5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Mengesankan!

Usia hanyalah sekadar angka?

Liga Champions Eropa merupakan ajang paling bergengsi di Eropa. Tak sembarang tim bisa ambil bagian dalam perhelatan tersebut. Hanya tim-tim besar dengan deretan pemain jempolan yang dapat bersaing untuk memperebutkan trofi si 'kuping besar'.

Meski memiliki persaingan yang begitu ketat, terdapat beberapa tim yang mengandalkan pemain tua atau pemain dengan usia matang di sepanjang gelarannya. Hebatnya, para pemain tua tersebut mampu tampil apik bahkan hingga mencetak gol. Berikut kami sajikan 5 pencetak gol tertua sejak kompetisi menggunakan format Liga Champions Eropa tahun 1992/93.

1. Francesco Totti (AS Roma)

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Mengesankan!bleacherreport.com

Francesco Totti menjadi pencetak gol tertua dalam sejarah Liga Champions Eropa. Capaian tersebut dicatatkan di usia 38 tahun 1 bulan 29 hari. Waktu itu, pemain berposisi second striker tersebut membela AS Roma yang bertarung melawan CSKA Moscow dalam babak penyisihan grup E musim 2014/15, 25 November 2015.

Sang pangeran Roma berhasil mencetak satu gol di menit 43'. Sayangnya, gol dari Totti tak berhasil membawa AS Roma meraih kemenangan usai laga berakhir imbang 1-1. Sepanjang kariernya, ia bermain dalam 57 laga di Liga Champions dengan mencetak 17 gol dan 12 assist. Namun, ia tak pernah meraih trofi si 'kuping besar'.

2. Ryan Giggs (Manchester United)

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Mengesankan!sbnation.com

Legenda Manchester United, Ryan Giggs, menempati urutan dua. Ia mampu menciptakan gol terakhir di Liga Champions Eropa saat berumur 37 tahun 9 bulan 16 hari. Kala itu, Manchester United bertemu Benfica dalam babak penyisihan grup C musim 2011/12, 14 September 2011.

Pemain berposisi gelandang sayap tersebut sukses mencetak satu gol di menit 42'. Namun, di akhir laga United harus rela berbagi poin usai laga berakhir imbang 1-1. Secara keseluruhan, Giggs tampil dalam 145 laga di Liga Champions dengan catatan 28 gol dan 46 assist. Ia juga pernah menjujung trofi Liga Champions sebanyak dua kali bersama Manchester United.

3. Filippo Inzaghi (AC Milan)

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Mengesankan!sempremilan.com

Striker legendaris AC Milan, Filippo Inzaghi, juga termasuk dalam jajaran pencetak gol tertua di Liga Champions Eropa. Ia sukses menorehkannya di usia 37 tahun 2 bulan 25 hari. Waktu itu, AC Milan berduel kontra Real Madrid dalam babak penyisihan grup G musim 2010/11, 3 November 2010.

Meski menjadi pemain pengganti, Inzaghi sukses menyarangkan dua gol di menit 68' dan 78'. Tetapi, sumbangan dua golnya tak cukup untuk membawa Rosonerri menang usai laga berakhir imbang 2-2. Total, ia merumput dalam 81 laga di Liga Champions dengan mencetak 46 gol dan 8 assist. Pemain berdarah Italia tersebut juga pernah merasakan gelar Liga Champions sebanyak dua kali bersama AC Milan. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Memenangi Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Dunia

4. Javier Zanetti (Inter Milan)

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Mengesankan!bleacherreport.com

Jika AC Milan punya Inzaghi, Inter Milan juga memiliki Javier Zanetti sebagai salah satu pencetak gol tertua di Liga Champions Eropa. Ia sukses mencatatkan capaian tersebut di usia 37 tahun 2 bulan 10 hari. Saat itu, Inter berjumpa Tottenham Hotspur dalam babak penyisihan grup A musim 2010/11, 20 Oktober 2010. 

Pemain berposisi bek tersebut berhasil mengemas satu gol di menit 2'. Satu gol dari Zanetti sangat berarti bagi Inter untuk mengamankan kemenangan dengan skor tipis 4-3. Dalam kariernya, ia telah bermain dalam 97 laga dengan membukukan 2 gol dan 2 assist. Bek berkebangsaan Argentina tersebut tercatat pernah mencicipi satu gelar Liga Champions bersama Inter.

5. Laurent Blanc (Manchester United)

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Mengesankan!onzemondial.com

Selain Ryan Giggs, Manchester United juga memiliki sosok Laurent Blanc yang melengkapi lima besar dalam daftar pencetak gol tertua di Liga Champions Eropa. Ia mampu menciptakan gol di usia 36 tahun 11 bulan 4 hari. Momen itu terjadi saat United bertandang ke markas Olympiacos dalam babak penyisihan grup F musim 2002/03, 23 Oktober 2002. 

Bek tengah berdarah Prancis tersebut mampu mencetak satu gol di menit 21'. Gol tersebut turut membantu Manchester United meraih kemenangan dengan skor akhir 2-3. Total, Blanc bermain dalam 22 laga di Liga Champions dengan mencatatkan 3 gol. Sayangnya, ia tak pernah mencicipi manisnya meraih trofi Liga Champions. 

Di era sekarang, masih terdapat beberapa pemain berumur matang yang bermain di Liga Champions Eropa. Akankah ada yang mampu melampaui Catatan dari Francesco Totti?

Baca Juga: 5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropa

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya