Comscore Tracker

10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belanda

Didominasi pemain asal Ajax, nih!

Eredivisie Belanda mungkin menjadi salah satu kompetisi yang tak terlalu disoroti para pencinta sepak bola. Namun, pada kenyataannya kompetisi tersebut merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pemain top yang lahir di liga kasta tertinggi Belanda tersebut.

Dari era ke era, selalu ada bintang baru yang bermunculan. Hal tersebut membuat banyak pemain asal Eredivisie yang diburu klub-klub elite Eropa. Tentu saja, banderol yang dibayarkan begitu mahal untuk bisa menebus para bintang Eredivisie. Berikut 10 penjualan pemain termahal sepanjang sejarah Eredivisie Belanda.

1. Frenkie de Jong ke Barcelona - 86 juta euro

10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belandagoal.com

Frenkie de Jong menjadi pemain termahal yang pernah dijual klub Eredivisie Belanda. Ia dilepas oleh Ajax ke Barcelona dengan banderol 86 juta euro. Transfer pemain berposisi gelandang tengah tersebut terjadi di bursa transfer musim 2019/20. Selama membela Ajax, de Jong tampil dalam 89 laga dengan menciptakan 6 gol dan 13 assist.

2. Matthijs de Ligt ke Juventus - 85,5 juta euro

10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belandatwitter.com/juvefcdotcom

Matthijs de Ligt menempati urutan kedua sebagai pemain termahal yang dijual klub Eredivisie Belanda. Pemain berposisi bek tengah tersebut dilepas Ajax ke Juventus dengan biaya transfer sebesar 85,5 juta euro. Hengkangnya pemain berusia 21 tahun tersebut terjadi di musim 2019/20. Tercatat, ia merumput dalam 117 laga bersama Ajax dengan catatan 13 gol dan 7 assist.

3. Davinson Sanchez ke Tottenham Hotspur - 42 juta euro

10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belandagoal.com

Pemain termahal ketiga yang dijual klub Eredivisie Belanda adalah Davinson Sanchez. Ia dijual Ajax ke Tottenham Hotspur pada musim 2019/20. Spurs harus membayar dana senilai 55 juta euro. Selama memperkuat Ajax, pemain berposisi bek tengah tersebut mencatatkan 47 penampilan, 7 gol, dan 2 assist.

4. Hakim Ziyech ke Chelsea - 40 juta euro

10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belandametro.co.uk

Selanjutnya terdapat nama Hakim Ziyech, pemain berposisi winger kanan. Ia mencatatkan nilai transfer 40 juta euro saat dijual Ajax ke Chelsea. Transfer tersebut terjadi di musim 2020/21. Bersama Ajax, pemain berusia 27 tahun tersebut bermain dalam 165 laga dengan mengemas 48 gol dan 82 assist.

5. Donny van de Beek ke Manchester United - 39 juta euro

10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belandagoal.com

Selain Ziyech, Donny van de Beek juga menjadi pemain yang dijual klub Eredivisie Belanda pada musim 2020/21. Ia dilepas ke Manchester United dengan banderol 39 juta euro. Sepanjang kariernya bersama Ajax, pemain berposisi gelandang tengah tersebut tampil dalam 175 laga dengan menorehkan 41 gol dan 34 assist.

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Direkrut Klub Premier League dari Eredivisie

6. Hirving Lozano ke Napoli - 38 juta euro

10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belandateamtalk.com

Hirving Lozano merupakan pemain berposisi winger kiri. Ia pernah menciptakan catatan transfer sebesar 38 juta euro saat dilepas PSV Eindhoven. Transfer pemain asal Meksiko tersebut terjadi pada musim 2019/20. Selama berseragam PSV, Lozano merumput dalam 79 laga dengan mengoleksi 40 gol dan 23 assist.

7. Memphis Depay ke Manchester United - 34 juta euro

10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belandagoal.com

Penyerang top asal Belanda, Memphis Depay, juga menjadi salah satu pemain termahal yang pernah dijual klub Eredivisie. Ia dilepas PSV Eindhoven ke Manchester United di musim 2015/16. Waktu itu United harus menebus biaya transfer sebesar 34 juta euro. Bersama PSV, Depay bermain dalam 124 laga dengan torehan 50 gol dan 29 assist.

8. Arkadiusz Milik ke Napoli - 32 juta euro

10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belandasempreinter.com

Selain Lozano, klub asal Eredivisie Belanda juga pernah menjual Arkadiusz Milik ke Napoli dengan nominal yang cukup mahal. Ia dilepas Ajax dengan mahar senilai 32 juta euro di musim 2016/17. Striker berusia 26 tahun tersebut tercatat tampil dalam 75 laga bersama Ajax dengan mencetak 47 gol dan 21 assist.

9. Steven Bergwijn ke Tottenham Hotspur - 30 juta euro

10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belandamirror.co.uk

Steven Bergwijn merupakan pemain berdarah Belanda berposisi winger kiri. Ia menorehkan catatan transfer senilai 30 juta euro saat dilepas PSV Eindhoven ke Tottenham Hotspur. Transfer tersebut terlaksana pada pertengahan musim 2019/20. Bersama PSV, ia berhasil membukukan 149 laga, 31 gol, dan 41 assist.

10. Ruud van Nistelrooy ke Manchester United - 28,5 juta euro

10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belandamanchestereveningnews.co.uk

Ruud van Nistelrooy sempat merajai daftar penjualan pemain termahal sepanjang sejarah Eredivisie Belanda. Ia dilepas PSV Eindhoven ke Manchester United dengan banderol 28,5 juta euro. Transfer dari salah satu striker terbaik di dunia tersebut terjadi di musim 2001/02. Selama mengabdi untuk PSV, ia bermain dalam 90 laga dengan catatan 77 gol dan 20 assist.

Di musim-musim selanjutnya, tampaknya Eredivisie Belanda akan terus menghasilkan bintang baru yang berkualitas. Akankah ada yang bisa memecahkan transfer Frenkie de Jong?

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Diboyong Klub LaLiga dari Eredivisie, Berbakat!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya