Comscore Tracker

5 Pemain yang Pernah Membela Man United dan PSG, Cavani Salah Satunya

Ada Beckham dan Ibrahimovic juga, lho!

Manchester United dan PSG merupakan dua tim besar yang memiliki reputasi apik di Eropa dan dunia. Bisa dibilang, kedua tim tersebut merupakan penguasa gelar di masing-masing liga domestik, United di Inggris dan PSG di Prancis.

Sepanjang sejarah, United dan PSG pernah bertemu sebanyak empat kali. Dimana mereka saling mengalahkan dua kali. Mereka juga kembali berjumpa dalam fase grup Liga Champions Eropa musim 2020/21.

Selain prestasi dan statistik pertemuan kedua tim, terdapat sisi lain yang menarik untuk disimak. Salah satunya mengenai para pemain yang pernah membela kedua tim tersebut. Edinson Cavani menjadi salah satu sosok yang dimaksud.

Striker asal Uruguay tersebut menyusul beberapa pemain lainnya yang pernah berpanji The Red Devils dan Les Parisiens. Selain Cavani, siapa saja pemain top lainnya yang pernah membela Manchester United dan PSG?

1. David Beckham

5 Pemain yang Pernah Membela Man United dan PSG, Cavani Salah Satunyabeinsports.com

David Beckham tentunya menjadi nama paling populer sebagai pemain yang pernah membela Manchester United dan PSG. Gelandang asal Inggris tersebut mengawali karier bersama Manchester United di musim 1993/94.

Selama hampir sepuluh musim Beckham mengabaikan di Old Trafford. Ia sukses merengkuh 6 gelar Premier League, 1 gelar Liga Champions, 2 gelar Piala FA, 1 gelar Intercontinental Cup, dan 4 gelar English Super Cup. 

Beckham kemudian berpisah dengan Manchester United di musim 2003/04 usai hijrah ke Real Madrid. Sempat menjadi pemain LA Galaxy dan AC Milan, ia lalu bergabung dengan PSG di pertengahan musim 2012/13. Sayangnya, kariernya bersama tim raksasa Prancis tersebut hanya berjalan selama setengah musim dengan hanya mencicipi 1 gelar Liga Prancis. Ia akhirnya memutuskan pensiun pada Juli 2013.

2. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain yang Pernah Membela Man United dan PSG, Cavani Salah Satunyableacherreport.com/Xavier Laine/Getty Images

Zlatan Ibrahimovic juga menjadi nama yang tak kalah pamor dengan David Beckham. Ia menjadi pemain yang kerap gonta-ganti klub, termasuk pernah membela Manchester United dan PSG. Striker asal Swedia tersebut mengawali karier bersama Malmo FF di musim 1998/99.

Sempat membela Ajax, Juventus, Inter, Barcelona, dan AC Milan, ia kemudian bergabung dengan PSG di musim 2012/13. Tercatat, Ibrahimovic menjadi penyerang andalan PSG selama empat musim. Ia berhasil membawa PSG meraih 4 gelar Liga Prancis, 2 gelar French Cup, 3 gelar French League Cup, dan 4 gelar French Super Cup. 

Barulah di musim 2016/17, ia hijrah ke Manchester United dengan status bebas transfer. Kariernya di Old Trafford tak selama di Parc des Princes. Ibra hanya bertahan selama satu setengah musim dengan sukses menorehkan 1 gelar English League Cup, 1 gelar English Super Cup, dan 1 gelar Europa League.

Ia lalu hengkang ke LA Galaxy di pertengahan musim 2017/18. Pemain berusia 39 tahun tersebut sampai saat ini masih aktif, dan kembali membela klub lamanya yaitu AC Milan. 

Baca Juga: 9 Potret Zlatan Ibrahimovic, Striker yang Kian Garang di Usia Matang

3. Angel Di Maria

5 Pemain yang Pernah Membela Man United dan PSG, Cavani Salah Satunyaskysports.com

Pemain top selanjutnya yang pernah berseragam Manchester United dan PSG adalah Angel Di Maria. Pemain berposisi winger kanan tersebut juga begitu familier di kalangan pencinta sepak bola. Ia mengawali karier bersama Rosario di musim 2005/06.

Sempat memperkuat Benfica dan Real Madrid, Di Maria lalu bergabung dengan Manchester United di musim 2014/15. Sayangnya, karier pemain asal Argentina tersebut di Old Trafford hanya berjalan selama semusim. Ia tak bisa menemukan performa terbaiknya dan tak mampu membawa United meraih gelar. 

Kemudian, Di Maria hijrah ke PSG di musim 2015/16 dengan nilai transfer sebesar 63 juta euro atau sekitar Rp1,08 triliun. Bersama Les Parisiens, ia benar-benar bisa menunjukkan performa impresif.

Musim ini merupakan musim keenam bagi Di Maria menjadi salah satu pemain andalan PSG. Ia telah berhasil menjunjung 4 gelar Liga Prancis, 3 gelar French Cup, 4 gelar French League Cup, dan 4 gelar French Super Cup. Ia masih memiliki masa bakti hingga Juni 2021. 

4. Ander Herrera

5 Pemain yang Pernah Membela Man United dan PSG, Cavani Salah Satunyaskysports.com

Ander Herrera merupakan pemain berposisi gelandang asal Spanyol. Ia mengawali karier bersama Real Zaragoza di musim 2008/09. Sempat memperkuat Athletic Bilbao, namanya mulai melambung usai direkrut Manchester United di musim 2014/15.

Herrera mengabdi di Old Trafford selama lima musim. Ia turut berperan dalam kesuksesan United menggondol 1 gelar Piala FA, 1 gelar English League Cup, 1 gelar English Super Cup, dan 1 gelar Europa League. 

Ia akhirnya meninggalkan The Red Devils di musim 2019/20 usai pindah ke PSG dengan status bebas transfer. Bersama Les Parisiens, Herrera tak menemui kesulitan dalam hal beradaptasi. Ia menjadi salah satu gelandang andalan PSG saat ini.

Pemain berusia 31 tahun tersebut juga telah mencicipi 1 gelar Liga Prancis, 1 gelar French Cup, 1 gelar French League Cup, dan 1 gelar French Super Cup. Ia masih terikat kontrak hingga Juni 2024.

5. Edinson Cavani

5 Pemain yang Pernah Membela Man United dan PSG, Cavani Salah Satunyagoal.com/Getty Images

Pemain top terakhir sekaligus terbaru yang pernah membela Manchester United dan PSG tentunya adalah Edinson Cavani. Ia merupakan salah satu striker terbaik saat ini. Cavani mengawali karier bersama klub Uruguay, Danubio FC, di musim 2005/06. Ia kemudian berkiprah di Italia dengan membela Palermo dan Napoli. 

Barulah di musim 2013/14, Cavani merapat ke PSG. Ia menjelma menjadi striker tajam andalan Les Parisiens selama tujuh musim. Dalam kurun waktu selama itu, ia mampu menorehkan 6 gelar Liga Prancis, 4 gelar French Cup, 5 gelar French League Cup, dan 7 gelar French Super Cup. 

Pemain berusia 33 tahun tersebut akhirnya bergabung dengan Manchester United di bursa transfer musim panas 2020/21, kali ini dengan status bebas transfer. Dengan kehadirannya di Old Trafford, diharapkan mampu mendongkrak ketajaman lini serang United yang berujung kesuksesan tim. Cavani dikontrak United selama semusim hingga Juni 2021. 

 

Itulah lima pemain top yang pernah membela Manchester United dan PSG. Kira-kira, siapa pemain selanjutnya setelah Cavani?

Baca Juga: Mampukah Edinson Cavani Patahkan Kutukan Nomor 7 Manchester United?

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya