Comscore Tracker

6 Pertemuan Terakhir Ancelotti dan Klopp di Liga Champions

Dua pelatih yang memiliki prestasi cemerlang!

Carlo Ancelotti dan Jurgen Klopp merupakan dua sosok pelatih hebat yang ada saat ini. Mereka akan beradu taktik saat tim yang ditanganinya, yaitu Real Madrid dan Liverpool berjumpa di final Liga Champions 2021/2022. 

Dalam sejarah Liga Champions, Carlo Ancelotti dan Jurgen Klopp telah bertemu sebanyak enam kali sebelum final Liga Champions musim ini. Berikut ulasan enam pertemuan terakhir antara Carlo Ancelotti dan Jurgen Klopp.

1. Real Madrid vs Borussia Dortmund (2013/2014)

6 Pertemuan Terakhir Ancelotti dan Klopp di Liga ChampionsLaga Real Madrid kontra Borussia Dortmund di Liga Champions 2013/2014 (managingmadrid.com)

Pertemuan pertama Carlo Ancelotti dan Jurgen Klopp di Liga Champions terjadi pada musim 2013/2014. Kala itu, Ancelotti menangani Real Madrid dan Jurgen Klopp masih melatih Borussia Dortmund. Mereka harus bertarung di babak perempat final.

Laga leg pertama digelar di Santiago Bernabeu, pada 2 April 2014. Ancelotti sukses membawa El Real menang 3-0 berkat gol dari Gareth Bale, Isco, dan Cristiano Ronaldo. Jurgen Klopp yang mengandalkan Pierre-Emerick Aubameyang dan Marco Reus gagal membuat Dortmund mencetak gol.

2. Borussia Dortmund vs Real Madrid (2013/2014)

6 Pertemuan Terakhir Ancelotti dan Klopp di Liga ChampionsLaga Real Madrid melawan Borussia Dortmund di Liga Champions 2013/2014 (twitter.com/realmadriden)

Pada laga leg kedua giliran Borussia Dortmund yang menjamu Real Madrid di Signal Iduna Park, pada 8 April 2014. Jurgen Klopp melakukan perubahan formasi dengan menurunkan Robert Lewandowski. Sementara itu, Ancelotti menggunakan formasi yang sama dengan laga leg pertama.

Borussia Dortmund yang sudah tertinggal tiga gol lebih sering menekan. Mereka hampir saja membuat keajaiban setelah menang 2-0 melalui brace Marco Reus. Dengan hasil itu, Jurgen Klopp dan Dortmund masih belum bisa mengalahkan Real Madrid.

3. Napoli vs Liverpool (2018/2019)

6 Pertemuan Terakhir Ancelotti dan Klopp di Liga ChampionsLaga Napoli melawan Liverpool di Liga Champions 2018/2019 (thisisanfield.com)

Empat musim berselang, Carlo Ancelotti dan Jurgen Klopp baru kembali bertemu di Liga Champions. Saat itu, Ancelotti melatih Napoli dan Klopp membesut Liverpool. Kedua kubu tergabung di grup C Liga Champions 2018/2019.

Laga putaran pertama yang digelar pada 3 Oktober 2018, Napoli berkesempatan sebagai tuan rumah. Ancelotti memiliki pemain andalan, seperti Lorenzo Insigne dan Marek Hamsik. Sementara itu, Klopp memiliki trio penyerang Mane, Firmino, Salah. Napoli berhasil menutup laga dengan kemenangan 1-0 berkat gol Lorenzo Insigne.

Baca Juga: 6 Catatan Terakhir Jurgen Klopp di Final Sepak Bola Eropa, Tanpa Cela!

4. Liverpool vs Napoli (2018/2019)

6 Pertemuan Terakhir Ancelotti dan Klopp di Liga ChampionsPara pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Napoli di Liga Champions 2018/2019 (skysports.com)

Pada putaran kedua fase grup gantian Liverpool yang bertindak sebagai tuan rumah. Laga ini digelar di Anfield pada 11 Desember 2018. Baik Ancelotti maupun Klopp menurunkan formasi yang sama dengan laga putaran pertama.

Laga berjalan seru dengan saling jual beli serangan. Liverpool akhirnya bisa mencetak gol melalui Mohamed Salah. Napoli tak mampu membalas. Skor 1-0 untuk kemenangan Liverpool menjadi hasil akhir di laga tersebut dan misi balas dendam Klopp pun tercapai.

5. Napoli vs Liverpool (2019/2020)

6 Pertemuan Terakhir Ancelotti dan Klopp di Liga ChampionsDries Mertens dan Fernando Llorente berselebrasi (skysports.com)

Carlo Ancelotti dan Jurgen Klopp kembali berjumpa di Liga Champions 2019/2020. Klub yang mereka latih, yakni Napoli dan Liverpool tergabung di grup E. Laga putaran pertama dihelat di San Paolo, pada 17 September 2019.

Ancelotti mengandalkan Lorenzo Insigne, Dries Mertens, dan Hirving Lozano dalam membangun serangan. Sementara itu, Klopp masih mengandalkan trio Mane, Firmino, Salah. Di akhir laga, Napoli berhasil menang 2-0 melalui gol Dries Mertens dan Fernando Llorente.

6. Liverpool vs Napoli (2019/2020)

6 Pertemuan Terakhir Ancelotti dan Klopp di Liga ChampionsLaga Liverpool kontra Napoli di Liga Champions 2019/2020 (skysports.com)

Carlo Ancelotti dan Jurgen Klopp terakhir kali bertemu dalam laga putaran kedua grup E Liga Champions 2019/2020 dengan masih bersama Napoli dan Liverpool. Laga tersebut digelar di Anfield, pada 27 November 2019.

Taktik Ancelotti sempat membawa Napoli unggul berkat gol Dries Mertens. Namun, Klopp tak tinggal diam hingga kemudian strateginya membuahkan gol penyama kedudukan melalui Dejan Lovren. Skor 1-1 menjadi hasil akhir laga ini.

 

Dilihat dari statistik, Carlo Ancelotti dan Jurgen Klopp sudah pernah saling mengalahkan di Liga Champions. Namun, Ancelotti sedikit lebih unggul dari Klopp. Kira-kira, siapa yang bakal membawa timnya meraih gelar Liga Champions 2021/2022?

Baca Juga: Rekor Carlo Ancelotti ketika Tampil di Final Liga Champions, Impresif

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya