelsea. Ia bergabung dengan The Blues pada musim 2006/2007 setelah direkrut dari AC Milan dengan mahar €43,88 juta atau Rp770 miliar. Banderol mahal tersebut tak lepas dari performa apik yang dibawanya dari Milan kalau itu.

Sayangnya, Shevchenko justru tampil melempem di Stamford Bridge. Tercatat ia bermain dalam 48 laga di Premier League dengan mengemas 9 gol dan 8 assist. Penampilan kurang memuaskan tersebut membuatnya dipinjamkan ke klub lamanya, AC Milan, musim 2008/2009. Shevchenko lalu benar-benar dilepas Chelsea pada musim 2009/2010 dan bergabung ke Dynamo Kyiv. Ia akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 2012.

5. Andriy Voronin

7 Pemain Berkebangsaan Ukraina yang Pernah Berkarier di Premier Leagueskysports.com

Berikutnya ada sosok Andriy Voronin yang bermain sebagai seorang second striker. Ia pernah menjadi bagian di skuad Liverpool dalam waktu satu setengah musim. The Reds merekrutnya dari Bayer Leverkusen pada musim 2007/2008.

Di musim perdana, Voronin cukup diandalkan Liverpool. Namun, di musim berikutnya ia dipinjamkan ke Hertha Berlin. Sempat kembali ke Anfield selama setengah musim, ia akhirnya hengkang ke Dinamo Moscow pada Januari 2010.

Secara total, Voronin bermain dalam 27 laga di Premier League dengan mengoleksi 5 gol dan 3 assist. Selain Dinamo Moscow, ia juga pernah membela Fortuna Düsseldorf. Ia tak lagi aktif bermain sejak tahun 2015.

6. Oleksandr Zinchenko

7 Pemain Berkebangsaan Ukraina yang Pernah Berkarier di Premier Leagueinstagram.com/zinchenko_96

Oleksandr Zinchenko menjadi pemain Ukraina yang kini masih aktif berkarier di Premier League. Ia telah berseragam Manchester City sejak musim 2016/2017 usai direkrut dari FK Ufa. Namun, di musim debutnya, ia langsung dipinjamkan ke PSV Eindhoven. 

Zinchenko baru mulai diberi kesempatan tampil oleh City pada musim 2017/2018. Sebagai seorang bek kiri, ia telah diandalkan City dalam 57 laga di Premier League dengan menorehkan 3 assist. Ia juga telah mencicipi 2 gelar Premier League. Bek berusia 24 tahun tersebut masih terikat kontrak hingga Juni 2024.

7. Andriy Yarmolenko

7 Pemain Berkebangsaan Ukraina yang Pernah Berkarier di Premier Leagueskysports.com

Pemain Ukraina terakhir yang pernah berkarier di Premier League adalah Andriy Yarmolenko. Ia kini juga masih aktif membela West Ham United. Ia bergabung dengan The Hammers pada musim 2018/2019 usai pindah dari Borussia Dortmund. 

Yarmolenko beroperasi sebagai seorang winger kanan. Hingga kini, ia telah turun dalam 46 laga dengan mencetak 7 gol dan 3 assist. Namun, ketika performa West Ham menanjak di musim ini, perannya justru menurun ketimbang musim sebelumnya. Winger berusia 31 tahun tersebut masih memiliki kontrak hingga Juni 2022.

 

Itulah tujuh pemain asal Ukraina yang pernah mentas di Premier League. Dari ketujuh pemain Ukraina di atas, siapa yang paling berkesan menurut kalian?

Baca Juga: Militer Rusia Tarik Mundur Pasukan, AS dan Ukraina Terus Waspada

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya