5 Pemain Asal Uruguay dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Luis Suarez tampil paling mengesankan

Uruguay merupakan salah satu negara dengan kualitas sepak bola yang mumpuni. Negara yang berada di wilayah Amerika Selatan tersebut kerap melahirkan pemain-pemain hebat yang malang melintang di kompetisi top dunia, tak terkecuali Premier League.

Dalam sejarah, terdapat 23 pemain berdarah Uruguay yang pernah mencicipi ketatnya persaingan Premier League. Lantas, tahukah kamu siapa saja di antara mereka yang mencatatkan penampilan terbanyak di Premier League? Berikut ulasan lengkapnya! 

1. Gustavo Poyet - 186 penampilan

5 Pemain Asal Uruguay dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com

Gustavo Poyet menjadi pemain asal Uruguay yang paling sering main di Premier League. Ia memulai kiprahnya di kompetisi kasta tertinggi Inggris bersama Chelsea pada musim 1997/1998. Empat musim berselang, Poyet kemudian hengkang ke Tottenham Hotspur. 

Sebagai seorang gelandang serang, ia bermain dalam 186 laga di Premier League. Dari jumlah laga tersebut, Poyet mampu menciptakan 54 gol dan 4 assist. Meski membela dua klub besar, sayangnya ia tak berhasil sekali pun merengkuh trofi Premier League. Spurs menjadi klub terakhir yang dibelanya sebelum memutuskan pensiun pada Juli 2004.

2. Luis Suarez - 110 penampilan

5 Pemain Asal Uruguay dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Luis Suarez bisa dibilang sebagai pemain Uruguay terbaik yang pernah mentas di Premier League. Mengawali karier bersama Nacional dan sempat juga berkiprah di Belanda, ia kemudian bergabung dengan Liverpool pada pertengahan musim 2010/2011.

Selama tiga setengah musim bersama The Reds, Suarez benar-benar tampil mengesankan. Ia merumput dalam 110 laga di Premier League dengan mencetak 69 gol dan 39 assist. Striker berusia 34 tahun tersebut lalu hijrah ke Barcelona dan meraih kesuksesan besar di sana. Ia kini berseragam Atletico Madrid.

Baca Juga: Saat Sakit Hati Membuat Luis Suarez Jadi Lebih Kuat

3. Gaston Ramirez - 94 penampilan

5 Pemain Asal Uruguay dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Selanjutnya ada pemain Uruguay yang berposisi gelandang serang, Gaston Ramirez. Ia memulai petualangannya di Premier League bersama Southampton pada musim 2012/2013 usai direkrut dari Bologna. Ia lalu dipinjamkan ke Hull City dan Middlesbrough sebelum akhirnya hijrah ke Middlesbrough secara gratis.

Dalam kurun waktu lima musim membela tiga tim Premier League, Gaston mencatatkan 94 penampilan dengan mengemas 9 gol dan 13 assist. Gelandang berusia 30 tahun tersebut tak lagi berkiprah di Premier League sejak musim 2017/2018 setelah hengkang ke Sampdoria dan masih bertahan hingga kini. 

4. Miguel Britos - 66 penampilan

5 Pemain Asal Uruguay dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Di urutan keempat ada Miguel Britos, pemain Uruguay yang beroperasi sebagai bek tengah. Satu-satunya klub Premier League yang pernah dibelanya adalah Watford. Britos mulai berseragam Watford sejak musim 2015/2016 usai diboyong dari Napoli secara gratis. 

Selama empat musim bersama The Hornets, ia tampil dalam 66 laga di Premier League dengan menorehkan 2 gol dan 2 assist. Watford sendiri menjadi tim terakhir yang diperkuat Britos dalam kakariernya. Ia memutuskan gantung sepatu pada Juli 2019 di usia 34 tahun. 

5. Lucas Torreira - 63 penampilan

5 Pemain Asal Uruguay dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Lucas Torreira melengkapi lima besar sebagai pemain Uruguay dengan penampilan terbanyak di Premier League. Memulai kiprahnya di Italia, ia kemudian hijrah ke Inggris dengan membela Arsenal sejak musim 2018/2019. Torreira sendiri memiliki posisi dominan sebagai gelandang bertahan. 

Tercatat, ia bermain dalam 63 laga di Premier League dengan menorehkan 3 gol dan 3 assist. Sayangnya, posisi Torreira terdepak dari skuad utama setelah dua musim awal menjadi andalan Arsenal. Pemain berusia 25 tahun tersebut lalu dipinjamkan ke Atletico Madrid sejak awal musim ini. 

 

Itulah lima pemain asal Uruguay dengan catatan penampilan terbanyak di Premier League. Saat ini hanya menyisakan Edinson Cavani sebagai satu-satunya pemain Uruguay yang tengah berkiprah di Premier League.

Baca Juga: Tersingkir dari Skuat Utama, Lucas Torreira Jadi Incaran AC Milan

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya