5 Pertemuan Terakhir Italia dan Argentina Sebelum Laga Finalissima

Argentina tak terkalahkan!

Italia dan Argentina akan berduel dalam laga bertajuk Finalissima. Laga tersebut merupakan pertemuan antara pemenang Piala Eropa dan Copa America. Dalam hal ini, Italia berstatus juara Piala Eropa 2020 dan Argentina menjadi kampiun Copa America 2021.

Laga bergengsi tersebut akan digelar di Wembley Stadium, Inggris, pada Kamis (02/06/2022) dini hari WIB. Sebelum laga Finalissima, Italia dan Argentina telah berjumpa dalam 15 kali kesempatan. Untuk menyegarkan ingatan football lovers, berikut ulasan 5 pertemuan terakhir antara Italia dan Argentina.

1. Italia 0-0 Argentina (1989)

5 Pertemuan Terakhir Italia dan Argentina Sebelum Laga FinalissimaSkuad Timnas Argentina di tahun 1989 (twitter.com/footballmemorys)

Italia dan Argentina pernah bertemu dalam laga persahabatan di tahun 1989. Laga tersebut tepatnya digelar di Estadio Sant'Elia, Italia, pada 21 Desember 1989. 

Italia kala itu diperkuat pemain top,  seperti Franco Baresi, Paolo Maldini, dan pelatih Italia sekarang, Roberto Mancini. Sementara itu, Argentina juga tak kalah sangar dengan memiliki pemain, seperti Sergio Batista dan Diego Maradona.

Dengan kedalaman skuad mumpuni yang dimiliki kedua tim, laga pastinya berjalan seru. Namun, kedua tim gagal mencetak gol dan harus puas menyudahi laga dengan skor 0-0.

2. Italia 1-1 Argentina (1990)

5 Pertemuan Terakhir Italia dan Argentina Sebelum Laga FinalissimaLaga Italia melawan Argentina di Piala Dunia 1990 (twitter.com/90sfootball)

Italia dan Argentina kemudian berjumpa dalam laga semifinal Piala Dunia 1990. Waktu itu, Gli Azzurri sejatinya lebih diunggulkan karena berstatus tuan rumah. Laga tersebut dihelat di Estadio San Paolo, Italia, pada 3 Juli 1990.

Serangan Italia dimotori oleh duet Gianluca Vialli dan Salvatore Schillaci. Sedangkan, Argentina mengandalkan duo Claudio Caniggia dan Diego Maradona dalam menyerang.

Tuan rumah sempat memimpin di babak pertama berkat gol Salvatore Schillaci. Namun, Argentina bisa membalas di babak kedua melalui Claudio Caniggia. Laga kemudian ditentukan lewat adu penalti dan Italia takluk dengan skor 3-4.

Baca Juga: 5 Pemain Top Argentina yang Saat Ini Berseragam Klub Premier League

3. Italia 1-2 Argentina (2001)

5 Pertemuan Terakhir Italia dan Argentina Sebelum Laga FinalissimaChristian Vieri saat berseragam Timnas Italia (twitter.com/90sfootball)

Pada tahun 2001, Italia dan Argentina menggelar laga persahabatan. Laga tersebut berlangsung di Stadio Olimpico, Italia, pada 28 Februari 2001. Italia lagi-lagi sedikit diuntungkan karena bertindak sebagai tuan rumah.

Gli Azzurri waktu itu menurunkan ujung tombak Filippo Inzaghi dan Christian Vieri. La Albiceleste tak mau kalah dengan menurunkan trio maut Kily Gonzalez, Hernan Crespo, dan Pablo Aimar. 

Pada babak pertama laga berakhir imbang 1-1. Gol Italia diciptakan oleh Stefano Fiore dan dibalas oleh penyerang Argentina, Kily Gonzalez. Hernan Crespo kemudian keluar sebagai penentu kemenangan Argentina berkat satu golnya di babak kedua.

4. Italia 1-2 Argentina (2013)

5 Pertemuan Terakhir Italia dan Argentina Sebelum Laga FinalissimaLaga persahabatan Italia kontra Argentina di tahun 2013 (mundoalbiceleste.com)

Italia lagi-lagi menjadi tuan rumah dalam laga persahabatan kontra Argentina pada 2013. Laga ini kembali digelar di Stadio Olimpico, Italia, pada 14 Agustus 2013.

Andrea Pirlo, Daniel Osvaldo, dan Antonio Candreva merupakan beberapa nama yang diandalkan Italia di laga tersebut. Sementara itu, Argentina menurunkan trio penyerang Rodrigo Palacio, Gonzalo Higuain, dan Erik Lamela.

Argentina berhasil memimpin dua gol melalui Higuain dan Ever Banega. Italia yang tak mau kalah mencoba terus menyerang pertahanan Argentina. Namun, Gli Azzurri hanya bisa membalas satu gol melalui Lorenzo Insigne.

5. Italia 0-2 Argentina (2018)

5 Pertemuan Terakhir Italia dan Argentina Sebelum Laga FinalissimaLaga persahabatan antara Italia dan Argentina di tahun 2018 (eurosport.com)

Italia dan Argentina terakhir kali bertemu dalam laga persahabatan pada 23 Maret 2018. Kala itu, kedua tim tak ada yang bertindak sebagai tuan rumah mengingat pertandingan digelar di Etihad Stadium, Inggris.

Italia tampil dengan mengandalkan trio penyerang Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, dan Federico Chiesa. Sedangkan Argentina menurunkan trio Angel Di Maria, Gonzalo Higuain, dan Manuel Lanzini.

Argentina lebih mendominasi jalannya laga. Alhasil, mereka sukses mencetak dua gol melalui Ever Banega dan Manuel Lanzini. Italia tak bisa membalas dan harus menyerah 2-0.

 

Dalam lima pertemuan terakhir, Argentina sangat perkasa ketika berjumpa Italia dengan meraih empat kemenangan dan satu laga berakhir imbang. Mampukah La Albiceleste melanjutkan tren apik tersebut atau justru Gli Azzurri yang mampu bangkit di laga Finalissima?

Baca Juga: Finalissima Italia Vs Argentina Tercipta, Kapan?

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya