5 Penyerang Paling Produktif yang Pernah Berkarier dengan Barcelona

Dari Messi hingga Kluivert   

Barcelona termasuk tim terbaik dan tersukses di dunia. Dari musim ke musim, Barca selalu dihuni pemain berkualitas yang tak diragukan lagi kualitasnya. Salah satu pemain terbaik yang kini masih membela Barca adalah Lionel Messi.

Berbagai rekor telah diukir oleh Messi selama berseragam El Barca, salah satunya menjadi penyerang paling tajam dalam sejarah Barcelona. Capaian tersebut tentu tak lepas dari performa konsisten Messi di setiap musimnya.

Termasuk La Pulga, siapa sajakah penyerang paling produktif yang pernah berkarier bersama Barcelona? Berikut ulasannya! 

1. Lionel Messi - 663 gol

5 Penyerang Paling Produktif yang Pernah Berkarier dengan Barcelonaskysports.com

Lionel Messi menjadi salah satu pemain terbaik di dunia sepanjang sejarah sepak bola. Ia merupakan salah satu jebolan terbaik dari akademi Barcelona. Messi berhasil promosi ke skuad Barca di musim 2005/2006.

Sejak itulah kariernya berkembang semakin pesat hingga sekarang. Bahkan, ia juga dipercaya sebagai kapten tim Barca saat ini.

Sampai saat ini, Messi telah mencetak 663 gol dalam 768 laga di semua kompetisi yang menjadikannya sebagai penyerang tersubur Barcelona. Jika dirata-rata, La Pulga memiliki catatan 0,86 gol per laga.

Tampaknya, akan begitu sulit bagi pemain lain untuk memecahkan rekor Messi. Winger kanan asal Argentina tersebut memiliki kontrak hingga Juni 2021 di Camp Nou.

2. Luis Suarez - 195 gol

5 Penyerang Paling Produktif yang Pernah Berkarier dengan Barcelonaskysports.com

Selanjutnya ada sosok Luis Suarez, striker top berkebangsaan Uruguay. Ia bergabung dengan Barca pada musim 2014/2015 usai diboyong dari Liverpool. Sejak awal kedatangannya, ia langsung diandalkan di lini serang Barca dan tampil begitu nyetel dengan Messi. 

Tercatat, Suarez berhasil mencatatkan 195 gol dalam 283 laga di semua ajang. Jika dirata-rata, ia sukses menorehkan 0,69 gol per laga. Saat ini, Suarez memang masih berkarier di LaLiga. Namun membela klub rival, Atletico Madrid, sejak musim 2020/2021.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Membuat Barcelona Menyesal Telah Melepasnya

3. Cesar Rodriguez - 195 gol

5 Penyerang Paling Produktif yang Pernah Berkarier dengan Barcelonatwitter.com/totalBarca

Jauh sebelum era Messi dan Suarez, Barcelona telah memiliki sosok Cesar Rodriguez. Ia merupakan salah satu penyerang top asal Spanyol pada masanya. Cesar berseragam Barcelona sejak musim 1939/1940.

Tercatat, ia aktif mengabdi di Camp Nou selama 14 musim. Dalam kurun waktu selama itu, Cesar mencatatkan 290 penampilan di semua ajang. Ia sukses mengemas 195 gol dengan rata-rata 0, 67 gol per laga.

Cesar berpisah dengan Barca pada musim 1955/1956 usai hengkang ke Cultural Leonesa. Kemudian, ia pensiun pada Juli 1961 dan telah meninggal dunia pada 1 Maret 1995 di usia 74 tahun.

4. Samuel Eto'o - 130 gol

5 Penyerang Paling Produktif yang Pernah Berkarier dengan Barcelonaskysports.com

Samuel Eto'o juga menjadi salah satu pemain yang begitu fenomenal. Ia pernah menjadi penyerang andalan Barca dalam waktu lima musim. Eto'o didatangkan Barca dari Mallorca pada musim 2004/2005.

Sejak musim debutnya, ia langsung bisa beradaptasi dengan permainan Barcelona. Striker asal Kamerun tersebut tercatat merumput dalam 199 laga di semua ajang.

Eto'o sukses melesatkan 130 gol atau dengan rata-rata 0,65 gol per laga. Karier Eto'o di Camp Nou berakhir pada musim 2009/2010 setelah resmi pindah ke Inter Milan. Akhirnya, ia memutuskan pensiun pada September 2019.

5. Patrick Kluivert - 122 gol

5 Penyerang Paling Produktif yang Pernah Berkarier dengan Barcelonatwitter.com/FCBarcelonaFl

Pemain terakhir yang masuk jajaran penyerang paling produktif Barcelona adalah Patrick Kluivert. Ia merupakan striker top berkebangsaan Belanda. Ia sempat menjadi penyerang andalan Barcelona selama enam musim. Kluivert bergabung dengan Barca pada musim 1998/1999 usai direkrut dari AC Milan.

Selama mengabdi di Camp Nou, ia tampil dalam 257 laga di semua kompetisi. Kluivert sukses menyarangkan 122 gol atau dengan rata-rata 0,47 gol per laga.

Kemudian, ia berpisah dengan Barca di musim 2004/2005 usai hijrah ke Newcastle United. Akhirnya, Kluivert memutuskan pensiun pada Juli 2008.

 

Itulah enam pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Barcelona. Adakah pemain lain yang mampu melampaui catatan gol keenam pemain di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Terlupakan Pernah Bermain dengan Barcelona

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya