Comscore Tracker

6 Penjualan Pemain Termahal Bayer Leverkusen, Havertz hingga Schurrle!

Havertz menjadi penjualan terbaru Bayer Leverkusen

Bayer Leverkusen merupakan salah satu klub asal Jerman. Meski tak sebesar Bayern Munchen maupun Borussia Dortmund, tetapi Leverkusen juga memiliki segudang pemain berkualitas. Dengan kekuatan yang ada, Leverkusen kerap merepotkan tim-tim lain dalam persaingan di pentas domestik maupun kancah Eropa.

Di setiap musimnya, Leverkusen berhasil mengorbitkan pemain bintang yang menjadi buruan tim elite Eropa. Para pemain tersebut biasanya berasal dari akademi mereka sendiri atau dari klub lain yang dibeli dengan harga murah. Namun ketika menjual, Leverkusen mematok harga tinggi yang sangat menguntungkan. Dari Kai Havertz hingga Andre Schurrle, berikut 6 penjualan pemain termahal Bayer Leverkusen.

1. Kai Havertz ke Chelsea - 80 juta euro

6 Penjualan Pemain Termahal Bayer Leverkusen, Havertz hingga Schurrle!Kai Havertz dirumorkan akan segera ke Chelsea. Twitter/@realkevinpalmer

Kai Havertz yang resmi diboyong Chelsea dengan banderol 80 juta euro beberapa waktu lalu, sukses memecahkan rekor penjualan pemain termahal Bayer Leverkusen. Harga setinggi itu memang layak bagi pemain sekelas Havertz. Pasalnya, di usianya yang baru 21 tahun, ia telah mampu tampil apik sebagai gelandang serang.

Kai Havertz merupakan pemain berkebangsaan Jerman jebolan akademi Bayer Leverkusen. Ia berhasil promosi di tim senior Leverkusen pada musim 2016/17. Tercatat, ia telah merumput dalam 150 laga bersama Leverkusen dengan catatan 56 gol dan 31 assist. Dengan durasi kontrak hingga Juni 2025, patut kita nantikan kiprahnya bersama Chelsea.

2. Son Heung-min ke Tottenham Hotspur - 30 juta euro

6 Penjualan Pemain Termahal Bayer Leverkusen, Havertz hingga Schurrle!skysports.com

Sebelum Havertz, rekor penjualan pemain termahal Bayer Leverkusen dipegang oleh Son Heung-min. Ia dijual oleh Leverkusen ke Tottenham Hotspur dengan biaya transfer 30 juta euro. Transfer pemain berposisi winger kiri tersebut terjadi di musim 2015/16.

Son sendiri bergabung dengan Leverkusen pada musim 2013/14. Kala itu, ia diboyong dengan banderol 10 juta euro dari Hamburger SV. Selama membela Leverkusen, pemain asal Korea Selatan tersebut tampil dalam 87 laga dengan koleksi 29 gol dan 11 assist.

3. Julian Brandt ke Borussia Dortmund - 25 juta euro

6 Penjualan Pemain Termahal Bayer Leverkusen, Havertz hingga Schurrle!bundesliga.com

Julian Brandt merupakan pemain berposisi gelandang tengah. Ia menjadi pemain termahal ke-tiga yang pernah dijual Bayer Leverkusen. Brandt dilepas Leverkusen ke Borussia Dortmund pada musim 2019/20. Die Borussen harus menggelontorkan dana sebesar 25 juta euro.

Brandt sendiri dibeli Leverkusen dari Wolfsburg pada musim 2013/14. Pemain asal Jerman tersebut hanya ditebus dengan banderol 500 ribu euro. Ia berkembang begitu pesat bersama Leverkusen dan tercatat telah tampil dalam 215 laga dengan mengemas 42 gol dan 51 assist

Baca Juga: 6 Pemain Termuda yang Debut di Bundesliga Sepanjang Sejarah, Berbakat!

4. Bernd Leno ke Arsenal - 25 juta euro

6 Penjualan Pemain Termahal Bayer Leverkusen, Havertz hingga Schurrle!premierleague.com

Pemain termahal ke-empat yang dijual Bayer Leverkusen adalah Bernd Leno. Pemain berposisi kiper tersebut dijual ke Arsenal dengan harga sama dengan Brandt, yakni 25 juta euro. Transfer tersebut terjadi pada musim 2018/19. Leno juga merupakan pemain berkebangsaan Jerman.

Leno menjadi bagian di skuad Leverkusen selama enam setengah musim. Ia bergabung di musim 2011/12 usai diboyong dari VfB Stuttgart. Kala itu, Leverkusen rela merogoh kocek sebesar 7,5 juta euro. Tercatat, ia tampil dalam 304 laga bersama Leverkusen dengan torehan 378 kebobolan dan 100 clean sheet.

5. Hakan Calhanoglu ke AC Milan - 23,3 juta euro

6 Penjualan Pemain Termahal Bayer Leverkusen, Havertz hingga Schurrle!sempremilan.com

Selanjutnya terdapat nama Hakan Calhanoglu, gelandang serang asal Turki. Ia dilepas Leverkusen ke AC Milan pada musim 2017/18. Rosonerri harus mengeluarkan biaya sebesar 22,3 juta euro untuk bisa mendapatkan pemain yang dikenal dengan free kick mematikannya. 

Calhanoglu mengabdi untuk Leverkusen selama tiga musim. Ia dibeli dari Hamburger SV pada musim 2014/15. Waktu itu, ia dipatok harga 14,5 juta euro. Selama berseragam Leverkusen, Calhanoglu tampil dalam 115 laga dengan menciptakan 28 gol dan 29 assist.

6. Andre Schurrle ke Chelsea - 22 juta euro

6 Penjualan Pemain Termahal Bayer Leverkusen, Havertz hingga Schurrle!skysports.com

Selain Havertz, Bayer Leverkusen juga pernah menjual pemainnya ke Chelsea. Ia adalah Andre Schurrle yang dilepas ke Chelsea pada musim 2013/14. Banderol 22 juta euro harus dibayarkan The Blues kepada Leverkusen untuk menebus winger asal Jerman tersebut.

Schurrle bergabung dengan Leverkusen pada musim 2011/12. Ia dibajak dari Mainz dengan biaya transfer 8,5 juta euro. Dua musim bersama Leverkusen, Schurrle tampil dalam 83 laga dengan mengemas 23 gol dan 16 assist. Saat ini, ia tak lagi menjadi pesepak bola usai memutuskan pensiun pada Juli 2020.

Itulah enam pemain termahal yang pernah dijual Bayer Leverkusen. Meski bukanlah tim bergelimang gelar juara, tetapi mereka sukses mencetak pemain top dunia. 

Baca Juga: 8 Pemain Bundesliga dengan Penurunan Market Value Terbesar, Ada Reus?

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya