Comscore Tracker

10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Ada Werner & Havertz

Dua punggawa baru Chelsea curi perhatian

Setiap musimnya, Bundesliga Jerman selalu menyajikan momen menarik dan rekor baru yang tercipta. Termasuk pencetak gol termuda dalam sejarah kompetisi tersebut. Pemain top seperti Timo Werner dan Kai Havertz tercatat masuk dalam sepuluh besar pencetak gol termuda dalam sejarah Bundesliga.

Namun, mereka berdua bukan menjadi yang termuda karena masih terdapat beberapa pemain lainnya yang sukses mencetak gol di Bundesliga pada usia yang lebih muda dari mereka. Para pencetak gol termuda tersebut, saat ini ada yang masih aktif berkarier di Bundesliga, hengkang ke kompetisi negara lain, dan ada pula yang sudah gantung sepatu. Berikut 10 pencetak gol termuda dalam sejarah Bundesliga Jerman.

1. Florian Wirtz

10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Ada Werner & Havertzbundesliga.com

Florian Wirtz tercatat sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Bundesliga. Wirtz merupakan seorang gelandang serang milik Bayern Leverkusen. Ia berhasil mencetak gol di usia 17 tahun 1 bulan 3 hari. Gol tersebut tercipta saat Bayern Leverkusen bersua Bayern Munchen dalam laga pekan ke-30 Bundesliga 2019/20, tepatnya pada 6 Juni 2020. Namun, satu gol dari Wirtz tak mampu membawa Leverkusen meraih kemenangan usai takluk dengan skor 2-4.

2. Nuri Sahin

10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Ada Werner & Havertzgoal.com

Nuri Sahin yang saat ini membela Werder Bremen, tercatat sebagai pemain termuda ke-dua yang sukses mencetak gol di Bundesliga. Gol itu terjadi saat pemain berposisi gelandang bertahan tersebut masih aktif membela Borussia Dortmund, tepatnya pada 26 November 2005 dalam laga Bundesliga musim 2005/2006 pekan ke-14 kontra FC Nuremberg. Saat itu Sahin berusia 17 tahun 2 bulan 21 hari. Berkat sumbangan satu gol Sahin, Dortmund sukses mengamankan kemenangan dengan skor 1-2.

3. Julian Draxler

10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Ada Werner & Havertzbundesliga.com

Pencetak gol termuda ke-tiga dipegang oleh Julian Draxler, gelandang tengah yang saat ini membela PSG. Draxler berhasil mencetak gol di usia 17 tahun 6 bulan 12 hari. Saat itu ia masih berseragam Schalke dalam laga pekan ke-28 Bundesliga musim 2010/2011 menghadapi FC St. Pauli, pada 1 April 2011. Satu gol Draxler di laga tersebut turut mengantarkan Schalke meraih kemenangan dengan skor 0-2.

4. Timo Werner

10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Ada Werner & Havertzdw.com

Pemain anyar Chelsea, yakni Timo Werner, menduduki posisi empat sebagai pencetak gol termuda Bundesliga. Saat itu Werner masih berseragam VFB Stuttgart. Gol tersebut tercipta dalam laga kontra Eintracht Frankfurt di pekan ke-6 Bundesliga musim 2013/2014, tepatnya 22 September 2013. Pada saat itu, Werner masih berusia 17 tahun 6 bulan 16 hari. Satu gol Werner tersebut tak mampu membawa Stuttgart meraih kemenangan usai ditahan imbang dengan skor 1-1.

5. Christian Pulisic

10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Ada Werner & Havertzen.as.com

Pemain yang menjadi rekan satu tim Werner di Chelsea, yakni Christian Pulisic, menempati urutan ke-5 sebagai pencetak gol termuda Bundesliga. Pulisic menorehkan rekor tersebut saat dirinya masih aktif membela Borussia Dortmund. Saat itu, tepatnya 17 April 2016, Dortmund menjamu Hamburger SV di Signal Iduna Park dalam laga pekan ke-30 Bundesliga musim 2015/2016. Kala itu, Pulisic baru berusia 17 tahun 6 bulan 30 hari. Satu gol Pulisic di laga tersebut sukses membawa Dortmund mengamankan tiga poin usia laga berakhir dengan skor 3-0.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua di Premier League Hingga Kini, Ada Ryan Giggs!

6. Lars Ricken

10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Ada Werner & Havertzinstagram.com/larsricken18

Lars Ricken merupakan seorang pemain berdarah Jerman berposisi gelandang serang. Ia berhasil mencetak gol di usia 17 tahun 8 bulan 1 hari, pada saat berseragam Borussia Dortmund. Gol itu terjadi pada 11 Maret 1994, saat timnya berhadapan dengan MSV Duisburg di pekan ke-25 Bundesliga musim 1993/1994. Satu gol Ricken di laga tersebut membantu Dortmund mengamankan kemenangan dengan skor 2-1. Ia mengakhiri karier sebagai pesepak bola pada 2009.

7. Ibrahim Tanko

10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Ada Werner & Havertzsportbuzzer.de

Lagi-lagi pemain Dortmund menghiasi daftar pencetak gol termuda Bundesliga. Kali ini diciptakan oleh Ibrahim Tanko, pemain berposisi second striker. Tanko sukses mencetak gol di usia 17 tahun 8 bulan 7 hari. Gol tersebut tercipta pada 1 April 1995, saat Dortmund bersua KFC Uerdingen 05 di pekan ke-24 Bundesliga musim 1994/1995. Berkat sumbangan satu gol Tanko, Dortmund berhasil meraih kemenangan dengan skor akhir 3-1. Tanko pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 2007.

8. Jann-Fiete Arp

10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Ada Werner & Havertzbundesliga.com

Jann-Fiete Arp merupakan pemain berdarah Jerman yang saat ini aktif membela Bayern Munchen. Arp tercatat sebagai pencetak gol termuda ke-8 Bundesliga saat masih berseragam Hamburger SV di usia 17 tahun 9 bulan 22 hari. Gol Arp tercipta pada 28 Oktober 2017, saat Hamburger SV bertandang ke markas Hertha Berlin dalam laga pekan ke-10 Bundesliga musim 2017/2018. Namun, satu gol dari pemain berposisi striker tersebut tak mampu menghindarkan timnya dari kekalahan usai laga berakhir dengan skor 2-1.

9. Kai Havertz

10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Ada Werner & Havertzbavarianfootballworks.com

Pemain terbaru Chelsea, yakni Kai Havertz, berada di urutan sembilan sebagai pencetak gol termuda Bundesliga. Havertz sukses mencetak gol di usia 17 tahun 9 bulan 22 hari bersama Bayer Leverkusen. Tepatnya pada 2 April 2017, saat Leverkusen berjumpa dengan Wolfsburg di pekan ke-26 Bundesliga musim 2016/2017. Akan tetapi, satu gol pemain berposisi gelandang serang di laga tersebut tak mampu membawa Leverkusen meraih poin penuh usai laga berakhir imbang dengan skor 3-3.

10. Marc-André Kruska

10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Ada Werner & Havertzgoal.com

Melengkapi sepuluh besar ditempati oleh Marc-André Kruska, pemain berdarah Jerman yang memiliki posisi gelandang tengah. Kruska berhasil mencetak gol di usia 17 tahun 10 bulan 22 hari saat masih aktif membela Borussia Dortmund. Gol Kruska tercipta pada 21 Mei 2005, saat Dortmund menghadapi FC Hansa Rostock di pekan ke-34 Bundesliga musim 2004/2005. Satu gol Kruska di laga tersebut turut membantu Dortmund meraih kemenangan dengan skor 2-1. Saat ini, Kruska berkarier bersama FC Frohlinde.

Tentu saja para pemain di atas selain memiliki bakat juga diimbangi dengan latihan yang keras dan disiplin tinggi. Akankah ada pemain lain yang mampu menembus catatan rekor tersebut?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Termuda untuk Timnas Spanyol, Ansu Fati Pecahkan Rekor!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya