6 Pencetak Gol Ekuador di Piala Dunia, Enner Valencia Paling Tajam

Ekuador sering kali keok di fase grup

Timnas Ekuador harus menerima kenyataan pahit tersingkir di Piala Dunia 2022 Qatar setelah kalah 2-1 dari Senegal pada Selasa (29/11/2022). Padahal, Ekuador sejatinya hanya butuh hasil imbang untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Dalam laga penentuan kontra Senegal di grup A tersebut, Ekuador kecolongan gol di babak pertama. Mereka sejatinya bisa menyamakan skor melalui Moises Caicedo di menit 67. Sayangnya, mereka kembali kebobolan di menit 70 oleh kapten Senegal, Kalidou Koulibaly. 

Kendati kalah dan gugur, ada salah satu catatan menarik bagi Ekuador. Mereka memiliki sosok pencetak gol baru di Piala Dunia pada diri Moises Caicedo.

Dalam sejarah, Ekuador baru memiliki enam pencetak gol di Piala Dunia termasuk Moises Caicedo. Siapa sajakah mereka? Check this out! 

1. Agustin Delgado 

6 Pencetak Gol Ekuador di Piala Dunia, Enner Valencia Paling TajamAgustin Delgado saat berjumpa Meksiko di Piala Dunia 2002 (fifa.com)

Ekuador pertama kali ikut Piala Dunia pada Piala Dunia 2002 Korea Selatan dan Jepang. Agustin Delgado menjadi nama pertama yang sukses menyumbang gol untuk Ekuador saat bertemu Meksiko di laga kedua grup G. Namun, Ekuador kala itu harus takluk dengan skor 1-2.

Ekuador kemudian kembali ikut Piala Dunia 2006 Jerman dan nama Agustin Delgado juga kembali dibawa sebagai salah satu striker andalan mereka. Pada edisi tersebut, Agustin sukses mencetak dua gol. Secara total, ia mencetak tiga gol Piala Dunia untuk Ekuador. 

2. Edison Mendez

6 Pencetak Gol Ekuador di Piala Dunia, Enner Valencia Paling TajamEdison Mendez (instagram.com/kinitomendez7908)

Edison Mendez tercatat tiga kali ikut Piala Dunia bersama Ekuador, yaitu Piala Dunia 2002, 2006, dan 2014. Sebagai seorang gelandang serang, ia tercatat menyumbangkan satu gol untuk Ekuador di Piala Dunia. 

Satu-satunya gol dari Edison terjadi di Piala Dunia 2002. Kala itu, timnya menang tipis 1-0 atas Kroasia di matchday ketiga grup G. Meski akhirnya tersingkir di babak grup, setidaknya Ekuador berhasil pulang dengan membawa satu kemenangan. 

Baca Juga: 5 Kemenangan yang Pernah Diraih Ekuador di Piala Dunia

3. Carlos Tenorio

6 Pencetak Gol Ekuador di Piala Dunia, Enner Valencia Paling TajamCarlos Tenorio (instagram.com/eldemoledor.21)

Carlos Tenorio merupakan striker yang menjadi bagian dari Timnas Ekuador di Piala Dunia 2002 dan 2006. Pada awalnya, ia belum bisa berbuat banyak saat tampil di Piala Dunia 2002.

Tenorio kemudian sukses unjuk gigi di Piala Dunia 2006. Ia berhasil mencetak dua gol dari total lima gol yang dikoleksi Ekuador.

Berkat ketajamannya, Tenorio mampu membawa Ekuador menang dua kali di grup A dan lolos ke 16 besar. Sayangnya, langkah Ekuador terhenti oleh Inggris di babak 16 besar. 

4. Ivan Kaviedes

6 Pencetak Gol Ekuador di Piala Dunia, Enner Valencia Paling TajamIvan Kaviedes dan David Beckham (instagram.com/kaviedesllorentty)

Selain Agustin Delgado dan Carlos Tenorio, Ivan Kaviedes juga merupakan salah satu penyerang Ekuador yang dibawa di Piala Dunia 2002 dan 2006. Ia turut berkontribusi dengan mencetak satu gol. 

Satu gol dari Ivan tersebut tercipta saat Ekuador bertemu Kosta Rika di babak grup A Piala Dunia 2006. Kala itu, Ivan menggenapi kemenangan telak Ekuador atas Kosta Rika dengan skor 3-0.

5. Enner Valencia

6 Pencetak Gol Ekuador di Piala Dunia, Enner Valencia Paling TajamEnner Valencia sukses mencetak dua gol kemenangan Ekuador atas Qatar di Piala Dunia 2022 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Enner Valencia merupakan striker sekaligus kapten Ekuador di Piala Dunia 2022. Ia tercatat sebagai pemain Ekuador dengan koleksi gol terbanyak di Piala Dunia, yaitu sebanyak enam gol. 

Valencia pertama kali ikut Piala Dunia pada tahun 2014. Waktu itu, ia sukses memborong tiga gol di grup E. Ketajaman striker Fenerbahce berusia 33 tahun ini berlanjut di Piala Dunia 2022. Valencia juga mampu mencetak tiga gol di grup A. 

Meski sudah tampil ganas, Enner Valencia belum bisa membawa Ekuador melangkah jauh. Koleksi enam golnya belum cukup untuk bisa meloloskan Ekuador dari babak grup, baik di Piala Dunia 2014 maupun Piala Dunia 2022.

6. Moises Caicedo

6 Pencetak Gol Ekuador di Piala Dunia, Enner Valencia Paling TajamMoises Caicedo (fifa.com)

Ekuador akhirnya memiliki pencetak gol baru di Piala Dunia. Ia adalah Moises Caicedo yang berhasil mencetak satu gol ke gawang Senegal dalam matchday ketiga grup A Piala Dunia 2022.

Sayangnya, gol tersebut tak cukup untuk bisa membawa Ekuador ke babak 16 besar.  Kendati demikian, Ekuador harus tetap bangga. Mereka kini memiliki calon bintang di masa depan.

Pasalnya, Caicedo saat ini baru berusia 21 tahun. Jika terus berlatih, gelandang tengah Brighton ini bukan tidak mungkin akan membantu Ekuador lolos ke Piala Dunia edisi selanjutnya dan meraih prestasi yang lebih baik. 

 

Termasuk Piala Dunia 2022 Qatar, Ekuador baru tampil dalam empat edisi Piala Dunia. Tak ayal jika masih belum banyak pemain yang mampu mencetak gol untuk Ekuador. Kira-kira, siapa pemain Ekuador selanjutnya yang akan mencetak gol di Piala Dunia? 

Baca Juga: 5 Pemain Ekuador Paling Menonjol saat Berhasil Memaksa Belanda Imbang

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya