Comscore Tracker

Termasuk Giroud, 5 Striker yang Pernah Hijrah dari Chelsea ke AC Milan

Dari Jimmy Greaves hingga Olivier Giroud

AC Milan menjadi salah satu tim yang aktif berburu pemain di bursa transfer musim panas 2021/2022. Setelah sebelumnya mempermanenkan Fikayo Tomori dan Sandro Tonali serta merekrut Mike Maignan, kini giliran Olivier Giroud yang merapat ke San Siro. Striker top tersebut dipinang dari Chelsea dengan banderol €1 juta atau Rp17 miliar.

Hadirnya Giroud diharapkan bisa membuat lini depan AC Milan semakin tajam. Ia akan menjadi tandem Zlatan Ibrahimovic, Ante Rebic, dan penyerang AC Milan lainnya. Di sisi lain, Giroud menambah daftar striker yang pindah dari Chelsea dan bergabung dengan AC Milan. Berikut kami sajikan 5 striker yang pernah hijrah dari Chelsea ke AC Milan.

1. Jimmy Greaves

Termasuk Giroud, 5 Striker yang Pernah Hijrah dari Chelsea ke AC MilanJimmy Greaves (thesefootballtimes.co)

Jimmy Greaves merupakan striker asal Inggris jebolan akademi Chelsea yang promosi ke tim senior pada musim 1957/1958. Ia menghabiskan waktu selama empat musim di Stamford Bridge. Jimmy tampil dalam 157 laga di semua ajang dengan menciptakan 124 gol. Meski gagal menyumbang gelar, tapi ia pernah menjadi top skor First Division dua kali saat berseragam Chelsea.

AC Milan lalu merekrut Jimmy dari Chelsea pada musim 1961/1962. Namun, kiprahnya di AC Milan berjalan begitu singkat karena terjadi konflik dengan Nereo Rocco, pelatih AC Milan kala itu. Jimmy pun hanya bermain dalam 13 laga dengan catatan 9 gol. Ia lalu kembali ke Inggris pada pertengahan musim 1961/1962 dengan memperkuat Tottenham Hotspur dan menjadi legenda di sana.

2. Hernan Crespo

Termasuk Giroud, 5 Striker yang Pernah Hijrah dari Chelsea ke AC MilanHernan Crespo (twitter.com/MilanEye)

Berikutnya ada Hernan Crespo, striker top berdarah Argentina. Ia bergabung dengan Chelsea pada musim 2003/2004 setelah direkrut dari Inter Milan. Di musim debutnya, ia mendapat kesempatan tampil dalam 31 laga dengan torehan 12 gol. Namun, Crespo harus dipinjamkan ke tim lain pasca kehadiran Jose Mourinho.

Crespo kemudian hijrah dari Chelsea ke AC Milan dengan status pemain pinjaman pada musim 2004/2005. Dalam kurun waktu satu musim membela Rossoneri, ia dipercaya tampil dalam 40 laga di semua kompetisi dengan mencetak 17 gol dan 3 assist. Crespo juga mencicipi 1 gelar Supercoppa Italia. 

Baca Juga: Gabung AC Milan, Giroud Pakai Nomor Terkutuk

3. Andriy Shevchenko 

Termasuk Giroud, 5 Striker yang Pernah Hijrah dari Chelsea ke AC MilanAndriy Shevchenko (sempremilan.com)

Andriy Shevchenko begitu melekat dengan jersi merah hitam khas AC Milan. Performa apiknya bersama Rossoneri sejak musim 1999/2000 hingga 2005/2006 membuat Chelsea kepincut. Ia pun diboyong ke Stamford Bridge pada musim 2006/2007 dengan banderol senilai €43,88 juta atau Rp750 miliar.

Namun, performa Shevchenko bersama Chelsea tak sesuai ekspektasi. Di dua musim awal, ia merumput dalam 76 laga di semua ajang dengan catatan 22 gol dan 11 assist. Atas capaian minor tersebut, Chelsea kemudian melepasnya ke AC Milan dengan status pemain pinjaman guna bisa membuat Shevchenko kembali tampil gacor.

Periode kedua Shevchenko di AC Milan terjadi pada musim 2008/2009. Alih-alih mengalami peningkatan performa, penampilan striker asal Ukraina tersebut juga tetap melempem. Ia dimainkan AC Milan dalam 26 laga di semua kompetisi dengan hanya mencetak 2 gol. Shevchenko lalu kembali ke Chelsea di musim berikutnya dan akhirnya dilepas ke Dynamo Kyiv.

4. Fernando Torres

Termasuk Giroud, 5 Striker yang Pernah Hijrah dari Chelsea ke AC MilanFernando Torres (skysports.com)

Nama Fernando Torres juga tak kalah familier dari striker sebelumnya. Ia merapat ke skuad Chelsea pada pertengahan musim 2010/2011 usai dibajak dari Liverpool. Waktu itu, Chelsea harus membayar dana sebesar €58,5 juta atau Rp1 triliun. Torres aktif membela The Blues selama tiga setengah musim dengan menjalani 172 laga dan menciptakan 45 gol serta 35 assist

Pada awal musim 2014/2015, striker berdarah Spanyol ini pindah ke AC Milan dengan status pemain pinjaman. Selama masa peminjaman, Torres bermain sebanyak 10 kali dengan hanya mencetak 1 gol.

Ia lalu dipermanenkan Rossoneri pada Januari 2015. Namun, pasca dipermanenkan, ia justru tak pernah tampil untuk AC Milan. Torres dipinjamkan ke Atletico Madrid sampai akhirnya dilepas ke klub tersebut pada musim 2016/2017.

5. Olivier Giroud

Termasuk Giroud, 5 Striker yang Pernah Hijrah dari Chelsea ke AC MilanOlivier Giroud baru saja direkrut AC Milan dari Chelsea (instagram.com/acmilan)

Olivier Giroud akhirnya berpisah dengan Chelsea setelah mengabdi selama tiga setengah musim. Ia digaet Chelsea dari Arsenal pada pertengahan musim 2017/2018 dengan nilai transfer €17 juta atau Rp290 miliar. Secara total, striker Prancis ini melakoni 119 laga di semua gelaran dengan mengantongi 39 gol dan 14 assist

Di usianya yang sudah menginjak 34 tahun, Giroud akan memulai lembaran baru bersama AC Milan. Ia menandatangani kontrak selama dua musim atau hingga Juni 2023. Giroud diharapkan bisa tampil gemilang dengan pengalaman yang dimilikinya. 

 

Itulah 5 striker yang pernah pindah dari Chelsea ke AC Milan. Setelah Olivier Giroud, kira-kira siapa striker lainnya yang bakal menyusul?

Baca Juga: 5 Penyerang asal Prancis yang Pernah Membela AC Milan, Giroud Terbaru!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya