Comscore Tracker

10 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Borussia Dortmund

Donyell Malen jadi nama terbaru

Borussia Dortmund baru saja kehilangan pemain bintangnya, Jadon Sancho, usai dipinang Manchester United. Hal itu membuat Die Borussen harus bergerak cepat mencari penggantinya mengingat peran Sancho sebelumnya begitu penting di lini depan mereka.

Tak butuh waktu lama, Dortmund sukses mendatangkan Donyell Malen dari PSV Eindhoven. Ia merupakan penyerang muda asal Belanda. Kemampuannya tak kalah hebat sehingga dianggap pas sebagai pengganti Sancho.

Untuk bisa memboyong Donyell Malen, Dortmund harus membayar dana sebesar 30 juta euro. Nominal tersebut membuat Malen masuk dalam jajaran pembelian termahal Dortmund. Berikut 10 rekrutan termahal dalam sejarah Borussia Dortmund.

1. Ousmane Dembele

10 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Borussia DortmundOusmane Dembele (eurosport.com)

Ousmane Dembele menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Borussia Dortmund. Ia digaet dari Stade Rennais dengan banderol 35 juta euro atau Rp602 miliar.

Transfer winger asal Prancis tersebut terjadi pada musim 2016/2017. Namun, baru satu musim membela Dortmund, Dembele langsung diboyong Barcelona.

2. Mats Hummels

10 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Borussia DortmundMats Hummels (eurosport.com)

Mats Hummels merupakan seorang bek tengah asli Jerman. Ia direkrut Borussia Dortmund dari Bayern Munchen pada musim 2019/2020 dengan biaya transfer 30,5 juta euro atau Rp525 miliar.

Itu merupakan periode kedua Hummels bersama Dortmund karena sejak musim 2009/2010 hingga 2015/2016, ia juga berkarier di Signal Iduna Park. Kontraknya masih tersisa hingga Juni 2022.

3. Donyell Malen

10 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Borussia DortmundDonyell Malen (twitter.com/BlackYellow)

Donyell Malen yang menjadi nama terbaru di skuad Borussia Dortmund menempati urutan tiga. Ia merupakan rekrutan kelima Dortmund di bursa transfer musim panas 2021/2022.

Banderol senilai 30 juta euro atau Rp516 miliar harus dibayarkan Dortmund kepada PSV Eindhoven. Striker keturunan Belanda ini menandatangani kontrak hingga Juni 2026.

4. Andre Schurrle

10 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Borussia DortmundAndre Schurrle (skysports.com)

Selanjutnya terdapat sosok Andre Schurrle, penyerang asal Jerman. Ia dibeli Borussia Dortmund dari Wolfsburg pada musim 2016/2017. Banderol senilai 30 juta euro atau Rp516 miliar harus dikucurkan oleh Dortmund.

Schurrle dikontrak Borussia Dortmund selama empat musim dengan dua musim di antaranya sebagai pemain pinjaman di Fulham dan Spartak Moscow. Ia kemudian memutuskan pensiun pada Juli 2020 di usia 29 tahun.

Baca Juga: 6 Penjualan Pemain Termahal Bayer Leverkusen, Havertz hingga Schurrle!

5. Abdou Diallo

10 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Borussia DortmundAbdou Diallo (goal.com)

Memasuki lima besar dihuni oleh bek tengah asal Senegal, Abdou Diallo. Ia diboyong Borussia Dortmund dari Mainz 05 dengan mahar senilai 28 juta euro atau Rp482 miliar.

Transfer Abdou Diallo terjadi pada musim 2018/2019. Kiprahnya di Dortmund berjalan begitu singkat karena hanya berselang satu musim ia dibajak Paris Saint-Germain.

6. Henrikh Mkhitaryan

10 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Borussia DortmundHenrikh Mkhitaryan (eurosport.com)

Henrikh Mkhitaryan menjadi pemain termahal keenam yang dibeli Borussia Dortmund. Ia direkrut dari Shakhtar Donetsk pada musim 2013/2014. Die Borussen membayar biaya transfer sebesar 27,5 juta euro atau Rp473 miliar.

Gelandang serang berkebangsaan Armenia ini membela Dortmund selama tiga musim. Saat ini, Mkhitaryan tengah berkarier bersama AS Roma setelah sebelumnya membela Manchester United dan Arsenal.

7. Thorgan Hazard

10 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Borussia DortmundThorgan Hazard (skysports.com)

Thorgan Hazard merupakan pemain Belgia yang beroperasi sebagai winger kiri. Ia dibajak dari Borussia Mönchengladbach pada musim 2019/2020. Dortmund harus membayar dana sebesar 25,5 juta euro atau Rp439 miliar.

Thorgan saat ini masih menjadi Salah satu pemain andalan Borussia Dortmund. Adik Eden Hazard ini memiliki durasi kontrak di Signal Iduna Park hingga Juni 2024.

8. Nico Schulz

10 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Borussia DortmundNico Schulz (eurosport.de)

Di urutan kedelapan ditempati oleh bek kiri asli Jerman, Nico Schulz. Ia bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim 2019/2020 usai dipinang dari Hoffenheim.

Dortmund menggelontorkan dana sebesar 25,5 juta euro atau Rp439 miliar. Nico Schulz terikat kontrak dengan Dortmund hingga Juni 2024.

9. Marcio Amoroso

10 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Borussia DortmundMarcio Amoroso (thesefootballtimes.co)

Jauh sebelum kedelapan pemain sebelumnya, Dortmund pernah memiliki Marcio Amoroso. Ia merapat ke skuad Dortmund pada musim 2001/2002 setelah dipinang dari Parma.

Dortmund juga harus merogoh kocek senilai 25,5 juta euro atau Rp439 miliar untuk mendapatkan Amoroso. Striker asal Brasil ini membela Dortmund selama tiga musim. Ia telah pensiun pada Januari 2017.

10. Julian Brandt

10 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Borussia DortmundJulian Brandt (sport.sky.de)

Rekrutan termahal kesepuluh Borussia Dortmund adalah Julian Brandt. Gelandang serang berdarah Jerman tersebut dipinang dari Bayer Leverkusen pada musim 2019/2020.

Dortmund mengeluarkan dana sebesar 25 juta euro atau Rp430 miliar. Brandt saat ini masih aktif membela Die Borussen dan terikat kontrak hingga Juni 2024.

 

Borussia Dortmund memang lebih dikenal sebagai tim yang jago bisnis karena kerap mebgorbitkan pemain bintang dan menjualnya dengan harga fantastis. Meski begitu, mereka tetap mengeluarkan modal yang cukup besar dalam mendatangkan pemain.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Julian Brandt, Playmaker Dortmund yang Memikat!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya